Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Usaha Kecil Menengah Sebagai Penggerak Perekonomian Indonesia

Mengenal Usaha Kecil Menengah Sebagai Penggerak Perekonomian Indonesia - hostze.net
Mengenal Usaha Kecil Menengah Sebagai Penggerak Perekonomian

Mengenal Usaha Kecil Menengah Sebagai Penggerak Perekonomian Indonesia - Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak UKM atau usaha kecil menengah di tiap daerah. Apalagi kontribusi UKM terhadap perekonomian negara memanglah besar. Salah satunya adalah penyerapan produk domestik, tenaga kerja dan pemenuhan dari kebutuhan masyarakat secara luas. Usaha ini memang berada pada skala kecil. Namun, keuntungna atau laba yang dihasilkan juga tidak sedikit. Hal ini yang menjadi alasan mengapa pelaku usaha yang tertarik menjalankannya.

UKM menjadi alternatif tepat bagi mereka yang ingin mulai berbisnis. Yang perlu Anda ketahui adalah UKM ini merupakan segala jenis usaha yang cakupannya adalah usaha mikro ataupun UMKM. Jenis usahanya bisa berupa usaha produktif yang mana penggeraknya adalah perorangan ataupu  badan usaha milik perorangan.


Baca Juga :

Usaha yang Menjanjikan dari Modal Kecil Hingga Modal Besar
Jenis Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari
Mengenal Bisnis Waralaba dan Jenis-jenisnya
Kenali Jenis-jenis Bisnis Startup
Bisnis Ritel: Pengertian dan Jenisnya
6 Cara Mudah untuk Memulai Bisnis Online Impianmu
Belajar Bisnis Masa Kini
10 Ide Usaha yang Menjanjikan di Era Industri 4.0


Perbedaan Usaha Kecil Menengah dan Perusahaan Besar

Dari istilah, Anda bisa melihat dimana letak perbedaan antara UKM dan perusahaan besar. Salah satu yang paling terlihat adalah keuntungan atau laba yang didapatkan selama satu tahun. Di Indoneia pelaku UMKM cukup besar dengan kurang lebih mencapai 58,8 juta penduduk yang menekuninya. Jumlah ini pun ternyata selalu bertambah tiap tahunnya.

Pertumbuhan UMKM di Indonesia bisa disebabkan karena banyak hal. Bisa karena berkembangnya zaman hingga berbagai macam jenis usah UMKM yang baru. Apalagi modal yang dibutuhkan juga tidak lebih dari 50 juta rupiah sehingga tak sedikit yang tertarik untuk mulai mengembangkan usaha kecil menengah. Kalau UKM ataupun UMKM disandingkan dengan perusahaan besar, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda lihat.


Kelebihan Usaha Kecil Menengah Dibandingkan Perusahan Besar

Fokus dengan Satu Bidang

Ketika fokus pada satu bidang maka usaha tersebut bisa lebih terarah dan mudah berkembang. Usaha kecil menengah memang fokus pada satu bidang misalnya saja ketika Anda menggeluti bisnis kuliner maka banyak masyarakat akan mudah mengenalinya. Tentu dengan kelebihan ini Anda bisa mendapat pelanggan setia.

Cepat Berinovasi

UMKM ataupun UKM memiliki banyak kesempatan untuk mengeksekusi sebuah ide yang baru. Jika hal ini dilakukan maka prosesnya juga tidak akan serumit perusahaan besar. Apalagi inovasi dalam berbisnis memang dibutuhkan agar pelanggan tidak bosan dan bisnis tersebut cepat berkembang. Jika Anda memiliki ide bagus untuk usaha kecil yang Anda miliki, pengaplikasiannya tentu lebih cepat.

Mudah untuk Memulai Usaha

Modal yang kecil bukan kendala untuk berhenti memulai usaha. Karena UKM sendiri memang bisa dimulai dengan modal minim. Asalkan digeluti dengan benar maka UKM bermodal kecil bisa memberi keuntungan besar. Bagi para pemula yang ingin membuka usaha tetapi khawatir dengan modal yang kecil bisa memilih jenis UKM yang paling banyak diminati atau sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.


Kekurangan Usaha Kecil Menengah

SDM yang Minim

Tidak bisa dipungkiri bahwa UKM adalah jenis usaha yang minim tenaga ahli atau SDM. Tetapi karena UKM memang berangkat dari modal yang kecil maka biasanya pelaku UKM tidak terlalu memikirkan kekurangan ini. Hanya saja untuk berkembang menjadi lebih cepat dan baik membutuhkan waktu lebih lama.

Kapasitas Produk yang Sedikit

Karena disebut sebagai usaha yang kecil maka tak heran jika kapasitas produk memanglah sedikit. Jika tenaga produksi dan modal yang Anda miliki terbatas maka kapasitas produk tidak bisa dibuat dengan jumlah besar. Kebanyakan pelaku usaha memang tidak berani untuk menerima pesanan berskala besar karena terkendala jumlah SDM dan modal.

Jenis UKM di Indonesia sangatlah beragam. Beberapa diantaranya adalah kerajinan tangan berupa tas handmade(buatan tangan), usaha makanan dan minuman, aksesoris fashion, florist ataupun budidaya ikan. Jika Anda memilih untuk menjalankan usaha kecil ini maka pilihlah yang sesuai dengan besaran modal yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan bidang yang Anda kuasai.

Denikianlah artikel yang berjudul tentang Mengenal Usaha Kecil Menengah Sebagai Penggerak Perekonomian Indonesia semoga bermanfaat.
Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email