Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

MITOS! Mematikan Laptop Dengan Tombol Power Ternyata Aman?

MITOS! Mematikan Laptop Dengan Tombol Power Ternyata Aman? - Laptop merupakan komputer pribadi atau portable yang mudah dibawa kemana-mana. Ternyata nama laptop itu sendiri merupakan penyebutan bagaimana cara orang menggunakan komputer portable ini. Dulu, komputer portable ini sering digunakan di atas pangkuan, maka kemudian banyak orang yang menyebutnya sebagai Lap Top=Di atas Pangkuan
MITOS! Mematikan Laptop Dengan Tombol Power Ternyata Aman? - hostze.net
MITOS! Mematikan Laptop Dengan Tombol Power Ternyata Aman?



Laptop mulai menjadi pembicaraan serius dikalangan para produsen dan desain PC pada awal 1070-an, ketik komputer pribadi yang portable diangkat ke perumukaan. Sebuah “personel, portable information manipulator” yang dibayangkan oleh Alan Key di Xerox PARC pada tahun 1985, dan dijelaskan pada tahun 1972 dalam makalahnya yaitu “Dynabook”. Perkembangan Laptop dalam 10 tahun belakangan ini memang terbilang sangat pesat. Yang awalnya berat dari 1 buah laptop bisa mencapai 5kg, sekarang banyak laptop yang beratnya hanya sekitar 2kg an saja tetapi memiliki fitur dan teknologi lebih baik dari sebelumnya.


Baca Juga


Hal diatas juga berdampak dengan desain laptop yang semakin lama semakin berubah, yang tadinya memiliki hardware bawaan lengkap seperti keyboard numpad, cd-rom, dan juga vga port yang makin di tinggalkan karena beberapa diantara nya sudah jarang digunakan di tahun 2019 ini. Berbicara soal keyboard, kebanyakan Laptop jaman sekarang memiliki desain keyboard yang cukup unik, yaitu tombol power yang menyatu dengan keyboard (Gabung, tidak terpisah seperti tombol power pada umumnya yang biasa nya terletak di pojok kanan paling atas keyboard).

Tombol power yang menyatu dengan keyboard - Pro.co
Tapi tenang saja, pabrikan dan desainer laptop jaman sekarang sudah semakin cerdas dan juga semakin canggih. Jadi, bagi kamu yang memiliki desain keyboard yang serupa tidak perlu khawatir terpencet. Apabila tidak sengaja terpencet biasanya laptop tidak akan mengeluarkan respon apapun. Tapi apabila kamu menekan nya dengan durasi yang lama (5 detik) biasanya laptop akan shutdown secara otomatis.

Bicara soal tombol power, pasti beberapa diantara kalian sangat suka mematikan atau shutdown langsung melalui tombol power. Apalagi ketika temen kamu yang jago komputer gak sengaja melihat kamu mematikan laptop kamu melalui tombol power langsung. Dia pasti bakal nyeletuk "Eh, jangan suka di matiin langsung lewat power, nanti laptop mu cepet rusak loh.". Dan akhirnya kamu nurut-nurut aja ketika diperingatkan seperti itu tanpa tahu dan cari tahu dulu apa sebab dan akibatnya.

Well, perkataan teman mu itu ada "Benar" nya juga loh... tapi anggapan seperti itu di tahun 2019 ini sudah terdengar sangat kuno dan purba sekali. Karena laptop yang di desain saat ini sudah sangat cerdas dan di desain agar dapat shutdown dengan "Hati-hati". Komputer yang ada pada saat ini sudah memiliki sistem teknologi yang bernama ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang bisa membuatnya aman ketika dimatikan melalui tombol power. ACPI ini juga berfungsi ketika laptop dalam keadaan sleep dan hibernasi loh.

Jadi ketika kalian menekan tombol power dalam waktu yang lama maka laptop akan mengirimkan perintah pada sistem operasi (windows) untuk mematikan semua sistem, aplikasi, dan program yang sedang berjalan sebelum akhirnya laptop akan benar-benar mati.

Lain lagi cerita nya kalau laptop kamu adalah laptop keluaran tahun 2004 ke atas, yang sistem operasi nya masih menggunakan windows xp, windows 98, atau sistem operasi yang lebih tua dari itu. Sebaiknya kalau kamu memiliki laptop se-tua itu kamu menghindari mematikan laptop dengan menekan tombol power. Karena laptop yang sudah berumur itu akan secara otomatis memutus arus listrik ke seluruh hardware jika tombol power nya di tekan. Hal tersebut dapat merusak laptop kamu, terutama hardisk yang dipaksa untuk berhenti secara tiba-tiba. 

Hal yang harus kamu hindari adalah mematikan laptop menggunakan tombol power ketika laptop mu sedang hang. Hal ini akan makin memperparah hang nya. Karena sistem ACPI pada sebuah laptop yang sedang hang kemungkinan besar juga akan terkendala. Biasanya banyak diantara kalian yang menggunakan cara ini untuk mengatasi  laptop kalian yang sedang hang. Dan memang kebanyakan diantara nya berhasil. Namun perlu diketahui kalau cara ini akan membuat laptop kamu kehilangan data yang sebelumnya belum sempat kamu simpan.

Walaupun terbilang aman, tetapi ada beberapa dampak yang akan dihasilkan jika cara ini dilakukan secara terus-menerus

Dampak Yang Di Hasilkan Akibat Terlalu Sering Mematikan Laptop Lewat Tombol Power:

  1. Mengurangi umur komponen komputer
    Siapa bilang komponen komputer tidak punya umur? komponen komputer yang sehat dan baru biasanya memiliki umur sekitar 5 tahun lebih dalam batas pemakaian yang wajar. Berbeda cerita nya apabila kamu terlalu sering mematikan komputer mu dengan cara menekan tombol power nya. Hal ini akan mengakibatkan komponen komputer kamu yang semula sedang bekerja lalu berhenti secara mendadak dan akhirnya akan mengurangi umur dari komponen komputer kamu.
  2. Kehilangan data pada registry
    Saat komputer dalam proses penanganan atau masih beroperasi, komputer akan mendaftar atau registry komponen komputer yang tersedia ada atau pun aplikasi yang telah digunakan, ini akan mengakibatkan komponen atau aplikasi tidak dapat disimpan pada registry, ia akan mengakibatkan sistem recovery tidak berfungsi sebaiknya.
  3. Hardisk akan cepat rusak dan bad sector
    Apabila sistem operasi tidak di shutdown secara benar, maka disk atau piringan yang ada di dalam hardisk akan rusak atau tergores. Dan head atau kepala dari hardisk (bagian dalam) akan cepat rusak juga karena arus listrik yang dimatikan secara mendadak. Hal ini lah yang akan membuat hardisk kamu bad sector.

Kesimpulan

Mematikan laptop dengan cara menekan tombol power pada tahun 2019 ini bisa dikatakan aman. Tetapi hal ini tidak bisa kamu lakukan secara terus menerus tanpa jeda sedikit pun. Apalagi hal ini di lakukan ketika laptop kamu dalam keadaan hang atau stuck program. Admin tetap menyarankan untuk mematikan laptop mu secara normal saja seperti biasa. Karena apabila ada kerusakan pada hardware, software, hardisk bad sector, mamah kamu marah, dan harga servis laptop yang mahal merupakan di luar tanggung jawab admin. hehehe.... 
Demikian artikel yang berjudul MITOS! Mematikan Laptop Dengan Tombol Power Ternyata Aman? admin buat, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kamu yang membaca. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa share artikel ini ke social media kamu dengan cara klik ikon social media yang ada di bawah. Terimakasih^^

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "MITOS! Mematikan Laptop Dengan Tombol Power Ternyata Aman?"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish