Pengertian Sitemap dan Penjelasan Lengkap!

Pengertian Sitemap dan Penjelasan Lengkap! - Sitemap dalam artian umum adalah sebuah file yang berisi daftar link yang terdapat pada sebuah website. Sitemap dapat juga diartikan seperti sebuah peta situs menurut pengartiannya. Sitemap berguna sebagai sebuah informasi tentang url - rul yang terdapat dalam sebuah website kepada search engine. Dengan begitu akan mempermudah search engine untuk mengetahui apa saja yang berrada dalam sebuah website. Walaupun tanpa sitemap website kita dapat terindex pada google. Tapi itu belum semua link yang terdapat pada link kita. Maka dengan menggunakan sitemap, semua link yang ada pada website kita akan terindex oleh google.

Pengertian Sitemap dan Penjelasan Lengkap! - hostze.net
Pengertian Sitemap dan Penjelasan Lengkap!

Sitemap sangat penting untuk situs yang menggunakan menu adobe flash atau javascript yang tidak menyertakan HTML. Google memperkenalkan sitemap untuk membantu perayap web menemukan halaman dinamis, yang biasanya terlewatkan, seperti bing dan semua mesin pencari lainnya juga mendukung protokol ini. Bentuk dari sitemap itu sendiri biasanya berformat xml file.

Baca Juga :
   Mengoptimalkan Fitur SEO di Blogspot
   Baru! Cara Agar Website Kita Cepat Terindeks di Situs Mesin Pencarian
   Cara Membuat Sitemap Daftar isi otomatis di Blogger Lengkap 

Unsur - Unsur Yang Terdapat Pada Sitemap :
  1. Setiap sitemap selalu didahului dengan <urlset> dan diakhiri dengan </urlset>
  2. <url> adalah alamat induk dari sebuah web/blog
  3. <loc> adalah sub bagian dari tag url
  4. <lastmod> adalah keterangan kapan sebuah website diupdate
  5. <changefreq> adalah penjelasan mengenai kapan sebuah website akan mengalami perubahan. Beberapa pilihan yang terdapat pada changefreq adalah: always, hourly, daily, weekly, monthly, yearly, never.
  6. <priority> adalah keterangan mengenai halaman mana yang menjadi prioritas kita untuk diindex. Priority biasanya dimulai dari 0.0 sampai 1.0
Contoh :
<?xml version=”1.0” encoding=”UTF-8”?>
<urlset xmlns=http://www.sitemaps.ord/schemas/sitemap/0.9>
<url>
<loc>http://www.example.com</loc>
<lastmod>2008-01-01</lastmod>
<changefreq>monthly</changefreq>
<priority>0.8</priority>
</url>

JENIS SITEMAP
Berdasarkan pengertian sitemap di atas, sitemap ini dapat dialamatkan kepada pengguna atau software. Banyak situs memiliki sitemap yang terlihat oleh pengguna yang menyajikan tampilan sistematis, biasanya hierarkis dari situs. Ini dimaksudkan untuk membantu pengunjung menemukan halaman tertentu, dan juga dapat digunakan oleh crawler. Sitemap yang disusun menurut abjad, kadang - kadang disebut Site Index yang merupakan pendekatan yang berbeda.

Untuk digunakan oleh mesin pencari dan perayap lain, ada format terstruktur, XML Sitemap, yang mencantumkan halaman di situs, kepentingan relatifnya, dan seberapa sering mereka diperbarui. Ini ditunjukkan dari file robots.txt dan biasanya disebut sitemap.xml. Format terstruktur sangat penting untuk situs web yang mencakup halaman yang tidak dapat diakses melalui tautan dari halaman lain, tetapi hanya melalui alat pencarian situs atau dengan konstruksi dinamis URL dalam Javascript atau Adobe Flash.

MANFAAT SITEMAP PADA WEBSITE
Sitemap pada website anda bermanfaat untuk SEO (Search Engine Optimization), antara lain sebagai berikut :

1. Membantu Google Menemukan Konten Anda
Google dan mesin pencari lainnya menggunakan tautan eksternal (backlink ke situs web Anda) untuk menemukan situs web Anda dan kontennya. Untuk situs web baru, proses ini bisa memakan waktu lama. Jika Anda memiliki sitemap di situs web Anda, Anda dapat mengirimkannya melalui alat webmaster Google dan mempercepat proses perayapan situs web Anda dan diindeks oleh Google.

2. Membuat Situs Anda di Crawl Dengan Cepat
Untuk mempertahankan peringkat tinggi, Anda harus terus menambahkan dan memodifikasi konten di situs web Anda, sehingga menjaga situs web Anda tetap segar dan relevan. Dengan mengirimkan sitemap Anda yang telah diubah ke Google lagi, Anda dapat memberi tahu Google tentang perubahan situs web Anda dan membuatnya merangkak dengan cepat.

3. Crawl dan Pengindexan Situs Web Anda Lebih Baik
Sitemap memungkinkan mesin pencari untuk merayapi konten situs web anda secara menyeluruh dan efisien.

4. Mendapatkan Pelaporan Yang Lebih Baik di Situs Web anda
Alat webmaster google menyediakan sejumlah laporan anda di situs web anda menggunakan sitemap web anda.

Penjelasan File sitemap.xml
File sitemap.xml dalam file XML yang disimpan ke Web Server. Ini berisi daftar semua sub halaman milik situs web. File-file ini membantu mesin pencari untuk mempelajari lebih lanjut tentang struktur situs web. Ini mempercepat proses perayapan dan mengurangi kemungkinan perayap akan mengabaikan sub halaman. Selain itu, file dapat memberikan informasi tambahan tentang konten tertentu, misalnya seperti informasi tentang gambar atau video yang dapat ditemukan di situs web atau durasi video dan subjeknya. Informasi umum tentang situs web, misalnya kapan terakhir diperbarui.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Sitemap dan Penjelasan Lengkap! semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kalian semua.