Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memasang dan Verifikasi App-ads.txt AdMob Melalui Blogger

Cara Menambahkan dan Verifikasi APP-ADS.TXT AdMob Melalui Blogger - hostze.net
Cara Memasang dan Verifikasi App-ads.txt AdMob Melalui Blogger

Cara Memasang dan Verifikasi App-ads.txt AdMob Melalui Blogger - Bagi developer game atau developer aplikasi android ketika kalian memasang iklan pada google admob pertama kali pasti kalian akan bingung jika ada pesan di halaman dashboard google admob, dikatakan bahwa kalian diharuskan memasang app-ads.txt dan kalian bingung bagaimana caranya masang app-ads.txt nya kali ini hostze akan memberikan tips bagaimana cara memasang app-ads.txt di blogger bagi kalian yang bingung cara memasangnya di blogger, langsung saja simak di bawah ini.


Baca Juga :

Merujuk pada email dari Google AdMob per tanggal 9 Agustus 2019 yang bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti :

Google selalu berkomitmen untuk melindungi keamanan pendapatan yang Anda dapatkan dari aplikasi android Anda. Tantangan utama yang dihadapi adalah penipuan inventaris dari pihak-pihak yang berniat buruk. Untuk membantu para pengiklan memerangi tantangan ini, kami menyiapkan dan menerapkan app-ads.txt di semua system iklan kami untuk memastikan pengeluaran biaya oleh pengiklan dapat sampai ke penerbit iklan yang tepat, yaitu Anda yang memasang iklan di aplikasi Anda.

Apa itu app-ads.txt?

App-ads.txt adalah turunan dari standar ads.txt. App-ads.txt menyediakan mekanisme untuk para pemilik website supaya bisa membuktikan bahwa mereka adalah penerbit iklan yang diakui oleh Google. Tujuan pemasangan app-ads.txt adalah untuk melindungi para pembuat aplikasi dari penipuan iklan.

Apa yang berubah dan apa pengaruhnya untuk Anda?

Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Google AdMob akan mendukung dan memberlakukan peraturan terkait app-ads.txt bagi para penerbit iklan yang sudah memasang app-ads.txt di website mereka, mulai 27 Agustus 2019.

Untuk menyiapkan diri terkait perubahan ini, mohon pastikan app-ads.txt yang dipasang di website Anda tidak mengandung error atau typo apapun.

Bagaimana Anda dapat memastikan file app-ads.txt sudah terpasang dengan benar?

Jika file Anda mengandung error atau typo, Google AdMob akan menghentikan penayangan iklan di aplikasi Anda karena file app-ads.txt yang Anda pasang akan dianggap sebagai obyek penegakan peraturan.

Jadi sangatlah penting untuk memasang file app-ads.txt dan membetulkan semua error sebelum 27 Agustus 2019, atau file app-ads.txt perlu dihapus dari website Anda untuk menghindari kehilangan pendapatan dari iklan yang tidak disengaja.

Karena itu, kami mengundang Anda untuk dengan hati-hati memeriksa file app-ads.txt Anda jika Anda sudah memasang file tersebut sebelum tanggal deadline. File tersebut harus dipasang di folder utama di website Anda yang terdaftar di Google Play Store atau iOS App Store.


Dari pernyataan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa file app-ads.txt sangatlah penting pada root domain website karena merupakan bukti bahwa kita adalah pemilik dari aplikasi yang terdaftar di Google AdMob dan juga sebagai penerbit iklan yang diakui oleh Google. Artinya, website yang dicantumkan pada PlayStore merupakan website yang valid dan telah diverifikasi oleh Google.

Tidak hanya itu, tujuan utamanya verifikasi app-ads.txt adalah untuk melindungi para pembuat aplikasi dari penipuan iklan yang sering terjadi pada website dan aplikasi yang bersangkutan yang tentunya berhubungan langsung dengan terblokirnya akun Google AdMob kita dikarenakan melanggar Admob Policy Center, misalnya dengan cara injeksi klik pada iklan yang dilakukan orang lain, Spoofing SDK, Spam Click dan Pengguna/Akun palsu pada website yang di daftarkan (memanipulasi ad engagement seperti jumlah tayangan atau klik, dan yang memanipulasi aktivitas dalam aplikasi seperti jumlah instalasi, sesi dan event).

