Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Apa Itu Google Adsense?

Apa Itu Google Adsense ? - Siapa yang tidak kenal dengan iklan google ini, namanya Google Adsense, pasti semua sudah pada mengetahuinya banyak orang yang sukses dari google adsense ini dari seorang blogger, Youtuber, Admober Dll. Banyak berawal dari hobby bisa menghasilkan penghasilan dari hobby tersebut, tadinya dari seroang blogger atau youtuber sekarang sudah berhasil dalam karirnya.

Apa Itu Google Adsense? - hostze.net
Apa Itu Google Adsense?

Perlu di ketahui semua itu karena kaerja keras dan konsisten tidak ada semua yang berhasil itu instan, kita hanya melihat dari atas nya saja tidak tau perjuangan mereka nah kali ini mimin akan mencoba mengshare tentang google adsense apa sih google adsense itu, langsung saja di simak dibawah ini.

Baca Juga

Cara Memasang Script Anti-AdBlock, Script Anti Adblock Killer Lengkap
Ini Dia!! Cara Mengatasi Penghasilan Beresiko File Ads.txt Tidak Berisi ID Penayang Adsense
Apa saja Kriteria Blog Yang Disukai Oleh Google ?
Baru! Cara Agar Website Kita Cepat Terindeks di Situs Mesin Pencarian

Pengertian Google Adsense

Google AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Pemilik situs web, aplikasi, video youtube atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, atau disebut dengan pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Sejarah dari Google Adsense

Program AdSense didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003, Chairman Google dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense. Untuk mendukung program adsense, pada 23 April 2003 atau sebulan kemudian google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan AdSense. Pada tanggal 7 November 2012 Google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang mendaftar AdSense melalui mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar AdSense melalui Youtube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dibedakan menjadi dua macam, yaitu akun AdSense hosted dan akun AdSense non hosted. Berdasarkan catatan resmi Google, jumlah publisher AdSense kini mencapai lebih dari 2 juta publisher di seluruh dunia.


Bagaimana Cara Membuat Akun Google Adsense?

Jika kamu baru pertama kali dan ingin mendaftar kamu bisa membuat akun google adsense, tunggu berberapa hari google akan mereview web atau blog anda jika web atau blog anda layak makan google akan menermianya dan kamu menjadi mitra google, jika sudah menjadi mitra google kamu bisa memasang iklan di web atau blog kamu, bagaimana caranya membuat akunadsense silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka Google Adsense klik disini.
  2. Jika sudah Klik Daftar sekarang.
  3. Masukkan URL situs tempat Anda ingin menampilkan iklan. Blogger, YouTube, atau partner host lainnya Masukkan alamat email Anda. Pilih apakah Anda ingin AdSense mengirimkan rekomendasi performa dan bantuan yang disesuaikan. Sebaiknya Anda memilih Ya untuk dapat membantu google dan memaksimalkan AdSense anda. Jika sudah Anda dapat mengubah setelan kontak nanti. Klik Simpan dan lanjutkan.
  4. Login ke Akun Google.
  5. Pilih negara atau wilayah Anda.
  6. Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.
  7. Klik Buat akun.
  8. Anda kini berhasil login ke akun AdSense yang baru.

Istilah - istilah yang terdapat dalam Google adsense

  1. Publisher
    Publisher atau penayang iklan adalah orang atau pemilik situs web yang sudah terdaftar atau sudah disetujui oleh pihak pengelola aplikasi periklanan untuk memasang iklan AdSense di situs mereka. Setiap publisher google adsense hanya diperbolehkan memiliki satu akun google adsense, Dan mereka diperbolehkan memasang iklan google di semua situs mereka yang memenuhi persyaratan program google adsense.
  2. Ad Units
    Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis bukan satu jenis dan beberapa ukuran bukan satu ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.
  3. Link UnitsLink Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada praktiknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.
  4. AdSense for ContentAdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.
  5. Alternate AdsPada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.
  6. ChannelsChannels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisis performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.
  7. Page ImpressionsPage Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.
  8. Googleplex, Kantor Pusat GoogleClicks Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.
  9. CTR (Clickthrough Rate)CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).
  10. CPC (Cost Per Click)CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.
  11. eCPM (Effective CPM)eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

Istilah di atas di kutip dari "support.google.com" kamu yang penasaran bisa tahu arti istilah-istilah yang terdapat dari google adsense.


Kebijakan program Dalam AdSense

Meski program dari Google AdSense memberikan keuntungan yang sangat besar,Tapi Google selalu menetapkan aturan yang sangat ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google yang anda harus ketahui bagi pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:

  1. Dilarang Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan aplikasi khusus.
  2. Sengaja membuat pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”.
  3. Tidak boleh Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan selain yang telah ditentukan Google.
  4. Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian.
  5. Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan Kata kunci tertentu.
  6. Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME.
  7. Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.


Banned Google AdSense

Banned google adsense adalah sebuah larangan menampilkan iklan google di situs web publisher, di mana sangsi ini akan di berikan jika publisher melanggar kebijakan program dari Google. Banned google ada beberapa macam, yang pertama iklan akan dinonaktifkan sehingga iklan tidak akan tampil pada salah satu halaman web atau blog tertentu jika dianggap melanggar kebijakan dari program. Kemudian situs akan dinonaktifkan agar  tidak bisa menampilkan iklan di semua halamannya. Dan yang terakhir adalah akun Google adsense akan dinonaktifkan, ini adalah hukuman paling berat bagi Pelanggar untuk publisher iklan tidak akan tampil lagi dan tidak diperbolehkan lagi mendaftar di google adsense secara permanen.

Catatan

Selalu Mengikuti setiap aturan yang Google berikan kepada Publisher, Setiap kesuksesan dari publisher tidak ada yang instan selalu fokus dan konsisten karena keberhasilan tidak ada jika kita tidak fokus dan konsisten, Ini dia point pentingnya dalam google adsense jangan berharap pada penghasilang dulu fokus membangun reputasi web atau blog, jika trafik sudah banyak otomatis penghasilan anda juga besar.

Kesimpulan

Seblum anda membuat akun google adsense, usahakan web atau blog anda sudah rapih dan navigasi SEO Friendly. membuat akun google adsense sangatlah mudah tapi akun anda belum langsung di terima sama google, sebelum membuat akun ,cari informasi dahulu sebelum mendaftar google adsense apa yang di perbolehkan dan apa yang tidak di perbolehkan oleh google.


Demikianlah artikel yang berjudul tentang Apa Itu Google Adsense ? Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "Apa Itu Google Adsense?"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish