Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Faktor Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Ingin Beli Smartphone Baru!

Faktor Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Ingin Beli Smartphone Baru! - Smartphone merupakan sebuah telepon genggam yang memiliki fitur atau kemampuan tingkat tinggi, seringkali dalam penggunaannya menyerupai komputer, sehingga banyak orang yang mengartikan sebagai komputer genggamyang memiliki fasilitas telepon. Fasilitas-fasilitas yang sering kita temui pada smartphone biasanya telepon, sms, internet, e-book reader, streaming musik, streaming video, social media, dan masih banyak lagi.

Faktor Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Ingin Beli Smartphone Baru! - hostze.net
Faktor Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Ingin Beli Smartphone Baru!


Sebelum smartphone dikenal oleh banyak orang seperti saat ini, kita mengenal adanya telepon selular dan juga PDA (Personal Digital Assistant). Ponsel berfungsi untuk telepon dan sms, sementara PDA memiliki fungsi asisten digital pribadi. Dari sinilah muncul ide untuk menggabungkan keduanya.


Baca Juga

   Cara Menyimpan Foto, Video, Dan Insta Story Dari Instagram Kamu!
   Emulator Android Paling Ringan Untuk PC Kentang!
   Ini dia, 6 Aplikasi Android Keren Dan Unik yang Bikin HP Kamu Semakin Canggih

Dalam kehidupan zaman sekarang ini bisa dibilang smartphone sangat membantu dalam kegiatan sehari-hari misalkan saja para pelajar yang memerlukan tambahan referensi pembelajaran dari internet, atau seorang pekerja kantoran yang harus stand by untuk cek email dari klien setiap saat nya. Dan semakin hari pun teknologi dalam smartphone ini semakin canggih. Yang awalnya hanya sebatas pemakaian sosmed, internet, ataupun chatting, sekarang kalian pun sudah bisa mengedit sebuah video dalam telepon genggam kalian (yang seharusnya dikerjakan di laptop atau komputer), bahkan mengganti saluran televisi pun bisa melalui aplikasi di smartphone kalian (Xiaomi).

Meskipun kini smartphone sudah banyak sekali jenis spesifikasi, merk, dan juga fitur nya, terkadang kalian masih kebingungan untuk memilih smartphone mana yang cocok dan pantas buat kalian pakai sehari-hari. Nahh.. kali ini admin akan memberikan kalian tips Faktor-faktor apa saja yang harus kalian perhatikan ketika ingin beli smartphone baru. Yang tentunya bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Faktor Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Ingin Beli Smartphone Baru!

  1. Sistem Operasi Yang Ingin Digunakan
    Sistem Operasi Smatphone - Hostze
    Faktor pertama yang harus kalian perhatikan adalah sistem operasi apa yang ingin dan biasa kalian gunakan. Ada iOS dari Apple, Android, Windows phone, dll. Tentunya masing-masing sistem operasi ini punya kelebihan dan kekurangan. misalnya saja iOS yang memiliki kekurangan di daya tahan kapasitas baterai yang sangat singkat. Atau android yang kebanyakan UI nya berat dan juga banyak fitur yang kurang berguna. Lalu pilihan nya bagus yang mana? semua kembali lagi kepada kalian yang akan membeli smartphone. Kalau kalian suka yang simple, cepat untuk multitasking, aplikasi-aplikasi ekslusif, dan mempunyai tingkat responsif yang tinggi admin sarankan kalian menggunakan iOS (iPhone). Sedangkan apabila kalian suka dengan desain UI yang unik, mudah diatur-atur, suka ngoprek hp, dan suka main game, admin sarankan kalian menggunakan Android.
  2. Chipset
    Chipset

    Faktor ke dua yang harus kalian perhatikan yaitu chipset. Chipset ini juga biasa disebut sebagai otak atau inti nya sebuah perangkat. Kalau kalian ingin membeli sebuah smartphone baru, pastikan kalian melihat dan memilih chipset apa yang terpasang pada smartphone tersebut. Karena kecepatan membuka aplikasi, multi-tasking yang smooth, kelancaran saat bermain game, dan juga suhu smartphone yang dihasilkan itu tergantung pada chipset apa yang tertanam di dalam smartphone nya. Chipset ini merupakan sebuah arsitektur gabungan yang ada pada sebuah smartphone yang memuat komponen seperti CPU, GPU, Pemrosesan kamera (ISP), RAM, dan juga modem. Kebanyakan smartphone android zaman sekarang menggunakan arsitektur chipset dari ARM. Ada pula macam-macam chipset yang paling umum digunakan smartphone seperti Snapdargon dari Qualcomm, Apple A yang biasanya digunakan untuk perangkat apple seperti iPad dan iPhone, MediaTek, Samsung Exynos, HiSilicon Kirin dari Huawei, dan lain-lain.
  3. CPU (Processor)

    CPU Smartphone
    Faktor yang ke tiga adalah pemilihan CPU. Perbedaan antara CPU dan Chipset ini adalah, Processor merupakan komponen utama yang mengeksekusi segala perintah yang diberikan oleh pengguna melalui aplikasi. Sedangkan chipset adalah komponen yang mengontrol cpu, ram, gpu, dan lain-lain. Kecepatan pemrosesan data, kelancaran saat multi-tasking, high fps ketika bermain game, sampai kehematan daya, semua tergantung pada komponen yang satu ini. Saat ini top 5 CPU yang digunakan pada smartphone adalah Qualcomm Snapdragon 855, Apple A12 Bionic, MediaTek Helio P70, Exynos 9820, dan juga HiSilicon Kirin 980. Tentunya semakin canggih dan bagus processor nya akan semakin mahal pula harga smartphone nya. Jadi kalian bisa menyesuakain dengan budget kalian sendiri.
  4. GPU 

    GPU Smartphone
     Faktor yang ke empat adalah GPU. Komponen ini sangat penting dan juga harus kalian perhatikan. Karena tampilan layar, tampilan game, dan juga cepat nya proses render sebuah video ditentukan oleh komponen yang 1 ini. Macam-macam GPU yang saat ini umum digunakan oleh smartphone android adalah Adreno (dari qualcomm), Mali (dari ARM), PowerVR, Geforce ULP (dari nvidia), dan lain-lain. Untuk gpu low budget tapi masih powerful untuk digunakan di Agustus 2019 ini, admin menyarankan kalian membeli smartphone dengan GPU Adreno 512 atau Mali G-71 MP20. GPU terbaik sampai saat ini masih dipegang oleh A12 Bionic's GPU dari Apple.
  5. RAM 

    RAM Smartphone
    Faktor yang ke lima adalah RAM. Banyak orang masih salah persepsi tentang RAM ini. Mereka bilang, kalau ingin beli smartphone yang bagus, cari yang RAM nya besar. Padahal tidak seperti itu. RAM 2GB nya iPhone dengan RAM 4GB di android saja, masih cepat milik iphone. Itulah kenapa admin menaruh RAM di list yang ke lima ini. Karena RAM yang besar akan tetap terasa berat apabila tidak diimbangi dengan chipset, cpu, gpu, dan OS yang mumpuni. Smartphone kelas menengah di tahun ini sudah banyak yang memakai di kisaran ram 4GB.
  6. Internal Memory
    Internal Memory Smartphone
    Di faktor yang ke enam ini ada internal memory yang biasa disebut juga ROM. internal memory yang besar akan memungkinkan kita sebagai pengguna untuk bisa menginstall banyak aplikasi dalam satu device. Semakin besar internal nya semakin banyak pula data yang bisa kita simpan. Ketika sebuah vendor smartphone mempromosikan sebuah smartphone baru mereka, tak sedikit yang menggunakan istilah 3/32, 4/64, 6/128. Maksud dari istilah tersebut adalah  RAM 3GB ROM 32GB, RAM 4GB ROM 64GB, RAM 6GB ROM 128GB. Jadi apabila kalian suka menyimpan banyak data di smartphone kalian baik itu foto, video, game, aplikasi, tugas sekolah, skripsi, daftar belanjaan yang disuruh nyokap, dll. admin sarankan kalian untuk membeli smartphone dengan internal memory yang besar. Karena selain kamu bisa menyimpan banyak data, internal memory yang besar juga dapat mempermudah hidup kalian.
  7. Kamera

    Kamera Smartphone
    Faktor yang terakhir adalah kamera. Untuk kamu yang seorang spec hunter, kamera tentu bukan lah sebuah masalah yang besar. Tapi bagi kamu cewek yang doyan selfie, atau kamu yang hobi fotografi, kualitas kamera smartphone tidak bisa kamu sepele kan. Banyak sekali smartphone yang "Overpriced" alias kemahalan hanya karena claim kamera yang bagus dan banyak fitur. Seperti, auto focus, manual setting, HDR+, Fitur beauty, manual focus, dual-camera, bokeh mode, dan lain-lain yang bisa bikin kamu tergiur untuk membeli nya. Tapi yang harus kalian tahu bagus atau tidak nya sebuah kamera smartphone bukan hanya ditentukan oleh besar nya megapixel kamera tersebut. Ada faktor lain seperti sensor kamera nya, dan yang lain-lain. Admin sarankan kalian berhati-hati ketika ingin beli smartphone yang meng-claim kamera nya bagus, tapi spesifikasi yang lain rendah, dan dijual dengan harga yang overpriced. Alangkah baik nya jika kalian melihat review-review smartphone yang ingin kalian beli terlebih dahulu di internet.

Kesimpulan

Dengan faktor yang sudah disebutkan diatas, admin harap kalian mulai melihat spesifikasi terlebih dahulu ketika ingin membeli smartphone. Faktor yang sudah disebutkan bisa kalian sesuaikan dengan budget yang kalian miliki ketika ingin membeli sebuah smartphone baru.

Demikian artikel yang berjudul Faktor Yang Harus Kalian Perhatikan Ketika Ingin Beli Smartphone Baru! admin buat, semoga dapat membantuk kalian yang ingin membeli smartphone baru dan juga dapat menambah wawasan bagi kalian yang membaca. Terimakasih^^

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

2 Responses to "Faktor Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Ingin Beli Smartphone Baru!"

  1. Ya siap nanti saya akan perhatikan tip nya kalo mau bli hp baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat gan.. Terimakasih sudah berkunjung^^

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish