Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Cara Merubah Background GRUB Linux

Cara Merubah Background GRUB Linux - Linux adalah perangkat lunak atau software sistem operasi yang sifatnya open source dan gratis untuk di dapatkan maupun di sebarluaskan dengan lisensi GNU. OS Linux merupakan turunan dari unix dan dapat digunakan pada bermacam-macam komputer. Dengan Linux maka pengguna dapat memperoleh softawer yang lengkap dengan source code-nya. Bahkan pengguna dapat mengubah atau memodifikasi source code-nya, dan semua itu legal tentunya di bawah lisensi GNU.
Cara Merubah Background GRUB Linux - hostze.net
Cara Merubah Background GRUB Linux

Kali ini saya akan membahas tentang cara merubah background grub linux, GRUB singkatan dari GRand Unified Bootloader, yaitu program kecil yang menampilkan pilihan sistem operasi pada saat proses booting sehingga nantinya dapat melakukan multiple boot. GRUB sangat berguna apabila kita menginstall lebih dari satu sistem operasi pada satu komputer, misalnya Microsoft Windows XP dan Linux Ubuntu. Istilah karenanya adalah dual booting. Biasanya default sistem operasi pada menu GRUB adalah Linux Ubuntu. Istilah default disini artinya adalah sistem operasi yang akan dijalankan secara otomatis apabila kita tidak memilih sistem operasi lain pada daftar menu GRUB. GRUB dapat di konfigurasi sesuai keinginan. Namun apabila salah dalam pengeditan maka saat booting GRUB tidak akan dapat masuk ke system operasi yang tersedia.

Dalam mengubah background GRUB linux, kita hanya akan bergulat dengan dua berkas (berkas gambar dan berkas setting) serta satu perintah untuk memperbarui tampilan GRUB. Oke langsung saja ke tutorialnya.

Baca Juga


Cara Merubah Background GRUB

  1. Siapkan gambar dengan resolusi sesuai layar
    Hal dasar yang harus dilakukan pastinya kita harus mempunyai file gambar dengan ekstensi .png yang nantinya akan kalian jadikan sebagai background di grub. Pastikan gambar yang kalian siapkan memiliki resolusi yang sesuai dengan layar komputer atau layar laptop mu. Contohnya layar laptop saya berukuran 1366x768 ( Lebar 1366px dan tinggi 768px ). Jika sudah disiapkan buka direktori dimana file gambar itu disimpan. Misalnya saya menyimpan gambar di folder Pictures.
    dimzt@kali:/home/dimzt/Pictures$ 
    
  2. Masuk sebagai mode root pada terminal
    Kalian hrus masuk sebagai mode root pada terminal , caranya dengan mengetikkan perintah dibawah ini.
    dimzt@kali:/home/dimzt/Pictures$ sudo su
  3. Mengecek dimana direktori background grub disimpan
    Jika kalian ingin mengetahui letak gambar pada background grub disimpan, ikuti perintah berikut.
    root@kali:/home/dimzt/Pictures# nano /etc/default/grub
    Lalu kalian cari kata GRUB_BACKGROUND, disitu nanti kalian akan tahu dimana letak gambar background grub disimpan. Contohnya seperti ini.
    GRUB_BACKGROUND="/usr/share/grub/gambar.png" 
    Jika tidak ada, kalian bisa cek di direktori lain, bisa kalian lihat di bagian atas pada file grub yang barusan kalian buka.
    **********
    # /boot/grub/grub.cfg
    Setelah kalian sudah membuka file tersebut (grub.cfg) dengan teks editor, cari kata if background_image, nanti kalian akan menemukan lokasi gambar background grub disimpan. Contohnya seperti ini.
    if background_image /usr/share/desktop-base/kali-theme/grub/3x3.png; then
  4. Salin atau copy file gambar ke dalam direktori grub dimana background grub disimpan
    Gambarnya bisa kalian copy atau salin kedalam direktori /usr/share/desktop-base/kali-theme/grub tempat aslinya background grub disimpan.

    Jika sudah menyalin gambarnya kalian bisa mengubah permissionnya menjadi akses untuk semua user. Seperti contoh berikut.
    root@kali:/home/dimzt/Pictures# chmod 777 /usr/share/images/desktop-base/kali-theme/grub/gambar.png
    gambar.png sesuaikan dengan nama gambar yang digunakan. Selanjutnya edit file grub.cfg dengan teks editor.
    nano /boot/grub/grub.cfg
    Cari kode if background_image, lalu ubah pada bagian .png dengan nama gambar sesuai dengan yang sudah kalian siapkan, lalu save.

  5. Lakukan update grub
    Selanjutnya lakukan update pada grub yang sudah kalian modifikasi tadi, dengan perintah sebagai berikut.
    # update-grub
    Jika sudah di update grub, silahkan kalian reboot atau restart komputer atau laptop kalian, dan lihat hasilnya.
Selamat kalian telah berhasil mengubah background grub kalian, jika ada yang masih bingung silahkan komentar dibawah.

Demikian artikel yang berjudul Cara Merubah Background GRUB Linux semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "Cara Merubah Background GRUB Linux"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish