Cara Membuat Access Point Dengan Mudah

Cara Membuat Access Point Dengan Mudah - Access point adalah sebuah perangkat dalam jaringan komputer yang dapat menciptakan jaringan lokal nirkabel atau WLAN (Wireless Local Area Network). Access point akan dihubungkan dengan router atau hub atau switch melalui kabel Ethernet dan memancarkan sinyal wifi di area tertentu. Untuk dapat terhubung dengan jaringan lokal yang telah dikonfigurasikan tersebut, perangkat harus melalui access point.

Cara Membuat Access Point Dengan Mudah - hostze.net
Cara Membuat Access Point Dengan Mudah

Disini saya akan membahas tentang Cara Membuat Access Point Dengan Mudah dengan menggunakan TP-LINK tipe WA701ND. Apa saja yang diperlukan? dan bagaimana caranya? Simak Tutorial berikut.

Baca Juga : Cara Membuat Limitasi Bandwith Pada Router Mikrotik Lengkap Dengan Gambar!

TUTORIAL KONFIGURASI
Bahan - Bahan :
- Radio TP-LINK
- Adaptor
- 2 Kabel UTP
- Komputer atau Laptop

Langkah - Langkah :

  1. Pasangkan terlebih dahulu perangkatnya yaitu TP-LINK dengan adaptor, dan kabel UTP ke port LAN radio TP-LINK dan ke port LAN di komputer atau laptop. Jika berhasil, maka akan muncul lampu indikator hijau kelap-kelip. Biasanya terdapat 4 indikator, yaitu power, system, LAN, WAN (tergantung jenis dan tipe radio).
  2. Setting dahulu IP pada komputer, caranya masuk ke control panel, pilih network and sharing center, pilih change adapter settings, pilih perangkat jaringan yang terhubung ke radio TP-LINK, lalu klik kanan dan pilih properties, lalu klik dua kali pada internet protocol version 4 (TCP/IPv4).
  3. Pilih opsi use the following IP address untuk menjadikan IP komputer jadi statis, isikan IP address dengan network yang sama (192.168.0.xx), misalnya "192.168.0.100" dan juga subnetmask seperti di atas (255.255.255.0), lalu klik ok dan simpan.
  4. Jika radio TP-LINK sebelumnya pernah di konfigurasi, sebaiknya di reset terlebih dahulu. Jika masih baru langsung saja buka browser, lalu ketikkan alamat di search engine 192.168.0.254 (IP ini bisa dilihat di balik perangkat radio, karena merupkan IP default). Jika sudah, akan muncul jendela atau popup seperti gambar berikut. Jika benar, maka masukkan username dan password. 
    Username : admin (default)
    Password  : admin (default)
  5. Jika sudah, maka client TP-LINK akan muncul seperti ini.
    Langsung saja klik next.
  6. Pilih mode access point, lalu klik next.
  7. Pada wireless setting, isikan SSID dan Password kalian, lalu klik next.
  8. Pada bagian network setting, aktifkan DHCP server (enable)
    isi IP address : 192.168.6.4 (tidak masalah jika tidak mau merubahnya)
    subnetmask   : 255.255.255.0
    jika ingin merubah login akun untuk client TP-LINK kalian, pilih YES pada change the login account, lalu klik next.
  9. Jika sudah selesai semuanya, akan muncul jendela seperti ini. Lalu klik reboot dan tunggu sampai perangkat menyala kembali.
  10. Setelah di reboot, login kembali kemudian masuk menu network.

  11. Pada bagian wireless setting, ubah region dan channel supaya tidak terjadi collision dengan radio orang lain, lalu save.
  12. Masuk menu DHCP, pada DHCP settings
    Isi range IP : 5 - 99, untuk membatasi jumlah pengguna (bebas, sesuai kebutuhan)
    Jika sudah, save kemudian reboot.
Bagaimana? mudah bukan, jika kalian masih bingung atau ada pertanyaan silahkan komentar dibawah.

Demikian artikel yang berjudul Cara Membuat Access Point Dengan Mudah semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kalian semua.