Dampak langsung dari tidak diverifikasinya app-ads-txt yaitu akan muncul peringatan "The number of ads you can show has been limited. For details, go to the Policy center" pada dashboard Google AdMob kita dikarenakan load yang tinggi pada website yang bersangkutan.


Langkah-Langkah Yang Dilakukan

Pastikan kalian telah mendapatkan kode app-ads.txt yang telah diberikan pada Dashboard Google AdMob. Untuk mengetahuinya, klik menu Aplikasi - > Lihat Semua Aplikasi.

Dashboard Admob untuk melihat semua aplikasi - hostze.net
Dashboard Google Admob untuk melihat semua aplikasi


Lalu klik tab APP-ADS.TXT. Lalu klik tombol "Cara Menyiapkan APP-ADS.TXT", Maka akan muncul tampilan seperti ini.

Tab Admob untuk melihat aplikasi APP-ADS.TXT - hostze.net
Tab Google Admob untuk melihat aplikasi APP-ADS.TXT


Copy kode diatas untuk ditempatkan pada ads.txt kustom blogger.

Menyiapkan APP-ADS.TXT untuk di salin ke ads.txt kustom Ads.txt Blogger - hostze.net
Menyiapkan app-ads.txt untuk disalin ke ads.txt kustom Ads.txt Blogger

 

Langkah-Langkah pada Blogger

Untuk menempatkan kode diatas pada blogger, loginlah terlebih dahulu pada blogger. Lalu selanjutnya klik menu Setelan - > Cari Monetisasi -> Aktifkan ads.txt kustom. Klik Edit, lalu masukkan kode yang telah didapatkan pada Google AdMob sebelumnya.

Setelan Monetisasi ADS.TXT Kustom di Blogger - hostze.net
Setelan Monetisasi ADS.TXT Kustom di Blogger

Tampilan ADS.TXT Kustom di Blogger yang udah di salin - hostze.net
Tampilan ADS.TXT Kustom di Blogger yang udah di salin


Secara default, custom ads.txt diatas bukan merupakan link dari app-ads.txt seperti yang dibutuhkan oleh Google AdMob. Hasilnya sudah pasti halaman tidak ditemukan atau "404 Not Found". Untuk itu kita perlu melakukan Custom redirects yaitu redirect halaman atau mengalihkan halaman "app-ads.txt" ke halaman "ads.txt".

klik menu Setelan -> Cari Error dan pengalihan -> Lalu klik Pengalihan Khusus, lalu masukkan konfigurasi URL berikut :


Dari: /app-ads.txt

Ke: /ads.txt

Permanent: Yes



Setelan Pengalihan di Blogger - hostze.net
Setelan Pengalihan di Blogger

Ubah Setelean dari App-ads.txt ke ads.txt - hostze.net
Ubah Setelean dari App-ads.txt ke ads.txt

Jika sudah Simpan pengaturan Pengalihan khusus diatas dan tunggu sekitar setengah jam sampai 1 hari untuk resolve. Untuk memastikannya lagi, bukalah URL "http://nama-domain-kamu/app-ads.txt" dan pastikan halaman sudah di alihkan ke alamat baru yaitu "http://nama-domain-kamu/ads.txt".


Cara Verifikasi pada AdMob

Buka dashboard Google AdMob kalian, lalu lakukan verifikasi URL pada menu APP-ADS.TXT dengan cara klik menu Aplikasi -> Lihat Semua Aplikasi. Lalu klik tab APP-ADS.TXT.
Aplikasi yang sudah terverifikasi dengan app-ads.txt - hostze.ner
Aplikasi yang sudah terverifikasi dengan app-ads.txt

Jika berhasil terverifikasi, makan akan muncul pesan "app-ads.txt terverifikasi". Selesai.


Catatan 

Verifikasi app-ads.txt ini untuk Google AdMob sangatlah penting jika yang belum verifikasi segeralah verifikasi dan untuk blogger bisa kalian mengikuti cara-cara seperti yang di atas yang hostze sudah berikan tipsnya.

Penutup

Memasang dan verifikasi app-ads.txt sangatlah penting, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah ini terimakasih.

Demikanlah artikel yang berjudul tentang Cara Memasang dan Verifikasi App-ads.txt AdMob Melalui Blogger semoga bermanfaat.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email