10 Game RPG Terbaik Hingga Kini Yang Bikin Kamu Ketagihan!

10 Game RPG Terbaik Hingga Kini Yang Bikin Kamu Ketagihan! - Role Playing Game atau disingkat RPG adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Para pemain memilih aksi tokoh-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir permainan ini.

10 Game RPG Terbaik Hingga Kini Yang Bikin Kamu Ketagihan! - hostze.net
10 Game RPG Terbaik Hingga Kini Yang Bikin Kamu Ketagihan!

Game ber-genre Role Playing Game atau RPG merupakan salah satu genre game yang memiliki banyak peminatnya. Apalagi game-game ini pas banget dimainkan selagi waktu senggang. Hingga saat ini pun, developer tidak ada henti-hentinya dalam merilis game RPG terbaru tiap tahunnya, baik dalam PC, konsol game, dan mobile seperti Android dan iOS. Kali ini saya sudah siapkan 10 list game RPG Terbaik yang dijamin bikin kamu ketagihan bermain. Sebenarnya masih banyak game yang belum saya masukkan seperti monster hunter, the witcher dsb. karena untuk mempersingkat waktu, jika postingan ini ramai mungkin akan saya buat part-2 nya. Oke langsung saja kita ke list game RPG terbaik hingga kini.

Baca Juga :
   10 Game PC Ringan Terbaik Yang Wajib Kamu Coba!
   10 Game Offline Android Yang Dijamin Gak Bikin Bosen, Cobain!
 
  1. Toram Online MMORPG
    Toram Online MMORPG
    Toram Online MMORPG
    Toram adalah game yang cukup populer hingga saat ini. Game ini diterbitkan oleh asobimo.inc dan game ini dibuat oleh creator dari Jepang, game ini merupakan lanjutan dari Iruna. Toram memiliki berbagai macam skill yang bisa kalian kombinasikan sendiri dari skill bertarung, support, pasif dan yang lainnya. dari gabungan skill-skill tersebut akan membentuk sebuah job/class yang kalian ciptakan sendiri. Berikut adalah job/class yang terdapat di toram :
    - Swordman : Memiliki ciri khas dapat menggunakan pedang, pedang tersebut dibagi menjadi one handed sword dan two handed sword. One handed sword bisa dikombinasikan dengan one handed sword lagi (seperti kirito) atau bisa juga dengan knuckle atau shield.
    - Mage : Memiliki ciri khas yaitu kita dapat menggunakan sihir berkekuatan tinggi, kita dapat menggunakan 2 jenis senjata yaitu staff dan magic device yang biasa digunakan untuk farming. Staff bisa dikombinasikan dengan shield.
    - Archer : Memiliki ciri khas kita dapat menyerang musuh dari jarak jauh dengan menggunakan senjata bow atau xbow. Bow dan xbow ini bisa di kombinasikan dengan arrow supaya damage yang diterima musuh besar.
    - Knuckle : memiliki ciri khas dimana kita hanya menggunakan ilmu bela diri dan kemampuan yang cukup kiat untuk bertahan hidup. job ini menggunakan jenis senjata knuckle, bisa juga dikombinasikan dengan one handed sword.
    - Halberd atau Lancer : memiliki ciri khas dimana kita dapat menggunakan tombak untuk menyerang lawan dengan cukup kuat, senjata yang dapat digunakan hanya spear, namun bisa juga di kombinasikan dengan dagger.
    - Samurai : memiliki ciri khas menggunakan katana untuk menyerang lawan.

    Kemudian fitur toram yang lainnya adalah sebagai berikut :
    - Party atau Team : Dimana kita dapat membentuk regu untuk hunting seperti farming atau bossing.
    - Status : Status berfungsi sebagai penguat di karakter, tetapi tergantung karakter apa yang ingin di bangun dan jangan lupa baca kelebihan dari jenis senjata yang digunakan.
    Status di toram kurang lebih sama dengan game MMORPG lainnya, yaitu seperti : STR, INT, DEX, AGI, TECH, MTL, CRIT.
    - Quest atau Misi : Di setiap game kita mengenal quest, quest terbagi menjadi main quest dan sub quest. Main quest adalah quest yang mengikuti skenario dimana kita masuk ke dalam cerita dalam game tersebut. Sedangkan sub quest adalah quest yang dapat di ulang-ulang dimana kita dapat mencari exp (experience).
    - NPC atau Non Player Character : Di setiap game pasti kita tidak asing dengan NPC, NPC biasanya memberikan sub quest, quest di NPC bermacam-macam, maka kamu harus membaca keterangan tersebut.
    - Trade atau Berdagang : Di game ini kita bisa trade dengan player lain, saling menukar item yang dibutuhkan untuk player lain dengan uang in game.
    - Papan atau Board : Tempat dimana kita menjual item ke toko tetapi memakan waktu dan biaya penjualan, yang pasti penjualan di board lebih menguntungkan dari pada dijual ke NPC di market. Ketika kita menjual di board kita dikenakan pajak sebesar 10% dari penjualan, tetapi itu akan dikenakan ketika item yang kita jual laku atau terbeli.

    Keterangan :
    Developer : Asobimo
    Ukuran : 49 MB
    Versi Game : 3.2.75 Update 26 Juni 2019
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google Playstore.
  2. RPG Iruna Online MMORPG
    RPG Iruna Online MMORPG
    Iruna atau lebih lengkapnya Iruna MMORPG adalah sebuah game MMORPG, game yang dapat dimainkan banyak orang di tempat dan waktu yang sama (real time). Seperti game MMORPG lainnya, iruna juga memiliki beberapa fitur yang memudahkan playernya. Berikut ini adalah fitur-fitur dalam iruna :
    - Mail : Fitur mail berfungsi untuk berkirim pesan dengan pemain lain. Mail terdiri dari inbox dan send Mail. Inbox digunakan untuk menerima pesan, send mail untuk mengirim pesan.
    - Items : Tempat semua barang kita terkumpul. Item dapat dibeli di item shop.
    - Character : Tempat untuk mengatur karakter yang kita mainkan.
    - Map : Sebagai petunjuk pemain saat berpetualang ke suatu tempat
    - Job : job di iruna berbeda dengan toram, sistem job disini seperti pohon. Untuk menjadi job yang kita inginkan harus bertahap dari awal, misalnya untuk menjadi gladiator, kalian harus memulainya dari Apprentice Warrior>Warrior>Apprentice Gladiator>Gladiator. Untuk skillnya sendiri kita harus memenuhi suatu persyatan dan melakukan quest, jadi tidak ada yang namanya skill point. Disini juga terdapat spesial job seperti samurai, ninja, minstrel dll.
    - Guild : Grup atau kelompok. Di guild ini kita dapat berbagi informasi, dapat mengambil beberapa item secara gratis melalui guild storage, dapat berpindah tempat ke tempat yang sudah diatur melalui guild portal.
    - Party : Kegiatan sekelompok orang untuk berpetualang bersama. Anggota party hanya sampai 4 orang. Kebanyakan orang melakukan party dengan pasangannya. Ada juga yang melakukannya dengan orang asing, namun kemudian mereka berubah menjadi sepasang kekasih. Maka tak heran jika orang dapat menemukan pacar digame.

    Keterangan :
    Developer : Asobimo
    Ukuran : 23 MB
    Versi Game : 4.9.8E Update 10 Juli 2019
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google Playstore
  3. Final Fantasy
    Final Fantasy - reddit.com
    Final fantasy adalah sebuah permainan video fantasy yang dikembangkan oleh square pada tahun 1987. Permainan ini pertama kali dirilis untuk konsol NES, seiring perkembangan zaman kini final fantasy telah merambat ke pc, playstation, xbox, mobile dsb. Final Fantasy memiliki empat mode dasar, yaitu: peta dunia, peta kota dan dungeon, layar pertarungan, dan layar menu. Peta dunia merupakan skala kecil dari dunia fiksi dalam permainan ini, yang memperbolehkan pemain untuk menggerakkan karakter ke berbagai macam lokasi. Pemain dapat berjalan, menggunakan kano, perahu, dan balon udara untuk bertualang selama permainan berlangsung. Pemain juga akan menjumpai musuh secara acak saat melakukan petualangan. Cerita dalam permainan akan berkembang seiring dengan petualangan pemain di kota maupun dungeon. Beberapa penduduk kota akan memberikan informasi yang berguna, sedangkan yang lainnya akan menjual barang-barang yang berguna bagi pemain. Terkadang di dalam dungeon terdapat barang langka yang tidak dapat ditemukan di toko manapun.

    Menu dalam permainan memperbolehkan pemain untuk memantau exp dan level, memilih equipment yang diinginkan, dan menggunakan item atau sihir. Atribut dasar dari tiap karakter adalah level, yang ditentukan dari jumlah exp yang didapatkan. Karakter mendapatkan exp dengan memenangkan pertarungan.  Pertarungan dalam Final Fantasy berbasis menu, di mana pemain dapat memilih beberapa pilihan untuk dilakukan, seperti: menyerang, menggunakan sihir, atau item. Pertarungan berlangsung bergiliran sampai salah satu pihak melarikan diri atau dikalahkan. Jika pemain berhasil memenangkan pertarungan, maka tiap karakter mendapatkan exp dan gil, jika kabur, maka akan kembali ke layar peta, dan jika tiap karakter dalam party mati, maka permainan akan berakhir dan semua perkembangan yang belum disimpan akan hilang.

    Keterangan :
    Developer : Square Enix
    Series
    : Final fantasy I, final fantasy II, final fantasy III, final fantasy IV, final fantasy V, final fantasy VI, final fantasy VII, final fantasy VIII, final fantasy IX, final fantasy X, final fantasy X-2, final fantasy XII, final fantasy XIII, final fantasy XIII versus, final fantasy XIV
    Versi Game : -
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google Playstore, pc ( steam ), xbox.


  4. Rune Factory 4
    Rune Factory 4 - gematsu.com
    Rune factory adalah sebuah serial permainan video simulasi yang dikembangkan oleh Neverland Co.,Ltd. Untuk konsol-konsol permainan video Nitendo DS, Nitendo 3DS, Wii dan Playstation 3. Rune Factory 4 adalah judul ke-6 dari Rune Factory series, yang mana game ini memiliki kemiripan dengan Harvest Moon. Hanya saja, dalam grafis 3D dan pada Rune Factory 4, gamers bisa menggunakan persenjataan untuk menyerang monster. Game ini dimulai oleh adegan kapal induk karakter diserbu. kemudian secara tidak sengaja, kepala karakter terkena pukulan lalu pingsan dan amnesia. Saat terbangun, tiba-tiba karakter berada di suatu pabrik. Tidak lama setelah sadar, karakter akan dibuang dari kapal induk dan terjatuh di satu kota bernama Selphia.

    Rune factory ini seperti harvest moon dengan versi RPG. Kita harus bisa membangun hubungan baik antara penduduk di game ini. Pada awal permainan, mungkin kita belum merasakan keakraban dari dialog yang muncul, oleh karena itu, gamers harus bisa mengambil hati penduduk dengan berbicara secara rutin atau dengan memberinya hadiah sesekali. Hadiah yang diberikan pun harus bervariasi, ada penduduk yang menyukai benda tertentu, namun penduduk lainnya tidak menyukai benda itu. Kalian bisa memainkannya melalui emulator citra atau sejenisnya.

    Keterangan :
    Developer : Neverland
    Ukuran : 1.36 GB
    Versi Game : -
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google.


  5. Honkai Impact 3
    Honkai Impact 3
    Kalau kamu termasuk penggemar JRPG, Honkai Impact 3 wajib banget kamu coba. Secara keseluruhan, keseruan dan pengalaman bermain game ini layak disandingkan dengan action RPG atau JRPG versi konsol atau pun PC. Kamu pasti bakal ketagihan main game ini sampai lupa waktu.

