Persiapan Perlengkapan dan Penjelasan Mengenai HTML

Persiapan Perlengkapan dan Penjelasan Mengenai HTML -Untuk kamu yang ingin belajar pemrogrman web dan bingung harus mulai darimana dan apa saja yang dibutuhkan. Nah kali ini saya akan memberitahu itu semua mulai dari persiapan sampai penulisan syntax program.

Persiapan Perlengkapan dan Penjelasan Mengenai HTML - hostze.net
Persiapan Perlengkapan dan Penjelasan Mengenai HTML

Pertama saya akan menjelaskan tentang apa itu HTML
HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). HTML yang kepanjangannya disebut Hyper Text Markup Language adalah suatu bahasa marka, yang digunakan sebagai salah satu format dokumen World Wide Web. HTML bukanlah sebagai bahasa pemrograman, melainkan sebagai bahasa marka yang digunakan untuk membangun sebuah website. HTML memiliki bermacam - macam tag, tag tersebut ada yang sebagai pembuka <> dan penutup </>. HTML memiliki tiga hal dasar yang membentuk dokumen HTML selain tag, yaitu elemen dan atribut. Lalu apa yang dimaksud dari ketiga itu? mari kita bahas

TAG
Tag, bisa kita katakan sebagai sebuah penanda. Penanda awalan dan akhiran sebuah elemn. Tag diapit dengan kurung siku (<>). Contoh: <title>, </head>, <body> dan sebagainya. Tag HTML terdiri dari tag pembuka dan tag penutup. Tag penutup cirinya ada garis miring didepan nama tag, contoh: </title>, </div>, </a> dan sebagainya. Sedangkan Tag pembuka tidak memiliki garis miring. Jadi, pasangan tag pembuka dan tag penutup akan membentuk suatu elemen.

ELEMEN
Kode HTML dari tag pembuka sampai dengan tag penutup, disebut satu elemen. Elemen HTML dapat dibuat bersarang(nested). Artinya, elemen dapat berada di dalam elemen.

Contoh :
<head>
    <title>Hostze</title>
</head>

Pada Contoh di atas, elemen title berada di dalam elemen head. Elemen yang tidak dapat dibuat bersarang adalah elemen yang tidak memiliki tag penutup. Karena elemen yang tidak memiliki pasangan penutup tidak bisa menjadi induk elemen yang lainnya.

ATTRIBUT
Attribut adalah bagian dari elemen yang melengkapi elemen tersebut. Bila diibaratkan seperti seragam sekolah, attributnya adalah topi, dasi, papan nama, ikat pinggang dan sebagainya. Attribut tersebut memiliki ciri - ciri atau nilai. Misalnya, dasi berwarna abu-abu, topi warna hitam dan sebagainya. Begitu juga dengan attribut di HTML. Attribut dapat kita buat dalam elemen manapun. Letak penulisan attribut berada di dalam tag pembuka. Format penulisannya nama_attribut="nilainya". Nilai attribut dapat anda apit dengan petik ganda maupun tunggal.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai tag, kalian bisa lihat disini :
Tutorial Bahasa Pemrograman Web Lengkap!

Baca Juga :
   4 Software Text Editor Terbaik Untuk Ngoding Para Programmer
   Baru Cara Merapikan Baris di Atom: Auto Indent
   Kumpulan Situs Web Ebook Pemrograman Komputer Terbaik dan Gratis!

Kemudian untuk perlengkapan yang kita gunakan untuk membuat HTML sebagai berikut.

1. Text Editor
Text editor merupakan sebuah software aplikasi atau program komputer yang memungkinkan penggunanya membuat, mengubah atau mengedit file teks. Text editor dapat digunakan untuk membuat program komputer, mengedit source code bahasa pemrograman, serta membuat halaman web atau template web design. Text editor ini kita akan gunakan untuk menulis kode.
Ada banyak pilihan text editor di internet, seperti : Atom, Submlime, Visual Studio Code, Notepad, Notepad++, dan sebagainya. Pilihlah text editor yang kalian sukai. Disini saya menggunakan Visual Studio Code, karena cukup lengkap dan mudah digunakan.

Kami juga telah membuat rekomendasi aplikasi text editor disini :
4 Software Text Editor Terbaik Untuk Ngoding Para Programmer 


2. Browser
Browser adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang umumnya digunakan untuk membuka halaman website di internet. Browser disebut juga dengan peramban web dan web browser. Secara fundamental browser mempunyai kemampuan untuk menampilkan bahasa pemrograman halaman website seperti HTML, CSS, JS dan lainnya menjadi halaman yang dimengerti oleh semua orang.
Program ini wajib di install, karena akan kita gunakan untuk melihat hasil dari kode web yang kita tulis. Ada banyak pilihan browser seperti Chrome, Opera, Firefox dan lain lain. Pilihlah Browser yang kalian sukai.

Setelah melengkapi semuanya, kalian siap untuk melanjutkan ke tutorial selanjutnya.
Tag - Tag Yang Membangun HTML: Basic

Demikian artikel yang berjudul Persiapan Perlengkapan dan Penjelasan Mengenai HTML semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Persiapan Perlengkapan dan Penjelasan Mengenai HTML"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]