Belajar Bisnis Masa Kini

Belajar Bisnis Masa Kini - hostze.net
Belajar Bisnis Masa Kini


Belajar Bisnis Masa Kini
- Bisnis sudah menjadi salah satu kegiatan yang tidak asing lagi bagi telinga masyarakat kebanyakan. Usaha ini hadir dalam berbagai jenis dan juga skala. Dalam pelaksanaannya perlu adanya teknik-teknik dan strategi agar dapat mencapai tujuan, bukan justru mengalami kebangkrutan.

Pengertian Bisnis

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai seluk-beluk berbisnis, perlu pula Anda ketahui mengenai pengetahuan dasar sehingga dapat memahami konsep sebenarnya. Salah satunya adalah pengertian dari bisnis itu sendiri. 

Apakah definisi yang tepat bagi istilah ini? Secara garis besar, istilah bisnis berasal dari kata Bahasa Inggris “Business” yang berarti kesibukkan. 

Sederhanya, hal ini merupakan sebuah kegiatan individu maupun organisasi dengan melibatkan berbagai proses serta bertujuan mencapai tujuan guna meraup keuntungan.


Baca Juga
10 Usaha yang Menjanjikan di Era Industri 4.0
8 Usaha Sampingan, Yang Cocok Untuk Kamu!
Kamu Harus Tahu, Inilah Pengertian Kewirausahaan Secara Lengkap
Mengenal Apa Itu Saham dan Bagaimana Cara Kerja Saham?


Jenis-jenis Bisnis

Seiring berjalannya waktu, kegiatan bisnis tidak hanya mengacu pada satu bentuk. Oleh karena itu, muncullah berbagai jenis yang berbeda-beda. Secara garis besar ada dua macam pengelompokan dari aktivitas ini, yaitu berdasarkan aktivitas dan kegunaan.

  1. Jenis Bisnis Berdasarkan Aktivitas
    Bisnis merupakan sebuah aktivitas yang memiliki berbagai perbedaan dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, ada pengelompokan berbagai jenisnya berdasarkan kegiatan apa saja yang berlangsung secara rutin. Berikut adalah sebagian pembagiannya:
    1. Bisnis Agraris. Sesuai namanya, kegiatan bisnis ini bergerak dalam bidang agraris atau pertanian, perkebunan, perikanan, perkebunan, hingga kehutanan. Masyarakat Indonesia sudah cukup akrab dengan jenis usaha satu ini. Skala yang ada mulai dari kecil sampai super besar.
    2. Bisnis Jasa. Berdasarkan aktivitasnya, salah satu jenis bisnis adalah dalam bidang jasa. Berbeda dengan kebanyakan perusahaan yang memiliki produk berupa barang, tipe usaha satu ini tidak memiliki produk dalam bentuk fisik. Contohnya adalah pada ranah pariwisata dan pendidikan.

  1. Jenis Bisnis Berdasarkan Kegunaannya
    Suatu bisnis dapat hadir dan bertahan menjamah pasaran tentu karena memiliki suatu kegunaan sehingga masyarakat membutuhkan eksistensinya. Oleh karena itu, ada pengelompokan usaha berdasarkan gunanya. Berikut beberapa contohnya:
    Kegunaan waktu (time utility). Jenis bisnis yang satu ini memiliki kaitan erat dengan kegiatan penyimpanan benda. Usaha seperti ini biasanya berlaku untuk menyimpan barang-barang sisa sehingga pemiliknya bisa memakai pada lain waktu. Contohnya adalah pergudangan.
    Kegunaan bentuk (form utility). Jenis usaha dengan kegunaan bentuk berarti memiliki aktivitas berupa pengubahan barang menjadi bentuk lain sehingga nantinya lebih bermanfaat bagi siapa saja targetnya. Contoh bisnis form utility ini adalah garmen dan furniture.


Cara Menjalankan Bisnis

Nah, setelah mengetahui beberapa konsep dasar dari bisnis, Anda perlu mengetahui cara-cara yang tepat sehingga usaha Anda nantinya tidak berujung sia-sia. Berikut adalah beberapa metode  sebagai tips untuk memulai kegiatan ini:

  1. Pelajari Administrasi
    Bagaimanapun, administrasi adalah salah satu bagian penting dari bisnis baik dalam skala kecil hingga besar. Hal ini menjadi penting guna kejelasan dan keberlangsungan sebuah usaha. Lakukan pencatatan saat ada sebuah kegiatan sekecil apapun.

  2. Tentukan Visi dan Misi
    Penentuan visi dan misi menjadi salah satu aspek penting dalam memulai suatu kegiatan. Hal ini berlaku pula dalam memulai bisnis. Gunanya adalah sebagai acuan arah yang ingin sebuah usaha capai. Selain itu, isinya juga dapat berupa tujuan-tujuan atau goals perusahaan.

Nah, itu tadi sekilas beberapa informasi mengenai bisnis yang dapat menjadi pengetahuan baru bagi Anda para pemula. Masih ada banyak hal guna mengawali pembukaan usaha ini. Tetaplah belajar dan jangan ragu untuk memulai.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Belajar Bisnis Masa Kini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "Belajar Bisnis Masa Kini"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish