Mengenal Bisnis Waralaba dan Jenis-jenisnya

Mengenal Bisnis Waralaba dan Jenis-jenisnya - hostze.net
Mengenal Bisnis Waralaba dan Jenis-jenisnya

Mengenal Bisnis Waralaba dan Jenis-jenisnya - Salah satu bisnis yang sedang banyak digemari ditengah masyarakat adalah waralaba. Jenis bisnis ini jadi alternatif tepat jika Anda tak juga menemukan ide untuk berbisnis. Selain karena konsep yang jelas, binis ini juga cukup menjanjikan. Asal dengan pengelolaan yang baik, Anda bisa mengembangkan bisnis tersebut lebih besar dan meraup banyak keuntungan. Sebelum bergabung sebagai franchisee atau pihak penerima waralaba, ketahui beberapa hal penting lainnya.

Jika melihat dari undang-undang yang ada di Indonesia, waralaba diartikan sebagai perikatan dimana salah satu pihaknya diberi hak untuk memanfaatkan dan menggunakan hak dari HAKI atau hak kekayaan intelektual. Secara sederhananya adalah jenis usaha ini merupakan kontrak kerja yang memberi hak agar bisa menjual lagi bagi produk ataupun jasa yang dimiliki pihak pertama.


Baca Juga :

Kenali Jenis-jenis Bisnis Startup
Kamu Harus Tahu, Inilah Pengertian Kewirausahaan Secara Lengkap


Mengenal Franchisor dan Franchisee

Istilah franchisor adalah pihak yang memberi. Sementara franchisee adalah mereka yang menerima hak tersebut. Kalau dari Asosiasi Franchise Indonesia, waralaba disebut sebagai sebuah sistem distribusi barang atau jasa kepada pelanggan akhir. Caranya adalah dengan franchisor memberi hak kepada individu atau perusahaan agar bisa melakukan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan jangka waktu yang sudah ditetapkan. 

Manfaat dalam menjalankan bisnis ini adalah perluasan wilayah. Selain tentu saja mendapat keuntungan, tetapi bergabung menjadi franchisee akan memperluas wilayah jangkauan bisnis tersebut. Merek dagang menjadi lebih dikenal. Dari franchisor akan untung karena mereknya makin dikenal luas sementara untuk franchisee sendiri akan mendapat untung dari hasil penjualannya.

Jenis Waralaba yang Ada di Indonesia

Ingin membangun bisnis waralaba harus tahu terlebih dahulu apa saja jenis-jenisnya yang berkembang di Indonesia. Apalagi bisnis ini juga sudah merambah sampai di mancanegara. Beberapa jenis yang ada di Indoneisa adalah berdasarkan produk yang ditawarkan dengan 3 jenis. Yang pertama berupa produk dimana jenis ini menawarkan pakaian atau makanan.

Jenis kedua adalah jasa. Waralaba ini menawarkan jasa seperti laundry, kursus atau pelatihan, agen perjalanan dan lain sebagainya. Sementara jenis ketiga adalah jenis gabungan. Dari jenis ini, Anda bisa menawarkan produk dan jasa dalam satu layanan. Kalau dilihat dari negara asal, waralaba memiliki dua jenis pula.

Pertama adalah jenis mancanegara yang cenderung lebih disukai karena merek mereka yang sudah sangat terkenal. Dari jenis ini harga yang dibanderol rata-rata cukup mahal. Jenis kedua berdasarkan negara asal adalah waralaba dalam negeri. Jenis ini tentu mudah kita temui karena merupakan hasil dari pengusaha lokal atau tanah air. Usaha jenis ini bisa jadi pilihan jika ingin harga terjangkau.


Pertimbangan Memilih Jenis Waralaba

Apapun jenis yang Anda pilih, penting untuk melihat bagaimana potensi pasar yang ada. Hal ini juga nantinya berhubungan dengan lokasi usaha yang akan Anda kembangkan. Tinjau lokasi dimana Anda akan menjalankan waralaba tersebut. Cara ini juga menghindarkan kita dari kerugian di masa mendatang.

Selain itu, ingat bahwa Anda tetap membutuhkan modal. Pertimbangkan besaran modal yang akan dikeluarkan. Karena ada waralaba skala besar dan skala terkecil. Anda bisa leluasa memilih waralaba yang tepat sesuai dengan modal yang dimiliki. Sebaiknya tidak memilih yang terlalu mahal karena ini adalah bisnis pertama Anda. Pilih dalam skala kecil terlebih dahulu karena risikonya pun kecil.

Melihat potensi pasar, memilih modal kecil dan menyediakan SDM tepat adalah kunci dari keberhasilan berjalannya waralaba. SDM yang tepat dalam mengelola akan menentukan berhasil tidaknya bisnis tersebut dijalankan. Cermati betul jenis manakah yang kiranya cocok dengan pasar yang Anda bidik.

Demikanlah artikel yang berjudul tentang Mengenal Bisnis Waralaba dan Jenis-jenisnya semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "Mengenal Bisnis Waralaba dan Jenis-jenisnya"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish