Kamu Pandai Mengetik? Inilah 10 Pekerjaan Yang Membutuhkan Skill Mengetik!

Kamu Pandai Mengetik? Inilah 10 Pekerjaan Yang Membutuhkan Skill Mengetik! - Di jaman sekarang ini mencari pekerjaan memanglah lumayan sulit, apalagi kalau pendidikan terakhir kita hanyalah sampai SMA maupun SMK sudah pasti itu sulit untuk mendapatkan pekerjaan, karena jumlah kouta para pencari pekerjaan lebih banyak dari jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia di negeri ini.

Kamu Pandai Mengetik? Inilah 10 Pekerjaan Yang Membutuhkan Skill Mengetik! - hostze.net
Kamu Pandai Mengetik? Inilah 10 Pekerjaan Yang Membutuhkan Skill Mengetik!

Namun bila kita mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau skill yang kita miliki, bukankah itu akan menambah peluang. Dan juga alangkah lebih baiknya bukan bila kita mencari pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kita? Pasti setiap kegiatan yang kita lakukan akan sangat menyenangkan. Nah setelah sebelumnya kita membahas tentang 8 Usaha Sampingan, Yang Cocok Untuk Kamu!. Kali ini kita akan membahas 10 pekerjaan yang membutuhkan skill mengetik. Penasaran? Langsung saja disimak baik-baik list dibawah ini.

  1. Blogger atau Reviewer
    Blogger atau Reviewer

  2.           Diawal list ada blogger dan reviewer, kenapa saya pilih blogger dan reviewer diawal pembahasan? Pertama, jika kalian menjadi seorang blogger dan reviewer, kalian akan selalu update berita-berita dan isu-terkini; mulai dari politik, teknologi, gaya hidup, kesehatan, dan lain-lain. Kedua, kalian juga bisa saling terhubung dengan grup atau komunitas sesama blogger dari yang paling terkenal hingga yang paling tidak terkenal sekalipun hehe..

              Namun bila kamu ingin menjadi seorang blogger maupun reviewer kamu harus memiliki ketertarikan pada suatu isu, contohnya: kalian tertarik dengan teknologi, maka buatlah blog tentang teknologi atau mereview teknologi-teknologi yang sedang hangat.

              Ngomong-ngomong soal penghasilan, penghasilan seorang blogger itu bukanlah main-main. Kalian bisa mendapat penghasilan UMR(Upah Minimum Regional), atau bahkan diatasnya jika situs kamu sudah memiliki banyak pengunjung. Mungkin bagi kalian yang berpikir blogger itu hanyalah sebuah pekerjaan sampingan, itu sangatlah salah karena jika kamu tekun sekali dalam membuat sebuah artikel dan memiliki jumlah pengunjung rata-rata 100.000 orang. Kalian bisa menjadi kaya tanpa harus keluar kamar sekalipun.


  3. Copywriter
    Copywriter

  4.           Menjadi seorang copywriter itu harus memiliki jiwa kreativitas-an yang tinggi dan kemampuan untuk menciptakan lingkungan yang persuasif dan enak untuk didengar. Seorang copywriter biasanya memiliki tugas dibidang iklan. Tujuannya yaitu untuk memasarkan atau mempromosikan sesuatu melalui rangkaian huruf, kata dan kalimat yang baik dan benar sehingga dapat menarik minat calon konsumen yang dituju agar tepat sasaran.

              Ngomong-ngomong soal gaji, gaji seorang copywriter itu lumayan loh, yaitu berkisar 3,8 juta yang setara dengan UMR hingga 6 juta waw besar yah... Gimana apakah kalian berminat untuk menjadi seorang copywriter setelah melihat gajinya?

  5. Editor
    (Image Credit: Glenn Carstens-Peters/Unsplash)  
  6.           Pekerjaan yang satu ini sangat cocok nih buat kamu yang memiliki kemampuan bahasa yang tinggi, kamu bisa menjadi seorang editor, baik itu editor buku maupun editor berita.

              Ngomong-ngomong soal editor, kamu tau gak sih tugas-tugas editor itu apa saja? Tugas utama editor terbagi menjadi 3(tiga) yaitu mencari kesalahan penulisan, memperbaiki kata kata yang salah, dan menerbitkan naskah atau tulisan atau gambar. Dan terbagi menjadi 5 jenjang karir yaitu Copy Editor, Editor, Senior Editor, Managing Editor, Chief Editor.

              Sama dengan seorang copywriter, gaji seorang editor pun tak kalah besarnya. Yaitu berkisar 3,8 juta yang setara dengan UMR hingga 6,8 juta waw angka yang cukup besar bukan ketimbang bekerja menjadi seorang karyawan yang harus bertatapan dengan mesin selama 8 jam.

  7. Ghostwriter
    Ghostwriter
  8.           Ghostwriter atau yang dikenal sebagai penulis bayangan adalah penulis professional, yang dibayar atau bekerja sebagaimana layaknya penulis lainnya, yaitu menulis buku, cerita, artikel, teks, pidato, dan jenis tulisan lain.

              Layaknya seperti penulis pada umumnya hanya saja yang membedakan, ghostwriter tidak suka mencantumkan identitasnya seperti nama, alamat, dan lain-lain dan justru malah mencantumkan identitas orang membayar atau menggunakan jasanya.

              Untuk para orang-orang yang sudah ternama mungkin menggunakan jasa ghostwriter bukanlah hal yang tabu lagi.

  9. Jasa Pengetikan
    Jasa Pengetikan

  10.           Nah yang kelima ini ada jasa pengetikan, kenapa jasa pengetikan? Karena sekarang ini jasa pengetikan seperti jasa pengetikan dokumen, skripsi, data entry, iklan, dan lain-lain sedang naik loh hingga saat artikel ini dibuat. Ini merupakan suatu peluang untuk kamu menjadi seorang jasa pengetikan, banyak website-website freelance yang membutuhkan jasa pengetikan dengan harga yang bervarian pula

              Ngomong-ngomong soal pendapatan jasa pengetikan ini biasanya dibayar perproyek atau setiap kali kalian menyelesaikan 1(satu) project. Dengan harga yang ditawarkan perproyek berkisar 150 ribu hingga 300 ribu per sekali proyek wah lumayan banget gak sih, itung-itung buat nambah uang jajan hehe..

  11. Penerjemah
    (Image Credit: EurActiv.com )

  12.           Jika kamu sudah menguasai bahasa asing seperti inggris, jepang, korea, perancis atau jerman orang seperti kamu sangatlah dicari, kamu bisa menjadi seorang penerjemah teks(translator) atau penerjemah lisan(interpreter). Karir ini sangatlah pas untuk kamu yang sudah menguasai bahasa asing, karena pasti akan terasa asik bila mampu menerjemahkan para turis mancanegara yang datang ke indonesia maupun para masyarakat domestik yang ingin berwisata keluar negeri(Sekalian numpang traveling hihi).

  13. Penulis Berita (Jurnalis)
    Penulis Berita (Jurnalis)
  14.           Di list kali ini ada penulis berita, yap pekerjaan yang sangat amat aktif ini memiliki daya tariknya tersendiri, karena kamu akan bertemu berbagai macam narasumber mulai dari tokoh politik, ahli pakar, dan lain-lain, dengan berbagai latar belakang juga tentunya.

              Tugas seorang penulis berita adalah meliput dan mencari bahan berita untuk ditulis menjadi suatu laporan, serta menyebarluaskannya kepada khalayak(publik).

              Berita yang kamu buat pun tidak boleh sembarangan dan tidak boleh dibuat-buat, kamu harus membuat berita yang berdasarkan fakta dan objektif bukan opini, kenapa? Karena opini hanyalah sebuah asumsi semata yang dibuat-buat.

  15. Penulis Buku atau Novel
    (Image Credit: Glenn Carstens-Peters/Unsplash)  
  16.           Nah untuk yang satu ini kalian boleh membuat ceritanya dengan mengarang maupun dari imajinasi yang ada di kepala dan kalian tuangkan sehingga menjadi sebuah cerita yang nantinya akan dibuat buku atau novel. Bermodalkan tinta dan kertas kamu bisa langsung memulai menuliskan semua ide yang ada di kepala kamu.

              Dengan membuat sebuah novel berarti kalian membagikan cerita kepada semua orang, dan dengan cerita yang dibuku-kan atau novel juga kalian dapat memunculkan ide-ide baru untuk orang lain tentunya. Belum lagi bila kamu memiliki penggemar berat pastinya terasa seperti punya moodbooster tiap waktu kan haha..

  17. Penulis Naskah atau Skenario
    Penulis Naskah atau Skenario

  18.           Jika kamu ingin menjadi seorang penulis naskah, kamu harus memiliki kemampuan untuk menciptakan dan menulis cerita dalam bentuk skenario dan kemampuan transkripsi film. Inget yah bro kamu harus menciptakan cerita dalam bentuk skenario bukan menjiplaknya dari karya orang lain. Jasamu bisa berguna untuk membuat naskah drama, film, ftv, atau sinetron, nah semoga saja karya mu bisa diangkat jadi film yang keren(Ngimpi)... haha...

  19. Produsen Konten
    Produsen Konten

  20.           Aktivitas produsen konten seperti ini memiliki tugas untuk mengisi konten yang relevan yang nantinya akan ditampilkan dalam sebuah website. Dan kamu pun harus memilih konten yang sesuai dengan pembaca yang telah ditargetkan, contoh: Jika website tersebut membahas seputar konten teknologi maka kamu harus membuat konten teknologi juga. Konten haruslah menarik perhatian pembaca yang akan mengunjungi situs.

              Tidak ada salahnya bagi kamu para kaum millenial untuk mencoba terjun ke bidang ini dan membuat konten positif, untuk kemajuan bangsa pula.
Nah itu tadi list pekerjaan yang membutuhkan skill mengetik, kalau kamu lebih suka bekerja jadi apa? komen jawaban kamu di bawah ini.

Demikian artikel yang berjudul Kamu Pandai Mengetik? Inilah 10 Pekerjaan Yang Membutuhkan Skill Mengetik! semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.
Muhamad Najib
Muhamad Najib Hanya seorang manusia yang ingin tahu segala hal.