Mengenal Perbedaan Akun Hosted dan Non-Hosted Google Adsense

Mengenal perbedaan akun hosted dan non-hosted google adsense - Adsense menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para blogger dan youtuber. Hal ini cukup menarik bisa bekerjasama dan mendapat penghasilan setiap bulannya, tapi untuk mendaftarkan website dan channel youtube anda untuk bergabung menjadi mitra google cukuplah sulit. 
Mengenal Perbedaan Akun Hosted dan Non-Hosted Google Adsense
Perbedaan Akun Hosted dan Non-Hosted Google Adsense

Bergabung menjadi mitra google untuk mendapatkan akun Adsense tidak semudah yang di bayangkan, bahkan cukup sulit karena pengguna harus terlebih dulu melewati 2 tahapan review, mendatangkan pengunjung atau visitor dari Google, serta tidak lupa untuk melengkapi navigasi blog dengan ToS(Terms of service), Privacy and Policy, Disclaimer, dan lainnya.

Google Adsense-pun telah menyediakan dua jenis akun yang berbeda yaitu hosted dan non-hosted, meskipun sama - sama sebagai akun Google Adsense, tapi rupanya kedua jenis akun ini memiliki perbedaan yang cukup jelas. Apa saja perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis akun adsense: Hosted dan Non-Hosted, langsung saja kita simak di bawah ini.


Mengenal perbedaan akun hosted dan non-hosted google adsense :

Google Adsense: Hosted :
Google Adsense Hosted adalah akun Google Adsense yang banyak digunakan pengguna, karena sangat mudah dalam proses pendaftarannya. Adapun ciri-ciri yang membedakan akun hosted google adsense dengan non hosted google adsense, yaitu:

  1. Platform pendaftaran
    Harus diketahui bahwa akun Google Adsense: Hosted hanya bisa didaftarkan melalui platform Blogger dan Youtube, untuk selain Blogger dan Youtube iklan tidak akan tampil, itu artinya blog berbasis WordPress tidak bisa mendaftar dan bekerja sama dengan program pengiklanan milik google ini. Kemudian untuk mendapatkan akun hosted sendiri, pengguna harus menggunakan domain dan hosting gratis yang disediakan oleh google(blogspot). Nantinya proses pendaftaran bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui dashboard blog kalian masing - masing.
  2. Ada kebijakan tersendiri mengenai penampilan iklan adsense hosted
    Dikarenakan akun hosted proses pendaftarannya hanya bisa dilakukan di platform Youtube dan Blogger saja, maka iklan juga hanya akan tampil pada kedua platform tersebut. Selain itu, jika blogspot anda telah menggunakan domain TLD (Top Level Domain), iklan pun tidak akan muncul. Dan apabila akun Google Adsense hosted anda didapatkan melalui pendaftaran Youtube, sedangkan anda ingin menampilkan iklan di blog. Maka akun hosted tersebut wajib diupgrade terlebih dulu dan ini memerlukan waktu yang lumayan lama karena ada proses review website anda.
Kelebihan Akun Hosted
Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh akun hosted dibandingkan dengan non hosted, salah satunya adalah mudahnya melakukan pendaftaran karena hanya melalui 1 kali tahap review saja. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah tidak perlu mengeluarkan modal besar, karena blog yang kita gunakan sudah mendapat fasilitas hosting dan domain gratis dari google itu sendiri (blogspot).

Kekurangan Akun Hosted
Untuk kekurangannya cukup banyak dikarenakan dengan akun hosted maka kode iklan tidak akan dapat dipasang pada platform lain selain Blogger dan Youtube. Apalagi iklan akun hosted ini hanya tampil pada domain gratis saja, domain TLD tidak dapat menampilkan iklan .
Untuk dapat menampilkan iklan di domain TLD, pengguna harus melakukan upgrade akun yang prosesnya cukup lama dikarenakan harus verifikasi PIN terlebih dulu. Sementara pengiriman PIN tersebut juga akan sampai ke rumah anda dalam waktu 1-2 bulan lamanya.


Google Adsense non Hosted
Untuk akun hosted mudah didapatkan, maka untuk akun non hosted kebalikannya. Karena harus melalui tahap review yang dilewati sebanyak 2 kali dan pengguna juga harus memiliki visitor organik dari mesin pencari google. Dan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan pada akun Google Adsense non hosted.
  1. Platform Pendaftaran
    Syarat untuk mendapatkan akun Google Adsense non hosted cukup mudah, anda bisa mendafartarkannya menggunakan platform blogger tentu yang sudah dikostumisasi dengan domain TLD, WordPress self hosted, php, dan masih banyak platform CMS lain. Intinya hampir semua CMS mendukung pendaftaran Google Adsense jenis non hosted.
  2. Platform yang Mendukung Tampilan Iklan Adsense non Hosted
    Pada Akun non hosted ini sangat memberikan kebebasan kepada penggunanya, apalagi jenis iklan ini bisa tampil di berbagai platform. Terlepas dari Blogger, WordPress, dan Youtube pun bisa memasang kode iklannya.

Kelebihan Akun Non Hosted
Kelebihan yang ditawarkan oleh akun non-hosted adalah pada iklannya yang dapat tampil di mana saja. Anda juga bisa memasang kode iklan tanpa harus menunggu review terlebih dulu. Akun inipun bisa digunakan pada Youtube maupun WordPress namun hanya yang jenisnya self hosted.

Kekurangan Akun Non Hosted
Meskipun demikian, akun jenis inipun rupanya memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah pada proses pendaftarannya yang sangat sulit. Sekali mendaftar belum tentu langsung diterima, apalagi reviewnya yang terdiri dari 2 tahap. Tahap pertama mesin milik Adsense akan melihat kualitas blog  dan konten yang didaftarkan apakah layak atau tidak jika dipasangi iklan, navigasi blog yang penggunaannya tidak membingungkan pengguna, dan masih banyak syarat lainnya.
Blog akan diperiksa kualitasnya secara langsung oleh pihak Google Adsense. Artinya pemeriksaan tidak lagi dilakukan oleh mesin atau robot namun langsung oleh manusia. Pada tahap kedua inilah pengguna sering gagal karena beberapa alasan seperti navigasi blog yang membingungkan, blog tidak layak, dan konten tidak memenuhi syarat. Ada baiknya jika kita ingin mendaftar, pengguna harus mengetahui syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Google Adsense.

Kesimpulan :
  1. Hosted : Pendaftaran sangat mudah, 1 kali tahap review, Hosting gratis Blogger (Blogspot), Proses upgrade lama, Bisa di Blogger (Blogspot); Youtube; HubPages
  2. Non Hosted : Pendaftaran sulit, 2 kali tahap review, Hosting berbayar, Iklan tampil tidak harus menunggu review, Di platform mana saja bisa di WordPress, PHP, dan CMS lain

Demikian artikel yang berjudul Mengenal perbedaan akun hosted dan non-hosted google adsense semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kalian semua.
Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.