Kumpulan Istilah Yang Ada di Internet Part 1

Kumpulan Istilah Yang Ada di Internet Part 1 - Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").
Kumpulan Istilah Yang Ada di Internet Part 1 - hostze.net
Kumpulan Istilah Yang Ada di Internet Part 1

Terdapat banyak istilah di dalam dunia internet yang kini banyak kita jumpai. Di antaranya bahkan kadang tidak sama sekali kita tahu apa artinya. Selain itu, kadang sebagian kita mungkin pernah menggunakan istilah tersebut namun tak benar-benar paham apa artinya dan fungsinya. Kebanyakan istilah-istilah tersebut terbentuk dari kata-kata yang berasal dari bahasa asing, umumnya dari bahasa Inggris lalu kemudian dijadikan istilah dalam dunia internet Indonesia. Berikut adalah kumpulan istilah yang ada di internet.

Baca Juga


Istilah di Internet

  1. ADN (Advanced Digital Network)
    ADN merupakan jaringan internet yang berkecepatan 56kb.

  2. ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line)
    ADSL adalah jaringan yang memisahkan upstream dan downstream yang dapat berjalan pada kecepatan yang berbeda. Biasanya downstream lebih tinggi dari pada upstreamnya.

  3. Account
    Sebuah data atau informasi dari seseorang yang biasanya terdiri dari username atau nama pengguna dan juga password atau kata sandi beserta beberapa keterangan tambahan lainnya.

  4. Archive
    Sebuah alat untuk melakukan pengindeksan arsip yang berada dalam FTP atau File Transfer Protocol yang menjadikan seseorang dapat melakukan pencarian secara lebih spesifik.

  5. Attachment
    Bentuk pesan yang di dalamnya dilampirkan atau disertakan file dari komputer, umumnya digunakan dalam sebuah layanan e-mail.

  6. Bandwidth
    Bandwith artinya lebar pita, jadi bandwith adalah besaran yang menunjukkan suatu kapasitas transfer banyaknya data dan informasi yang dilewatkan dalam suatu koneksi melalui sebuah jaringan. Kecepatannya dapat berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi pengguna internet. Satuan kecepatan bandwith ialah mbps(mega bit per second) atau kbps(kilo bit per second)

  7. Banner
    Sebuah media informasi yang biasanya berbentuk gambar untuk menampilkan suatu iklan bergambar tertentu di website. Banner berfungsi sebagai ajang untuk melakukan promosi suatu produk, merek, layanan, jasa, atau tempat dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis.

  8. Blog
    Singkatan dari web log yang digunakan sebagai situs pribadi milik seseorang. Namun, sekarang ini blog bisa menawarkan berbagai macam informasi, bisa berupa kesehatan, pendidikan, tutorial, gadget, dan lain sebagainya yang mana keberadaannya sudah layaknya sebuah website terpadu.

  9. Blogger
    Sebutan atau panggilan bagi seseorang yang membuat blog lalu kemudian mengelola, merawat, dan memoderasinya untuk tujuan tertentu.

  10. Banned
    Tindakan yang dilakukan untuk memblokir akun seseorang oleh pihak pengatur dan pengelola(moderator). Biasanya tindakan ini dilakukan melalui penyampaian secara tegas melalui chat, email, atau milis karena dugaan identitas atau akun tersebut terbukti melakukan pelanggaran, baik berupa penyalahgunaan perjanjian, menggangu pihak lain, merusak atau mengacau aktvitas internet.

  11. Blogging
    Kegiatan yang dilakukan oleh blogger baik berupa mengisi konten, mendesain, mempraktekkan teknik SEO, mengunjungi situs lain, dan lain sebagainya.

  12. Bookmark
    Menyimpan halaman web tertentu yang disukai ke browser agar dilain waktu bisa dibuka kembali dengan mudah.

  13. Browser atau Web Browser
    Sebuah aplikasi yang digunakan pengguna untuk menjelajahi dunia internet atau bisa dikatakan sebagai wadah atau kendaraan untuk membuka halaman wbsite dari seluruh dunia yang ada di jaringan internet. Contoh dari browser ialah mozila firefox, google chrome, safari, internet explorer, dan lain-lain.

  14. Browsing
    Kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menjelajahi berbagai halaman situs dengan tujuan tertentu seperti mencari informasi dengan mengikuti link-link ke halaman web.

  15. Buffering
    Suatu kondisi saat aktivitas menonton video terhenti disebabkan kecepatan internet yang lambat atau akibat paket internet yang habis.

  16. Captcha
    Suatu kode verifikasi untuk melanjutkan proses yang berguna untuk memastikan pengguna tersebut bukanlah robot.

  17. CGI atau Perl
    Salah satu bahasa komputer yang digunakan untuk membuat suatu program interaktif dalam sebuah laman web. Bahasa ini dkembangkan oleh pengguna sistem operasi berbasis UNIX/Linux.

  18. Chat
    Sebuah layanan internet yang memungkinkan pengguna untuk dapat saling berinteraksi satu sama lain melakui teks tanpa adanya waktu tunggu atau realtime.

  19. Chatting
    Istilah yang mengacu pada aktivitas chat itu sendiri, dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam waktu yang bersamaan menggunakan layanan chat tertentu.

  20. Communication Protocol (Komunikasi protokol)
    Sebuah bentuk komunikasi satu set dengan aturan standar tertentu yang sudah dirancang sehingga sesama komputer bisa saling berbagi informasi dan data, dengan meminimalisir kesalahan yang kemungkinan akan terjadi.

  21. Connect
    Connect yaitu menghubungkan sebuah komputer ke koneksi internet.

  22. Close Tab
    Aktivitas menutup tab yang terbuka pada sebuah web browser.

  23. Cookie
    Suatu informasi mengenai client dari komputer server yang kemudian disimpan ke komputer client itu sendiri.

  24. Cyberlaw
    Sebuah aturan atau hukum yang berlaku di dunia internet.

  25. Cryptography
    Bentuk penyampaian sebuah pesan menggunakan kode atau sandi tertentu agar pesan tersebut bisa dikirim dengan lebih aman.

  26. CSS (Cscading Style Sheet)
    Sekumpulan kode atau script yang tersusun rapi untuk mempercantik tampilan sebuah laman web serta dapat mempercepat waktu loading web tersebut disebabkan struktur kode HTML yang lebih singkat. CSS terdiri dari 3 komponen yakni selector, property, dan value.

  27. Cyber Crime
    Semua bentuk tindak kriminalitas yang terjadi dan dilakukan di dunia internet.

  28. Cyberspace
    Istilah yang digunakan untuk menggambarkan internet atau dunia maya. Istilah ini dipopulerkan pertama kali oleh William Gibson dalam novelnya yang berjudul Neuromancer.

  29. Cybersquatting
    Yakni suatu aktivitas pembelian nama domain di internet yang mana memiliki kesamaan dengan sebuah perusahaan, nama produk, atau nama seseorang. Sebab kesamaan itulah lalu pembeli kemudian menjual domain tersebut ke perusahaan yang bersangkutan dengan harga yang relatif lebih mahal.

  30. Dial-Up
    Salah satu jenis koneksi internet yang menggunakan jaringan telepon.

  31. Disconnect
    Lawan dari connect, yakni aktivitas memutuskan hubungan komputer dengan internet yang sebelumnya telah terkoneksi.

  32. Domain name
    Yaitu alamat permanen sebuah situs di internet yang unik dan digunakan untuk mengenali sebuah situs atau alamat agar bisa ditemukan di internet.

  33. Download
    Suatu kegiatan mengambil file, gambar, audio, video, serta informasi/data dari internet lalu kemudian disimpan ke komputer pribadi pengguna.

  34. Downstream
    Kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal atau pribadi melalui sebuah jaringan (Kebalikan dari upstream).

  35. E-Commerce (Electronic Commerce)
    Perdagangan atau transaksi perbankan electronik media internet.

  36. E-Mail (Electronic Mail)
    Aplikasi yang memungkinkan pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui jaringan internet (surat menurat elektronik melalu internet).

  37. Encryption
    Menjadikan sebuah pesan agar tidak dapat dibaca jika tidak menggunakan suatu program untuk membukanya.

  38. E-payment
    Alat pembayaran dengan memanfaatkan media elektronik seperti internet.

  39. Flames
    Berbagai pesan di internet yang bersifat menghina atau menjelek-jelekan sehingga membuat penerima (email) menjadi marah.

  40. Follow
    Aktifitas untuk mengikuti seseorang di internet, misalnya follow akun twitter dan instagram.

  41. Forward
    Kembali ke halaman web yang telah diakses atau dibuka.

  42. Firewall
    Sistem keamanan dalam internet yang berfungsi untuk melindungi sebuah jaringan yang kecil terhadap jaringan yang lebih luas.

  43. FTP (File Transfer Protocol)
    Protokol yang digunakan untuk mengirim (mentransfer) dan atau menerima file dari internet, umumnya berbasis TCP/IP.

  44. Game Online
    Game yang dimainkan secara online (akses internet) dan dapat dimainkan secara multiplayer.

  45. Gateway
    Menerjemahkan antara 2 protokol berbeda sehingga mampu menyediakan akses untuk menghubungkannya ke sistem jaringan.

  46. Gopher
    Aplikasi internet untuk mencari informasi yang ada di internet namun terbatas hanya pada teks dengan cara menghubungkan komputer pribadi ke gopher server yang ada di dalam internet.

  47. Guest Book
    Layanan interaktif pada suatu website atau blog yang memungkinkan pengguna untuk menulis pesan dan membaca tulisan dari seorang pengunjung.

  48. Hacker
    Seseorang yang ahli di bidang pemrograman komputer dengan kemampuan untuk menembus atau membobol sistem keamanan jaringan (misalnya di internet).

  49. History
    Membaca atau menampilkan kembali halaman web yang telah dikunjungi, umumnya dilakukan melalui web browser.

  50. Homepage
    Halaman muka dari suatu situs yang menampilkan informasi atau deskripsi mengenai isi situs tersebut.
Demikian artikel yang berjudul Kumpulan Istilah Yang Ada di Internet Part 1 semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.