Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Ini Dia! Penyebab Video Kamu Terkena Copyright Di Youtube

Ini Dia! Penyebab Video Kamu Terkena Copyright Di Youtube - Youtube adalah sebuah platform streaming video terbesar yang ada di dunia yang memungkinkan para pengguna nya untuk menonton video dari kreator, menggunggah video, berlangganan, live streaming, dan lain-lain.Youtube didirikan oleh 3 mantan karyawan PayPal (Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim) pada Februari 2005. Youtube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11.5 juta dari Sequola Capital antara November 2005 dan April 2006. Nama domain www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya. Pada bulan Oktober 2006, Google mengumumkan bahwa mereka telah membeli youtube dengan nilai $1,65 Miliar dalam bentuk saham.
Ini Dia! Penyebab Video Kamu Terkena Copyright Di Youtube - hostze.net
Ini Dia! Penyebab Video Kamu Terkena Copyright Di Youtube

Kebanyakan video yang di upload ke youtube merupakan video yang berasal dari individu. Tapi banyak juga sebuah company atau perusahaan yang sengaja meng-upload video nya ke youtube juga untuk tujuan promosi, ataupun memudahkan para penonton mereka untuk melihat sebuah siaran ulang yang berasal dari channel TV. Pada saat artikel ini ditulis, jumlah content creator (pembuat konten) di youtube sudah tidak dapat lagi di hitung. Mungkin kalian para pembaca pun ada yang baru atau berkeinginan untuk menjadi seorang content creator.

Baca Juga:


Namun sebelum kalian memulai untuk menjadi seorang content creator di youtube, alangkah baiknya kalau kalian memperhatikan beberapa hal. Terutama tentang Copyright. Apa sih copyright itu? Copyright dalam Bahasa Indonesia artinya adalah Hak Cipta. Yang artinya Suatu klaim atau kepemilikan dari seseorang terhadap sebuah karya yang ia buat yang di tetapkan dalam sebuah media (Dalam konteks ini adalah youtube). Tujuan dari copyright ini sebenarnya baik, yaitu untuk melindungi isi konten yang kita upload ke youtube agar tidak di klaim atau di ambil oleh orang lain. Tapi terkadang hal ini juga bisa merepotkan bagi kalian yang ingin menjadi seorang content creator. Terlebih lagi bagi kalian yang hobi mengedit video seperti saya yang terkadang sedikit kesusahan untuk memilih lagu yang pas dan tidak ada copyright nya (Free copyright). Tapi sebelum kita berlanjut tentang copyright lebih banyak, kita harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis copyright strike (teguran) dalam youtube.

Jenis - Jenis Copyright Strike Di Youtube

  • Copyright Strike Claim = Pemilik video atau pemilik karya yang asli mengajukan hukuman penuh kepada pihak youtube untuk menghapus video milik mu karena kamu telah mengambil karya si pemilik video atau karya yang asli. Teguran ini mengakibatkan terhapus nya video kamu dan juga akan berdampak kepada akun youtube kamu seperti terkena suspend, banned, bahkan disabled.
  • Matched Third Party Content = Pelanggaran konten pihak ketiga yang memiliki persamaan dan kecocokan terhadap konten asli nya. Pemilik video yang asli akan meng-claim video mu dengan Content ID Video yang artinya video kamu tidak akan dihapus, tetapi video kamu tidak bisa di monetize. Dan apabila kamu masih menyalakan monetize video mu, maka hasil adsense dari video mu akan terkirim ke si pemilik konten asli. Bukan ke kamu.
  • Blocked In Some Country = Pelanggaran seperti ini akan kamu dapatkan apabila video mu melanggar sebuah peraturan, undang-undang, ataupun etika dari sebuah negara. Apabila video mu mendapat pelanggaran video seperti ini, maka video kamu juga otomatis tidak akan bisa di monetize.
  • Blocked World Wide = Pelanggaran yang terakhir ini yang paling serius, karena video milik kamu di cekal di semua negara dan tidak dapat diputar. Apabila kamu mendapat pelanggaran seperti ini, itu berarti kamu sudah melanggar peraturan besar youtube. Selain video mu di hapus dari youtube, blocked world wide juga mengakibatkan akun mu terkena suspend, banned, bahkan sampai disabled permanent. Setelah kamu mendapatkan pelanggaran ini, dan kamu terkena banned, kamu tidak akan bisa lagi mengajukan banding ke pihak youtube.

Nah, itulah jenis-jenis copyright strike yang ada di youtube. Sekarang saya akan menjelaskan kepada kalian konten apa saja yang termasuk dalam perlindungan hak cipta

Konten Yang Termasuk Dalam Perlindungan Hak Cipta:

  • Konten Audiovisual = Acara televisi, film, video.
  • Audio = Rekaman suara atau musik
  • Visual = Gambar, poster, screenshot, fan art.
  • Footage game dan aplikasi

Penyebab Video Kamu Terkena Copyright Di Youtube

Ini Dia! Penyebab Video Kamu Terkena Copyright Di Youtube - hostze.net
Email Teguran Copyright - Hostze

  1. Kamu Memakai Video Orang Lain

    Penyebab yang pertama video kamu bisa terkena copyright adalah karena kamu memakai video punya orang lain. Semisal suatu ketika kamu membuat video wawancara terhadap suatu hal, karena kurang narasumber akhirnya kamu memasukkan pernyataan dari video orang lain untuk dimasukkan ke dalam video kamu. Ketika kamu memakai video dari orang lain, BOT dari youtube akan otomatis melaporkan kepada orang yang mempunyai konten aslinya untuk menindak lanjuti video kamu. Laporan seperti ini biasa disebut Matched Third Party Content, yang artinya kamu tetap bisa me-monetize video mu, akan tetapi hasil dari adsense nya akan masuk kepada si pemilik video asli.
  2. Kamu Memakai Musik Orang Lain

    Tidak lengkap sepertinya jika di dalam sebuah video, tidak ada yang namanya musik. Bahkan menurut beberapa youtuber terkenal berpendapat bahwa sebuah visual yang bagus jika tidak di imbangi dengan audio yang bagus pula maka akan terasa hambar. Akan tetapi, bukan berarti kita berhak memakai semua musik yang ada di internet untuk backsound video kita. Setiap musik ataupun dan lagu pasti memiliki seorang pencipta, ataupun sebuah label yang menaungi nya. Apalagi video klip nya ada dan di upload ke youtube oleh musisi tersebut. Admin yang sebagai editor paham betul kalau kita membutuhkan sebuah backsound yang pas di setiap video. entah itu untuk membangun sebuah emosi dalam video, atau cuma sekedar di selipkan saja. Akan tetapi kita tidak bisa memakai sembarang musik dan lagu di video kita. Jadi kalian harus cermat dan hati-hati dalam memilihnya.
  3. Kamu Memakai Screenshot, Footage, Atau Gameplay Dari Sebuah Game Dan Aplikasi

    Memang terdengar agak sedikit berlebihan jika kita mendengar sebuah gambar saja bisa mendatangkan sebuah copyright yang serius terhadap channel kita. Namun begitulah adanya. Beberapa developer game ataupun aplikasi masih ada yang close minded dan beranggapan bahwa semua Screenshot, Footage clip, ataupun gameplay yang di share ke youtube merupakan sebuah spoiler. Contohnya saja developer dan publisher Monster hunter world yang masih memberikan copyright strike bagi siapa saja yang meng-upload footage (potongan klip) dari game Monster Hunter World ke youtube atau platform lainnya karena menganggap hal tersebut adalah spoiler. Hal yang sama juga dilakukan oleh Nintendo yang sebelum-sebelumnya masih memberikan copyright strike kepada beberapa content creator. Tapi, admin dengar kabar kalau Nintendo sudah mulai terbuka dengan hal ini dan mulai menyetujui content creator yang ingin merekam dan meng-upload game nya.

Cara Agar Video Kamu Tidak Terkena Copyright

  1. Buatlah Video Kamu Sendiri

    Yang dimaksud dengan membuat video kamu sendiri adalah kamu harus bisa membuat video dengan ciri khas konten dan isi video yang apa adanya dan "kamu" banget. Jadi kamu tidak perlu untuk menjiplak orang lain, menirukan gaya orang lain, tidak menggunakan video orang lain, apalagi sampai upload ulang video youtuber terkenal hanya untuk mendapatkan uang (Re-upload). Kalau kamu ingin membuat channel komedi, buatlah diri kamu mempunyai ciri khas dan berbeda dari orang lain. Jika kamu ingin membuat channel gaming, buatlah isi konten video mu berbeda dari channel gaming lain. Dengan begitu orang akan senang menonton mu. Apabila kamu terpaksa untuk memasukkan video milik orang lain, saya saran kan untuk tidak menggunakannya lebih dari 10 detik karena hal itu bisa mendatangkan copyright strike terhadap channel mu.
  2. Buat Musikmu Sendiri Atau Pakai Non-Copyright Music

    Apabila kamu ingin menambahkan backsound dalam video mu tentunya kamu tidak bisa asal saja memasukannya. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, setiap lagu dan musik pasti memiliki pencipta. Lalu bagaimana caranya agar kamu bisa menggunakan backsound di video mu? Untuk kamu yang bisa membuat musik dengan software, atau bisa memainkan alat musik, kamu bisa langsung membuat melodi dan musik mu sendiri sesuka hati. Tetapi apabila kamu adalah orang yang tidak bisa membuat musik atau lagu sendiri seperti saya, kamu bisa menggunakan musik dari Non-Copyright Sound atau Non-Copyright Music yang saat ini sudah banyak beredar di internet. Apabila kamu mencari cara yang lebih aman lagi, kamu bisa memakai musik yang ada di Youtube Audio Library yang bisa kamu dapatkan secara gratis dan tentunya free copyright.
  3. Edit Video Gameplay-mu Se Ekstrim Mungkin

    Apabila kamu berencana membuat sebuah channel gaming, suatu saat pasti kamu akan merasakan bagaimana rasanya terkena copyright ketika kamu bermain game kesukaan mu. Mau itu footage clip dari game nya, musik dalam game  nya, ataupun gameplay nya itu sendiri. Lalu bagaimana cara mengatasi nya? cara yang paling ampuh adalah dengan mengedit ulang video gameplay kamu. Kamu bisa mengganti musik game nya dengan yang free-copyright, atau kamu mengecilkan footage video game nya, atau kamu bisa juga membesarkan face cam kamu (Apabila memakai face cam). Pokoknya segala cara deh....

Kesimpulan

Semua Content Creator pasti pernah mendapatkan copyright, termasuk kamu yang baru ingin memulai nya. Terkadang copyright bisa saja merupakan hal-hal sepele tetapi kamu tidak boleh menganggap remeh hal tersebut. Setiap copyright strike akan berbeda cara penyelesaiannya. Jadi setelah kamu membaca sampai akhir admin harap kamu dapat menemukan jalan keluarnya.
 Demikian artikel yang berjudul Ini Dia! Penyebab Video Kamu Terkena Copyright Di Youtube admin bagikan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian yang membaca nya. Terimakasih ^^

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

2 Responses to "Ini Dia! Penyebab Video Kamu Terkena Copyright Di Youtube"

  1. Semakin lama yt semakin ketat juga persaingan semakin bertambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan... Karena itulah setiap orang yg mau menjadi content creator yg tetap harus memiliki ciri khas nya masing-masing

      Terimakasih sudah berkunjung^^

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish