Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Ini Dia, Kenapa Sinyal Ponsel Bisa Hilang Saat Mati Lampu

Ini Dia, Kenapa Sinyal Ponsel Bisa Hilang Saat Mati Lampu - Beberapa hari ini di sebagian wilayah Indonesia seperti jabodetabek sedang dilanda pemadaman listrik. Di wilayah mimin sendiri sudah dilanda mati lampu sejak 2 hari yang lalu, dan listrik kembali menyala di saat jam 11 malam kemarin(5/8/2019) lalu mati kembali setelah 90 menit menyala, dan hingga pukul 8.30 malam tadi akhirnya listrik kembali menyala, setelah terasa hidup di dalam goa yang tidak ada lampu, listrik, dan kipas angin(gerahhh).
Ini Dia, Kenapa Sinyal Ponsel bisa Hilang saat Mati Lampu - hostze.net
Ini Dia, Kenapa Sinyal Ponsel bisa Hilang saat Mati Lampu

Itulah yang menyebabkan mimin dan mimin hostze lainnya tidak update selama 2 hari ini. Khawatir akan terjadi pemadaman kembali hari ini mimin sempatkan untuk update nih untuk para pembaca yang lainnya, berhubung juga malam ini listrik kembali normal dan kondisinya yang tidak menentukan(katanya akan terjadi pemadaman bergilir lagi saat mimin telpon PLN-Nya) jadi mimin akan update sekarang juga nih. Nah kali ini mimin akan memberikan penjelasan kenapa tidak ada sinyal di ponsel kita saat terjadi pemadaman listrik? Tanpa perlu basa-basi lagi simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu BTS
Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Nama lain dari BTS adalah Base Station (BS), Radio Base Station (RBS), atau node B (eNB). Hingga saat ini masyarakat belum bisa membedakan antara perangkat BTS dan menara BTS padahal menara BTS bukanlah BTS itu sendiri.

Baca Juga
Aplikasi Penguat Sinyal 4G Terbaik!
Ini dia, 6 Aplikasi Android Keren dan Unik yang Bikin HP Kamu Semakin Canggih
Cara Membuat Access Point Dengan Mudah
Cara Membuat Limitasi Bandwith Pada Router Mikrotik Lengkap Dengan Gambar!

Ini Dia, Kenapa Sinyal Ponsel bisa Hilang saat Mati Lampu

Saat gangguan listrik terjadi biasanya sinyal ponsel akan menghilang. Itu karena tidak adanya arus listrik pada BTS yang menyebabkan Base Tranceiver Station (BTS) milik operator mati. Dimana BTS merupakan infrastruktur telekomunikasi yang digunakan sebagai pemancar dan penerima jaringan seluler pada suatu cakupan wilayah. Nantinya, BTS mengkonversi sinyal-sinyal yang dipancarkan dan diterima menjadi sinyal digital untuk selanjutnya dikirim ke terminal lainnya untuk proses sirkulasi pesan atau data. Pasokan utama listrik Base Tranceiver Station (BTS) itu adalah dari listrik PLN. Secara umum BTS memiliki cadangan listrik dari genset maupun baterai. Akan tetapi, cadangan tersebut tidak akan bertahan lama, genset solar dan baterai hanya akan bertahan selama 2-3 jam saja, beberapa BTS bahkan tidak memiliki cadangan genset dan baterai, karena mungkin memiliki anggapan bahwa listrik PLN tidak akan pernah padam dan penggunaan genset solar dan baterai akan menyebabkan peningkatan biaya.

BACA JUGA : Ini Dia, Aplikasi Senter Yang Sangat Membantu Saat Mati Lampu

Kesimpulan
Sinyal ponsel kita hilang saat terjadi pemadaman listrik, disebabkan karena matinya BTS di wilayah kita. BTS membutuhkan pasokan listrik untuk tetap menyala. Oleh karena itu saat terjadi pemadaman listrik BTS akan kehilangan pasokan listrik dan mati, walaupun ada beberapa BTS yang memiliki cadangan pasokan listrik dari genset ataupun baterai, namun pasokan listrik tersebut tetaplah kurang, hanya mampu bertahan selama 2-3 jam.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Ini Dia, Kenapa Sinyal Ponsel Bisa Hilang Saat Mati Lampu semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "Ini Dia, Kenapa Sinyal Ponsel Bisa Hilang Saat Mati Lampu"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish