Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Pengertian dan Manfaat USB On The Go (OTG)

Pengertian dan Manfaat USB On The Go (OTG) - Bagi sebagian pengguna ponsel mungkin istilah ini cukup asing, meskipun pada kenyataannya ini bukanlah sebuah fitur baru. Secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah alat yang memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat baik smatphone atau ponsel maupun tablet dengan Flashdisk atau perangkat lainnya. Namun perlu diketahui tidak semua perangkat android, java maupun symbian dapat menjalankan fungsi USB OTG.
Pengertian dan Manfaat USB On The Go (OTG) - hostze.net
Pengertian dan Manfaat USB On The Go (OTG)

USB On The Go atau USB OTG adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai host, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak sebagai host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru. dengan kata lain fitur USB On The Go ini smartphone atau tablet kamu bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop.

Baca Juga:


Cara Menggunakan USB OTG

  1. Pastikan ponsel anda support atau mendukung fitur USB OTG.
  2. Beli kabel USB OTG di toko komputer atau aksesoris ponsel terdekat.
  3. Hubungkan USB OTG ke ponsel dengan perangkat lainnya seperti flashdrive.
  4. Untuk mengakses flashdrive, gunakan file manager.
  5. Setelah selesai, lakukan unmount storage pada flashdrive lalu cabut.

Manfaat Lain USB OTG

  • Menghubungkan Mouse dan Keyboard Wireless pada Ponsel
    Berkat fitur Host Mode, smartphone bisa digunakan sebagai media peripheral. Dengan menghubungkan konektor OTG ke smartphone, kamu dapat menggunakan keyboard dan mouse wireless agar memudahkan kamu mengoperasikan smartphone.

  • Menyalakan Kipas Angin
    Merasa kegerahan saat menggunakan busway dari kantor menuju rumah? Dengan membeli mini-USB fan yang dijual di berbagai online shop, kamu bisa menyegarkan diri di busway dengan bantuan smartphone. Cukup hubungkan mini-USB fan yang kamu miliki ke konektor OTG, dan rasakan segarnya angin sepoi-sepoi yang dihasilkan.

  • Membaca Data Menggunakan Card Reader
    Saat kamu punya banyak foto menarik di SD Card yang kamu gunakan di kamera DSLR tapi lupa membawa komputer, kamu bisa loh langsung membaca data yang ada di dalamnya menggunakan card reader yang dihubungkan ke konektor USB OTG. Jadi sekarang kamu bisa berbagi konten keren kapan dan di mana saja.

  • Mengubah Smartphone Menjadi Power Bank
    Smartphone dengan kapasitas baterai raksasa sudah dipastikan akan awet baterainya. Nah, jika smartphone kamu support USB OTG kamu bisa loh menggunakannya sebagai power bank. Lumayan kan bisa beramal dengan memberikan daya cadangan pada smartphone orang lain? Uniknya lagi, kamu bukan cuma bisa mengisi ulang smartphone lain, tapi juga mengisi gadget seperti Action Cam hingga MP3 Player.

  • Membaca Data di Harddisk Eksternal
    Pengguna komputer pasti akrab dengan yang namanya harddisk eksternal. Pasalnya, perangkat ini sangat bermanfaat untuk menyimpan data-data penting lainnya. Nah, kamu bisa loh membaca data di harddisk eksternal langsung di smartphone menggunakan USB OTG.

  • Berbagai Baterai dan Media Antar Perangkat
    USB OTG yang terhubung antar-smartphone juga bisa dijadikan media berbagi data seperti foto, video dan file musik.

  • Menghubungkan Portable CD Player
    Punya portabel CD Player? Jika iya, kamu bisa membaca data di kepingan CD kapan dan di mana saja dengan menghubungan Portable CD Player ke smartphone lewat konektor USB OTG.

  • Menghubungkan Eksternal Webcam
    Di eranya smartphone selfie terbaik yang terus bermunculan, eksternal webcam barangkali sudah jadi hal yang langka digunakan. Tapi jika kamu punya webcam nganggur, bisa loh digunakan untuk menginspeksi suatu wilayah sempit dan gelap dengan mudah. Cukup hubungkan eksternal webcam milikmu via konektor USB OTG.

  • Menghubungkan LAN ke Smartphone
    Jika smartphone kamu sudah support OTG, kamu bisa lho pake LAN kantor untuk menghubungkan smartphone kamu ke internet. Jadi lebih negbut deh pasti.
Demikian artikel yang berjudul Pengertian dan Manfaat USB On The Go (OTG) semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "Pengertian dan Manfaat USB On The Go (OTG)"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish