Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Cara Memperbaiki Ukuran Flashdisk Yang Berubah

Cara Memperbaiki Ukuran Flashdisk Yang Berubah - Flashdisk (FD, Flashdrive) merupakan sebuah media penyimpanan portable yang menggunakan port USB (Universal Serial BUS) untuk menghubungkannya dengan komputer. Perangkat penyimpanan ini cukup kecil karena di dalamnya hanya menggunakan chip sebagai komponen penyimpanannya, akan tetapi memiliki penyimpanan yang cukup besar, sehingga memudahkan kita untuk membawa nya kemana-mana.
Cara Memperbaiki Ukuran Flashdisk Yang Berubah - hostze.net
Cara Memperbaiki Ukuran Flashdisk Yang Berubah

Tidak seperti Hardisk, Disket, ataupun Compact Disk (CD), Flashdisk tidak menggunakan komponen mekanik, semua komponen di dalam Flashdisk bekerja menggunakan komponen digital elektrik sehingga ukuran flashdisk dapat lebih kecil daripada media penyimpanan yang lain. Selain itu, flashdisk juga dapat memudahkan kita untuk menggunakannya karena bentuk nya yang kecil dan dapat di bawa kemana mana sehingga efisien dan juga efektif bagi para pengguna nya. 

Baca Juga:


Fungsi Flashdisk secara garis besar memang digunakan untuk menyimpan data para pengguna nya. Tapi tidak jarang pula ada beberapa orang yang menggunakan flashdisk sebagai media untuk menginstall sistem operasi pada sebuah komputer. Selain itu, saat ini flashdisk tidak hanya bisa digunakan untuk komputer saja, tetapi juga bisa digunakan di dvd-player bahkan di smartphone kalian. Tentunya dengan menggunakan USB OTG. 

Dengan bentuknya yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana, bukan berarti benda kecil satu ini terlepas dari segala kekurangan. Banyak sekali admin temukan masalah-masalah yang kerap terjadi pada flashdisk. Mulai dari kapasitas yang berbeda dengan tulisan yang ada di flashdisk, port USB yang sering rusak dan "not recognized", dan juga kapasitas yang tiba-tiba saja berkurang padahal kamu merasa tidak melakukan apapun dengan flashdisk mu.

Note:

Setiap kalian membeli sebuah perangkat media penyimpanan baik itu Hardisk, Flashdisk, ataupun Compact Disk, Ukuran yang tertera pada kemasan tidak akan sama ketika kita memakai nya di komputer kita. Hal ini dikarenakan definisi ukuran gigabyte pada program komputer dan penyimpanan manufaktur bawaan pabrik tidak sama.
Kali ini admin akan memberikan solusi untuk kalian bagaimana cara memperbaiki ukuran flasdisk yang berubah. Ukuran flashdisk yang berubah ini bisa dikarenakan berbagai macam hal. Mulai dari sering nya kalian menggunakan flasdisk sebagai media untuk install OS (Biasanya lewat rufus), Sering nya kalian memakai flashdisk untuk keperluan "Ready Boost" (Windows 7), dan juga sering nya kalian mem-format flashdisk kalian. Pada dasarnya ketika kalian mengalami peristiwa yang sudah admin sebutkan diatas dan menyadari bahwa flashdisk kalian ukuran nya berubah, kalian akan melakukan "Format" pada flashdisk kalian.

Cara Format Flashdisk Dengan Cara Biasa

  • Buka explorer
  • Klik kanan pada flashdisk
  • Klik format
  • Centang "quick format"
  • Ubah file system ke "FAT 32"
  • Klik start, dan tunggu proses
  • Klik close jika sudah selesai
Tapi setelah kalian melakukan cara diatas kalian pasti akan tetap bergumam "Kok gak bisa ya?" dan pada akhirnya kalian hanya pasrah menerima nasib flashdisk kalian yang ukuran nya sudah hilang (jadi ghoib). Pada awalnya saya juga seperti itu, tapi setelah saya pelajari dari sana-sini akhirnya saya menemukan cara nya yaitu dengan menggunakan software yang bernama HDD GURU LOW-LEVEL FORMAT. Aplikasi ini biasa digunakan orang untuk memperbaiki flashdisk/hardisk mereka dengan masalaha yang serupa. Software ini sebenarnya adalah software untuk format perangkat seperti biasa, yang membedakannya adalah software ini bisa melakukan "deep scan" pada flashdisk/hardisk kita sehingga software ini mengetahui berapa ukuran atau size asli dari flashdisk dan dapat melakukan format secara menyeluruh. Lalu bagaimana cara untuk memperbaiki ukuran flashdisk yang berubah itu?

Cara Memperbaiki Ukuran Flashdisk Yang Berubah

  1. Download software nya terlebih dahulu di website resmi nya
  2. Install software nya seperti biasa (admin paham pasti para pembaca sudah tahu bagaimana cara menginstall sebuah aplikasi di komputer)
  3. Buka software nya

    Tampilan awal
    Setelah kamu klik 2 kali pada aplikasi nya, tampilan awal akan seperti gambar diatas, yang harus kamu klik adalah "Continue for free". Kita akan menggunakan fitur trial (uji coba) nya saja, karena eksekusi ini hanya akan dilakukan satu kali. Jadi pastikan kalian klik pada "Continue for free"
  4. Pilih perangkat yang akan kalian format

    Pilih perangkat

    Langkah selanjutnya adalah kamu diharuskan memilih perangkat mana yang mau kamu format. Sebagai contoh, saya memiliki sebuah Flashdisk dengan ukurang 4GB, setelah saya gunakan untuk membuat bootable instalan Linux, flasdisk saya berubah ukuran nya menjadi yang tertera pada gambar. Jadi apabila kalian ingin format flashdisk kalian, pastikan kalian klik pada tipe BUS yang "USB" (Jangan sampai salah klik yang SATA, karena itu adalah hardisk utama komputer/laptop kalian). Lalu klik continue.
  5. Mulai lakukan eksekusi!

    Mulai Format

    Setelah itu kamu akan ditampilkan detail dari perangkat kamu, mulai dari nama, tanggal saat ini, manufaktur, dan juga ukuran dari flashdisk/hardisk kamu. Lalu kamu tinggal klik pada tab "LOW-LEVEL FORMAT", Lalu klik pada "Format this device". Perlu diketahui proses format ini akan menghapus data kamu sampai ke akar-akar nya dan akan mengakibatkan data yang terhapus sama sekali tidak dapat di restore lagi. Jadi apabila kamu masih memiliki beberapa file penting dalam flashdisk kamu, alangkah baik nya untuk di backup terlebih dahulu.

    Proses ini akan memakan waktu cukup lama karena aplikasi nya akan melakukan deep scan pada setiap sector di perangkat kalian. Jadi kalian bisa menunggu proses nya sembari melakukan pekerjaan yang lain.


    Selesai
    Kalau sudah selesai, kamu hanya tinggal close saja aplikasi nya, dan jangan lupa untuk cek kembali di explorer apakah flashdisk kamu sudah kembali ke ukuran asli nya atau belum.


    Hasil

Kesimpulan

Cara yang admin jelaskan diatas sudah di tes dengan beberapa flashdisk dengan masalah yang serupa dan work 100%. Apabila kamu sudah mengikuti cara diatas namun flashdisk mu masih saja tidak berubah ke semula ukurannya itu berarti flashdisk milik kamu sudah rusak atau cacat pabrik dan tidak bisa di perbaiki. Lebih baik beli baru.
Demikian artikel yang berjudul Cara Memperbaiki Ukuran Flashdisk Yang Berubah admin sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kalian yang membaca. Terimakasih^^

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "Cara Memperbaiki Ukuran Flashdisk Yang Berubah"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish