Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan Kamu (Dijamin Lengkap!)

Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan Kamu (Dijamin Lengkap!) - Audit atau yang bisa juga disebut pemeriksaan dalam arti yang luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Yang berarti aplikasi audit keamanan jaringan bisa kita artikan sebagai aplikasi yang memeriksa keamanan dari suatu sistem di dalam jaringan. Untuk kalian yang belum mengetahui apa itu sistem keamanan jaringan, sistem keamanan jaringan atau dalam bahasa inggrisnya disebut network security adalah sistem yang mencegah dan mengidentifikasi penggunaan yang tidak sah dari jaringan komputer.

Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan Kamu (Dijamin Lengkap!) - hostze.net
Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan Kamu

Lalu apa sih pentingnya kita menjaga keamanan dari suatu jaringan? Jika kamu memiliki data-data yang sangat rahasia, pastinya kamu menjaga data tersebut bukan agar tetap aman dan tidak di curi oleh seseorang. Nah ibaratnya seperti itu, sistem buatan manusia itu tidak sempurna 100% yang bahasa gaulnya mah (No System is Safe) haha... maka dari itu pengamanan jaringan sangatlah diperlukan untuk mengantisipasi adanya akses ilegal seperti pencurian data, botnet, dan lain-lain. Maka dari itu kali ini mimin akan membahas salah satu aplikasi atau tools yang sangat berguna sekali untuk audit keamanan jaringan kamu, yaitu nmap. Nmap adalah salah satu aplikasi atau tools audit yang sangat populer di seluruh dunia, ingin tau selengkapnya? Ok simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Nmap :

        Nmap(Network Mapper) adalah sebuah aplikasi atau tools yang berguna untuk audit dan eksplorasi suatu keamanan jaringan, Tools ini dibuat oleh Gordon Lyon atau yang lebih dikenal dengan nama Fyodor Vaskovich pertama kali pada bulan September 1997. Tools ini memiliki license Open Source, jadi siapa saja bebas mengembangkan tools ini. Meski pada awalnya tools ini hanya bisa digunakan di sistem operasi linux, namun seiring perkembangan sekarang tools ini bisa kalian dapatkan secara gratis di hampir semua platform seperti Microsoft Windows, Linux(Semua Distro), Mac OS X, FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, Sun Solaris, Amiga, HP-UX, dan banyak lainnya.

Fungsi Nmap :

        Nmap berfungsi antara lain sebagai berikut:
  1. Host discovery - Mengidentifikasi host di jaringan. Misalnya, daftar host yang 
  2. Port Scanning - Untuk melihat port yang terbuka secara terperinci pada host target.
  3. Version detection - Menginterogasi layanan jaringan pada perangkat jarak jauh untuk menentukan nama aplikasi dan versinya.
  4. OS Detection - Mendeteksi karakteristik sistem operasi dan perangkat keras dari perangkat jaringan.
  5. Discover Vulnerabilities - Menemukan dan mengeksploitasi kerentanan dalam jaringan.
  6. Analisis Respons
  7. Pengukuran Waktu Respons
  8. Mencari Subdomain


Cara Menggunakan Nmap :

        Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan yang dapat kalian gunakan di nmap
  1. Memeriksa port yang terbuka (default)
  2. nmap <host/IP target>
  3. Memeriksa spesifik port pada mesin target
  4. nmap -p <host/IP target>
  5. Memeriksa service yang berjalan pada port
  6. nmap – sV <host/IP target>
  7. Mengidentifikasi sistem operasi mesin
  8. nmap <host/IP target>
  9. Memeriksa spesifik port pada mesin target
  10. nmap -O <host/IP target>
  11. Memeriksa range port pada mesin target
  12. nmap -sS <host/IP target> p <range port>
    Contoh : nmap -sS 128.199.66.21 p 22-8080
Nah itu tadi penjelasan lengkap dari mimin gimana manteb bukan tools audit yang satu ini. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar artikel kali ini silahkan bertanya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan Kamu (Dijamin Lengkap!) semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Di sini admin tidak mengajarkan hal-hal yang tidak baik seperti mengeksploitasi, dll. Admin membuat artikel tentang tools ini bertujuan untuk keperluan keamanan jaringan, bukan untuk keperluan peretasan. Tanggung jawab ada pada kalian masing-masing.

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

4 Responses to "Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Nmap: Aplikasi Untuk Audit Keamanan Jaringan Kamu (Dijamin Lengkap!)"

  1. Sangat informatif gan ..good artikel

    BalasHapus
  2. Mantap nanti sy praktekan,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktekan gan :D sangat berguna kalo kamu mau mencoba pentesting keamanan suatu server, BTW terimakasih yah sudah berkunjung ^_^

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish