Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu!

Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu! Komputer berasal dari bahasa inggris "To Compute" yang artinya untuk menghitung. Jadi komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari jutaan komponen yang dapat berkerjasama dan melakukan pekerjaan secara otomatis sesuai dengan intruksi yang diberikan dan kemudian menghasilkan output berupa informasi.
Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu! - hostze.net
Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu!

Di sebuah komputer ada banyak sekali perangkat keras di dalamnya. Baik itu motherboard, RAM, processor, kartu grafis, dan juga power supply. Semua PC yang ada pada zaman sekarang sudah dilengkapi dengan setidaknya satu buah kartu grafis. Kartu grafis ini berfungsi untuk meng-handle semua pekerjaan yang berhubungan dengan rendering gambar baik itu foto,video, maupun video rendering dalam sebuah game komputer. Produsen kartu grafis yang ada sampai sekarang adalah NVIDIA, AMD, dan Intel Graphic.

Baca Juga:


Kartu grafis atau yang biasa disebut GPU ini tidak kalah penting dengan RAM dan juga processor di dalam komputer. GPU berperan sangat penting untuk kamu yang suka bermain game di komputer. Jadi apabila kamu tidak memiliki GPU yang powerfull  kamu tidak akan bisa bermain game-game rilisan terbaru pada tahun-tahun berikutnya. GPU juga berperan untuk kamu yang suka mengedit foto, video, dan 3D material dari aplikasi seperti blender, ataupun maya. Karena sebagian besar proses render (akhir) dilakukan di GPU ini.

Masih banyak sekali teman-teman yang bertanya kepada saya "Gimana sih cara nya buat liat vga kita merek apa?". Jadi untuk itulah artikel ini admin post. Dan ini dia bagaimana cara untuk mengetahui kartu grafis yang ada dalam komputer kamu.

Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu:

  1. Lewat Task Manager

    Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu! - hostze.net
    Task Manager
    Cara yang pertama yang bisa kalian lakukan untuk cek kartu grafis kalian adalah dengan menggunakan task manager. Cara ini bisa digunakan buat kamu yang menggunakan windows 10 karena dibawah versi windows 10 fitur task manager belum selengkap sekarang.

    Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu! - hostze.net
    Perfomance
    Selanjutnya setelah task manager kalian terbuka, kalian bisa langsung klik tab perfomance, dan kalian klik di bagian GPU. Nah, di tab GPU ini kalian bisa melihat apa merk dan versi dari kartu grafis kamu dan juga informasi lain seperti tipe GPU nya (Dedicated/intergrated) dan juga ukuran VRAM nya. Kalau kalian mempunyai 2 atau lebih kartu grafis yang terpasang dalam komputer kalian, maka tab GPU nya akan memuat informasi tentang semua kartu grafis yang kamu punya (GPU 0, GPU 1, GPU 2, dst).
  2. Lewat dxdiag

    Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu! - hostze.net
    Windows run
    Langkah yang ke dua ini bisa digunakan bagi kamu yang mempunyai windows 7 atau yang lain (semua windows). cara nya adalah dengan cara menekan tombol "windows+r" (tombol windows dan juga huruf r bersamaan) pada keyboard kamu.

    Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu! - hostze.net
    Display tab
    Lalu selanjutnya komputer akan otomatis menampilkan tambilan "DirectX Diagnostic Tool". Klik di bagian display, lalu kalian bisa melihat informasi yang di tampilkan seperti nama dari kartu grafis kalian, pabrikan kartu grafis nya, tipe chip yang digunakan, total memory, dan juga VRAM nya. Dan sekarang kamu sudah bisa mengetahui kartu grafis apa yang ada di dalam komputer mu.

Kesimpulan

Cara yang admin sebutkan diatas adalah cara yang bisa digunakan untuk windows 10 sampai windows 7. Jadi admin harap apabila kamu tidak tahu apa merek kartu grafis mu kamu bisa mengikuti semua langkah di atas.
Demikian artikel yang berjudul Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu! admin buat semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kamu yang membaca. Terimakasih^^ 

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "Cara Mengetahui Kartu Grafis Yang Ada Dalam Komputer Kamu!"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish