Tag - Tag Yang Membangun HTML: Basic

Tag - Tag Yang Membangun HTML: Basic - HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). HTML yang kepanjangannya disebut Hyper Text Markup Language adalah suatu bahasa marka, yang digunakan sebagai salah satu format dokumen World Wide Web. HTML bukanlah sebagai bahasa pemrograman, melainkan sebagai bahasa marka yang digunakan untuk membangun sebuah website.

Tag - Tag Yang Membangun HTML: Basic - hostze.net
Tag - Tag Yang Membangun HTML: Basic

Setelah kalian mempelajari Persiapan Perlengkapan dan Penjelasan Mengenai HTML selanjutnya saya membahas tentang Basic pada sebuah html. Sebelum itu, apa itu HTML Basic?

HTML BASIC
HTML Tag Basic adalah tag html yang berfungsi untuk membangun dasar halaman html. Dengan menggunakan tag html ini kita bisa membuat sebuah dokumen html, membuat paragraf, membuat teks judul, membuat garis datar, membuat garis baru.

Baca Juga:
    4 Software Text Editor Terbaik Untuk Ngoding Para Programmer
    Baru Cara Merapikan Baris di Atom: Auto Indent
    7 Font Terbaik pilihan Programmer untuk Coding
    Kumpulan Situs Web Ebook Pemrograman Komputer Terbaik dan Gratis!
    Tutorial Bahasa Pemrograman Web Lengkap!



3 TAG  UTAMA DI HTML
HTML terdiri dari 3 tag utama, yang keberadaannya wajib digunakan. Apa saja 3 tag utama itu? Yaitu terdiri dari tag html, tag head dan tag body.

Kegunaan:
  1. Tag html berguna untuk mengawali dan mengakhiri code html, jika semua code anda tidak diawali dan diakhiri dengan tag html, maka html kalian tidak akan jalan alias berfungsi.
  2. Tag head(Bagian kepala dari sebuah html) di tag ini nantinya kalian bisa menambahkan tag tag lain seperti tag link, script, title.
  3. Tag body(Bagian isi dari sebuah html) di tag body ini adalah tempat dimana nantinya kalian mengisi code kalian sendiri.

Tidak hanya itu HTML juga memiliki tag pembuka untuk mengawali code dan tag penutup untuk mengakhiri code dari tag pembuka. Contoh tag pembuka dan tag penutup:

Tag pembuka: <html>
Tag penutup: </html>

Tag penutup ini bisa kita tandai dengan melihat simbol garis miring ( / ), yang mana simbol garis miring tersebut berguna untuk menutup suatu tag. Namun perlu kita ingat kembali, ada beberapa tag di html yang memang tidak menggunakan tag penutup seperti tag link, tag input, tag img, tag br, dll.
Contoh:

<html>
  <head>
  </head>
  <body>
  Ini adalah contoh dari
  <br>
  Isi HTML
  </body>
</html>

bisa kita lihat pada tag br dimana dia tidak memiliki tag penutupnya.

Berikut ini adalah tag Basic pada HTML :
  1. Tag Document Type ( <!DOCTYPE> ): tag ini berada di bagian atas sebelum tag html dan berguna untuk menentukan tipe dokumen.
  2. Tag Komentar ( <!--.....--> ): tag ini bisa berada di mana saja dan tag ini berguna untuk membuat suatu komentar di halaman html. Note:"Daerah titik titik diisi dengan komentar."
  3. Tag HTML ( <html> </html> ): Tag ini berguna untuk membuat suatu halaman html.
  4. Tag Title ( <title> </title> ): Tag ini berada di bagian dalam tag head dan berguna untuk membuat judul dari sebuah halaman html.
  5. Tag Body ( <body> </body> ): Tag ini berguna sebagai tubuh dari suatu halaman html.
  6. Tag Paragraf (<p> </p> ): tag ini berada di bagian body dan berguna sebagai paragraf dalam html
  7. Tag Heading ( dari <h1> </h1> hingga <h6> </h6> ): Tag ini berada di bagian body dan biasanya berguna untuk membuat judul pada halaman web. Note:"Tag heading bisa kita gunakan dari heading 1 sampai heading 6."
  8. Tag br ( <br> ): Tag ini berada di bagian body dan berguna untuk line break alias garis baru. Penggunaanya mirip seperti (Enter) namun karena di html tidak bisa menggunakan enter untuk membuat garis baru maka digunakanlah tag br ini untuk membuat garis baru.
  9. Tag hr (<hr> ): Tag ini berada di bagian body dan berguna untuk membuat garis datar (horizontal).
Setelah kita mengetahui fungsi dari masing masing tag basic, selanjutnya kita akan membuat beberapa contoh syntax yang menggunakan text basic pada HTML.
Oke langsung saja kita membuat file basic.html di text editor, lalu masukkan ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
    <title>
      Ini adalah judul
    </title>
   </head>
   <body>
     <h1>Ini adalah isi bagian body</h1>
     <hr>
     <a href="https://www.hostze.net/">Hostze</a>
   </body>
</html>

Setelah itu save, lalu buka file basic.html menggunakan browser dan lihat hasilnya. Untuk contoh penggunan tag yang lain bisa kalian coba sendiri.

Kunjungi Juga :
Tutorial Bahasa Pemrograman Web Lengkap!

Kesimpulan:
  • HTML bukan bahasa pemrograman melainkan bahasa marka yang digunakan untuk membangun sebuah website.
  • Ada 3 (tiga) tag utama dalam html yaitu: tag html, tag, head dan tag body.
  • Pada tiap masing masing tag html memiliki tag pembuka dan tag penutup, namun ada beberapa tag yang tidak memiliki tag penutup.
  • Kita bisa mengetahui tag penutup dengan melihat simbol garing(garis miring) pada tag tersebut.
Saya harap kalian mengerti dengan penjelasan saya kali ini, jika kalian tidak mengerti silahkan berkomentar di bawah ini.

Demikian artikel yang berjudul Tag - Tag Yang Membangun HTML: Basic semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tag - Tag Yang Membangun HTML: Basic"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]