Kamu Harus Tahu, Inilah Pengertian Kewirausahaan Secara Lengkap

Kamu Harus Tahu, Inilah Pengertian Kewirausahaan Secara Lengkap - Kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah.

Kamu Harus Tahu, Inilah Pengertian Kewirausahaan Secara Lengkap - hostze.net
Kamu Harus Tahu, Inilah Pengertian Kewirausahaan Secara Lengkap

Definisi lain dari kewirausahaan adalah suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreativitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis atau terus berubah untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko.

Arti kewirausahaan dalam Wikipedia adalah suatu proses untuk mengembangkan, mengindentifikasi, dan mewujudkan visi dan misi dalam kehidupan. Kata "kewirasuahaan" berasal dari kata wira dan usaha. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Wira berarti: pejuang, berani dan berwatak agung, berbudi luhur. Sedangkan kata Usaha berarti: bekerja, berbuat amal, berbuat sesuatu.

Baca Juga:
    8 Usaha Sampingan, Yang Cocok Untuk Kamu! 
    Kamu Pandai Mengetik? Inilah 10 Pekerjaan Yang Membutuhkan Skill Mengetik! 

Pengertian Kewirasuahaan Menurut Para Ahli
Berikut menurut pendapat para ahli:
  1. Drs. Joko Untoro
    Menurut Drs. Joko Untoro, pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

  2. Eddy Soeryanto Soegoto
    Menurut Eddy Soeryanto Soegoto, pengertian kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

  3. Ahmad Sanusi
    Menurut Ahmad Sanusi, definisi kewirausahaan  adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis. 

  4. Soeharto Prawiro
    Menurut Soeharto Prawiro, pengertian kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

  5. Peter Drucker
    Menurut Peter Drucker, pengertian kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain.

  6. Zimmerer
    Menurut Zimmerer, pengertian kewirausahaan adalah sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan bisnis.

  7. Siswanto Sudomo
    Menurut Siswanto Sudomo, pengertian kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Ciri-Ciri Orang yang Punya Jiwa Kewirausahaan
Setiap orang yang ingin memulai bisnis baru harus memiliki jiwa kewirausahaan. Tanpa adanya jiwa kewirausahaan kemungkinan bisnis yang sedang dibangun berhenti di tengah jalan karena ketidakmampuan mengatasi kepercayaan diri untuk menjalankan bisnis.

Lalu, bagaimana seorang pebisnis bisa dikatakan memiliki jiwa kewirausahaan? balik lagi kepada pengertian kewirausahaan, kemudian saya akan menjelaskan beberapa ciri-ciri seseorang memiliki jiwa kewirausahaan, yaitu sebagai berikut:
  1. Mempunyai Keberanian dan Daya Kreasi yang Tinggi
    Pebisnis yang sukses adalah seseorang yang memiliki keberanian yang tinggi untuk dapat berkreasi. Karena memiliki kreativitas saja tidak cukup untuk menuju kesuksesan dalam berbisnis. Orang yang memiliki keberanian untuk memulai tidak akan takut dengan resiko kegagalan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Tapi bukan berarti hanya perlu keberanian tanpa adanya pertimbangan dan perencanaan yang matang. Jiwa kewirausahaan tercipta karena timbulnya kepercayaan diri untuk mewujudkan mimpi dan keinginan untuk hidup yang lebih baik dan lebih besar kedepannya.

  2. Mempunyai Daya Analisis yang Baik
    Seorang wirausahawan harus memiliki daya analisis terhadap apa saja yang sedang ia kerjakan. Misalnya memperhitungkan untuk rugi, persaingan, nilai jual barang atau jasa dan kemampuan dalam analisis pasar lainnya. Hal seperti ini penting dimiliki dalam diri seorang wirausahawan yang sedang menggeluti bisnis, karena bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerugian.

  3. Mempunyai Semangat yang Tinggi dan Kemauan Keras
    Tidak hanya daya kreativitas dan analisis saja, seorang wirausahawan yang ingin membangun bisnis harus memiliki semangat yang tinggi dan kemauan keras. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa percaya diri bahwa apa yang akan dikerjakan akan membawa pada keberhasilan. Adanya kemauan yang keras membuat seseorang menjadi bertekad kuat untuk mewujudkan apa yang diinginkannya.

  4. Berjiwa Pemimpin dan Tidak Berprilaku Konsumtif
    Pebisnis harus memiliki jiwa kepemimpinan, baik untuk dirinya maupun bawahannya. Dalam artian mampu memimpin atau mengendalikan dirinya sendiri dan anggotanya dalam pengambilan keputusan. Seorang pemimpin tidak seharusnya memiliki perilaku yang konsumtif, karena pengeluaran harus lebih kecil daripada pemasukannya. Dengan jiwa seperti ini, bisnis yang sedang anda bangun akan semakin berkembang dengan terus memanfaatkan keuntungan sebagai modal untuk bisnis yang lebih besar nantinya.

  5. Membuat keputusan dan Melaksanakannya
    Pebisnis yang hebat adalah orang yang mampu membuat keputusan dengan cepat dan tepat untuk menghasilkan sesuatu. Pebisnis yang memiliki jiwa kewirausahaan adalah orang yang memiliki perhitungan dalam setiap keputusan dalam melaksanakan keputusan tersebut sesuai yang sudah disepakati bersama timnya. Melaksanakan keputusan dengan cepat meminimalisir hilangnya peluang.

  6. Memiliki Pengabdian yang Besar Terhadap Bisnisnya
    Jiwa wirausahawan dimiliki oleh setiap orang yang bisa mengabdikan dirinya terhadap pekerjaan. Pebisnis yang sedang memulai bisnisnya harus mengesampingkan kepentingan-kepentingan yang bisa ditunda demi pekerjaannya. Meskipun banyak orang mengatakan bahwa bisnis adalah tidak memiliki waktu yang mengikat, namu perlu diketahui juga bahwa untuk menekuni bisnis justru membutuhkan waktu lebih untuk belajar, memahami dan menjalankan bisnis dengan baik.

Tidak hanya untuk dirinya sendiri, pebisnis harus menerapkan jiwa wiraushanya terhadap pelanggan dan calon pelanggan. Untuk menjadi seorang wirsauaha yang dapat dikatakan handal dan profesional jika ia melakukan hal sebagai berikut:

-> Sangat mengenal dan meyakini produknya.
-> Mampu menerima kritik dan saran yang baik dengan tidak berdebat dengan pelanggan maupun calon pelanggan.
-> Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan anggotanya maupun pelanggan.
-> Bersikap yang santun, jujur dan berani mengambil keputusan.
-> Bertanggung jawab jka saja terjadi sesuatu terhadap produk atau jasa dalam bisnis yang merugikan pelanggan.

Tujuan Seseorang Berwirausaha
Seorang yang berwirausaha pasti memiliki tujuan tertentu yang ingin dia capai. Selain melakukannya untuk kepentingan dia sendiri, seorang wirausahawan juga melakukannya untuk kepentingan orang lain. Berikut ini adalah beberapa tujuan seseorang melakukan wirausaha:
  1. Membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain.
  2. Menciptakan jaringan bisnis yang baru.
  3. Meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan juga masyarakat sekitar.
  4. Menularkan dan mengembangkan semangat berwirausaha kepada orang lain.
  5. Membantu para pengusaha muda untuk berkreasi dan berinovasi.
Membangun bisnis besar berawal dari bisnis yang kecil. Bisnis tidak selalu harus dengan modal materi yang besar namun juga disertai dengan modal moril yang tinggi.

Demikian artikel yang berjudul Kamu Harus Tahu, Inilah Pengertian Kewirausahaan Secara Lengkap semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.