Cara Ampuh Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan

Cara Ampuh Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di PublikasikanPermalink, Permanen Link atau Tautan Permanen adalah sebuah Postingan pada alamat url atau artikel yang ada pada sebuah blog, peran dari sebuah Permalink ini sangatlah penting karena Permalink ini merupakan salah satu cara kita dalam meningkatkan SEO pada Blog kita. Pengguna diberikan banyak pilihan baru untuk menyesuaikan blog dan postingan blog mereka untuk pengalaman pencarian yang lebih baik, seperti menambahkan Deskripsi Penelusuran dan mengubah Tautan permanen atau yang lebih dikenal dengan Tautan permanen.

Cara Ampuh Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan - hostze.net
Cara Ampuh Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan

Waktu pertama kali saya mengenal dunia Blogging ini saya tidak peduli dan tidak memperhatikan sama sekali tentang seo, tapi dengan meningkatkan kualitas SEO (search engine optimation) ternyata terbukti dapat mendapatkan lebih banyak traffic, di banding tidak melakukan optimasi SEO , dengan penggunaan dan penyesuaian Permalink pada Blog bahwa dengan Merubah Permalink pada Artikel Blog selain dapat meningkatkan SEO ternyata memiliki kesan yang jauh terlihat profesional.

Permalink ini dapat di sesuaikan dengan Topik pada sebuah halaman artikel yang anda buat, namun masih banya yang tidak tahu dan tidaklah memperhatikan dari penggunaan dan penyesuaian Permanen link ini, menurut beberapa Praktisi SEO menyesuaikan permanen link pada halaman sesuai keyword pada Blog kita dapat membantu meningkatkan kualitas SEO (search engine optimation) pada blog atau web kita.


Kembalikan Pos ke Draf


Ini salah satu cara agar bisa mengubah atau mengedit permalink pada posting yang telah diterbitkan karena ketika kita sudah terlanjur post link anda tidak bisa di edit lagi jadi kita harus berhati-hati dan teliti agar tidak salah dalam menuliskan sebuah link,untuk mengubahnya tautan permanen kita harus terlebih dahulu mengembalikan posting sebagai draf agar dapat mengeditnya kembali.

Mengubah Permalink

Sebelum itu saya peringatkan lagi bahwa melakukan hal ini adalah seperti membuat posting baru, menyalin isi dari pos lain yang telah diterbitkan, lalu di paste pada pos yang baru, mengatur tanggal dan mengubah permalink dan kemudian menghapus pos yang lama. Begitulah gambaranya!



Baca juga

Pengertian Backlink dan Manfaatnya
Baru! Cara Agar Website Kita Cepat Terindeks di Situs Mesin Pencarian
Pengertian Sitemap dan Penjelasan Lengkap!


Langkah - langkah Cara Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan


  1. Pergi ke Dashboard Blogger Anda
  2. Arahkan ke daftar Pos dan buka atau edit pos yang yang telah diterbitkan dalam Post Editor
    Cara Ampuh Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan - hostze.net
    Dashboard post - hostze

  3. Dalam Post Editor klik pada tombol “Kembali ke draf” di bagian kanan atas halaman Post Editor tepat di sebelah tombol oren.
    Cara Ampuh Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan - hostze.net
    Edit post Mengubah link Sebelumnya - hostze
  4. Sekarang posting akan kembali di mode draft, dan Anda mungkin sekarang dapat menggunakan pilihan “Permalink” di bawah “Setelan entri” untuk mengubah URL-nya. Klik pada tab pada “Tautan permanen” di sidebar kanan,
    Cara Ampuh Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan - hostze.net
    Tautan Permanen Khusus- hostze

    Pilih radio button/tombol “Tautan Permanen Khusus”  dan kemudian masukkan URL yang Anda inginkan.

TIPS MEMBUAT PERMALINK YANG BERKUALITAS


Terdiri dari 3-5 kata, fokus pada keyword yang akan ditargetkan, karena akan lebih memudahkan mesin telusur untuk meng-index artikel kita.
Contoh :
Penggunaan Permanen Link yang kurang bagus
https://www.hostze.net/2019/07/Cara-Ampuh-Merubah-Permanen-link-Postingan-di-Blogspot-Setelah-di-Publikasikan.html
Penggunaan Permanen Link yang bagus dan SEO Friendly
https://www.hostze.net/2019/07/2019/07/merubah-permanen-link-blogspot-publikasikan.html
Walapun singkat, usahakan agar permalink yang dibuat itu berisi keyword - keyword yang ditagetkan sesuai.
Menggunakan tanda dash (-) sebagai pengganti space, karena tanda dash (-) dianggap lebih seo friendly dibanding dengan tanda lain yang dapat digunakan seperti dot (.), dan underscores (_), hal ini diperkuat berdasarkan video dari mattcutt yang membahas mengenai underscores vs dashes dalam url tersebut, dan hasilnya lebih disarankan untuk menggunakan tanda dash (-).
Hindari penggunaan kata yang tidak terlalu penting, seperti "dan, juga, atau , begini, inilah,yang," dan kata lainnya.
Menggunakan keyword atau kata kunci lain harus memiliki arti sama dengan keyword utama, sebisa mungkin gunakan kata berbeda yang masih memiliki arti yang serupa, atau bersifat sinonim, tujuannya agar keyword yang ditargetkan bersifat lebih luas, dan berpeluang untuk terindex disetiap pencarian yang tujuannya sama namun kalimatnya berbeda.

Kesimpulan

Optimasi pada permalink sangatlah penting untuk artikel bertujuan supaya artikel mudah dicari oleh mesin pencarian dan mengoptimalkan juga teknik SEO blog. Permalink link yang bersifat permanen dan usahakan alamat link tersebut terdiri dari beberapa kata yang mengandung keyword didalamnya.

Catatan

Mengedit permalink, Permanen link atau Tautan Permanen berarti link yang lama sudah tidak aktif, yang merujuk ke artikel tersebut akan hilang dan tidak lagi bekerja. Posting yang telah dirubah tautan permalink nya akan dilihat sebagai postingan baru oleh bot mesin pencarian, dengan isi konten yang terletak pada URL sebelumnya.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Cara Ampuh Merubah Permanen link Postingan di Blogspot Setelah di Publikasikan Semoga Bermanfaat.
Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.