    Grafis keren layaknya anime, para seiyuu kelas kakap, dan karakter-karakter kawaii tentunya menjadi nilai plus untuk Honkai Impact 3, terlepas dari kurang variatifnya musuh dalam game ini. Bisa dibilang, game ini adalah paket yang cukup lengkap untuk sebuah RPG mobile. Nah, Kamu udah pernah mainin Honkai Impact 3? Kalau belum, cobain aja main sekarang.

    Keterangan :
    Developer : miHoYo
    Ukuran : 800 MB
    Versi Game : 3.2.0 Update 3 Juli 2019
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google Playstore


  6. Ragnarok Eternal Love
    Ragnarok Eternal Love
    Ragnarok Eternal Love
    Grafik yang hadir di Ragnarok M: Eternal Love bisa dibilang sangat segar untuk ukuran game mobile. Kamu bisa melihat detail elemen dalam game yang tidak akan kamu temukan dalam game mobile lain. Mengusung tema kartun 3-D memang menjadi pilihan yang baik. Di samping mengikuti tema grafik pada Ragnarok Online, tema kartun masih menjadi pilihan populer untuk game online mobile saat ini. Mengacu pada Ragnarok Online versi PC, Ragnarok M: Eternal Love juga menerapkan font angka damage yang mirip dengan Ragnarok Online. Cita rasa klasik dari Ragnarok Online ini sepertinya coba dipertahankan oleh Gravity dan Xindong.

    Dengan segala fitur dan mekanisme yang ada di dalamnya, Ragnarok M: Eternal Love memberikan sebuah pengalaman RPG yang berbeda. Dilihat dari jumlah pemainnya, game ini sedang menjadi pilihan populer di kalangan gamers mobile di server Asia Tenggara. Singkatnya, Ragnarok M: Eternal Love menjadi pilihan yang sangat baik saat ini. Apalagi buat kamu yang ingin merasakan sensasi RPG klasik yang masih mempertahankan ciri khas versi PC-nya yang sempat berjaya beberapa tahun silam. Kabar barunya adalah Ragnarok M: Eternal Love akan membuka server baru!

    Keterangan :
    Developer 
    : Gravity
    Ukuran : 1,5 GB
    Versi Game : 1.0.9 Update 24 Arpil 2019
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google Playstore
  7. Black Desert Online
    Black Desert Online - skyegrid.id
    Kesuksesan terbesar dari Black Desert Online sendiri adalah pengalaman tanpa adanya batasan yang ditawarkannya. Tidak ada variasi misi yang cukup serius dan dungeon berbahaya untuk dijelajahi. Jadi, setiap pemain bisa mengikuti quest dan ragam aktifitas selayaknya pemain dengan level tinggi sekalipun. Ekplorasi dan crafting juga cukup rewarding, karena game ini memberikan kesempatan terbuka bagi setiap pemain untuk mendapatkan nama dan popularitas dalam kelompok.

    Kamu bisa melakukan ragam aktifitas dasar untuk bertahan hidup seperti berternak, memancing, bekerja di ladang, hingga merawat kuda. Terdengar cukup menyimpang dari ekpektasi memang, tapi unsur kehidupan nyata dari game ini bahkan bisa disamakan dengan anime ber-genre fantasi. keseluruhan sistem yang ditawarkan akan menjadi lebih kompleks seiring berjalannya waktu, jadi tidak heran jika beberapa pemain merasa sedikit frustasi.

    Beralih ke sistem combat, Black Desert Online menawarkan variasi kontrol yang sama dari setiap class. Hanya saja, posisi dan cara bermainnya saja yang harus disesuaikan. Contohnya seperti class ranged, dimana mengatur jarak adalah hal yang harus diperhatikan. Tapi karena kemudahan dalam mengeksekusi kombo jarak dekat hingga jauh dengan normal dan special attack, kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan mekanisme gameplaynya.

    Keterangan :
    Developer 
    : Pearl Abyss
    Ukuran : +27 GB
    Versi Game : -
    Kalian bisa mengunduh gamenya di situs Black Desert SEA


  8. Fate Grand Order
    Fate Grand Order - kotaku.com
    Fate / Grand Order adalah RPG turn-based. Pemain mengambil peran "Master" dan memimpin sekelompok individu yang disebut "Servants" yang biasanya tokoh sejarah, sastra, dan mitologis dari berbagai budaya. Pemain memerintahkan suatu party yang terdiri dari hingga 6 Servant di setiap pertempuran, 3 anggota aktif dan 3 anggota cadangan. Di setiap turn, pemain diberikan satu set 5 Kartu Perintah dan dapat menggunakan hingga 3 kartu untuk menyerang.

    Setiap Servant memiliki 5 kartu yang dapat digunakan pemain. Kartu untuk semua servant di field dikocok dan dibagikan kepada pemain setiap turn. Kartu memiliki tiga jenis: Buster (serangan berat), Arts (serangan sedang yang mengisi ukuran untuk "Noble Phantasm" Servant), dan Quick (serangan ringan yang menghasilkan Bintang Kritis yang meningkatkan kemungkinan serangan kritis pada giliran berikutnya) . Jika tiga kartu serupa digunakan dalam satu giliran, mereka menciptakan "chain" yang memberikan bonus berdasarkan pada properti kartu. Jika tiga kartu yang semuanya terkait dengan servant yang sama dipilih, maka "brave chain" akan terjadi, menghasilkan serangan ekstra, lebih kuat, yang ditambahkan diakhir. Setiap servant juga memiliki keterampilan yang dapat digunakan sebelum menggambar Kartu Perintah; setiap skill memberikan efek dalam pertempuran, serta kartu perintah khusus yang disebut "Noble Phantasm" yang muncul ketika gauge penuh. "Master" juga memiliki seperangkat keterampilan dan kemampuan khusus yang disebut "Command Spell." Command Spell memiliki berbagai efek dan pengisian ulang berdasarkan waktu dunia nyata.

    Keterangan :
    Developer 
    : Aniplex
    Ukuran : 65 MB
    Versi Game : 1.30.0 Update 3 Juli 2019
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google Playstore
  9. Sword Art Online: Integral Factor
    Sword Art Online: Integral Factor - apkpure.com
    Dalam Integral Factor, kamu tidak berperan sebagai Kirito atau karakter lainnya melainkan dengan karakter buatanmu sendiri. Karaktermu adalah seorang Beta Tester yang sempat mencoba bermain Sword Art Online dan bertemu dengan seorang gadis bernama Koharu. Setelah sesi beta test berakhir, kamu akan kembali dipertemukan dengan Koharu, Klein dan Kirito. Namun tak lama setelah itu, game kematian SAO dimulai dengan pengumuman dari Akihiko Kayaba.

    Integral Factor menawarkan gameplay yang cukup solid dengan kontrol yang mudah serta gameplay yang menarik. Kamu bisa memperkuat senjata di blacksmith, serta memperkuat partnermu Koharu dengan memberikannya equip dan senjata-senjatamu. Sword Skill dibagi untuk 5 senjata yaitu Sword, Rapier, Spear, Axe dan Mace. Sayangnya, kamu mendapatkan Sword Skill bukan lewat Skill Tree building melainkan lewat Gacha untuk mendapatkan skill tertentu.

    Keterangan :
    Developer 
    : Bandai Namco
    Ukuran : 41 MB
    Versi Game 
    : 1.2.9 Update 7 Juli 2019
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google Playstore
  10. Errant: Hunter Soul
    Errant: Hunter Soul - pinterest.com
    Errant: Hunter's Soul dikembangkan dalam waktu 3 tahun berdasarkan merek Monster Hunter yang populer. Game ini menggunakan perspektif 3D dengan teknologi grafis generasi baru yang surealis untuk menciptakan gameplay yang fantastis. Para pemain nanti akan bergabung dengan sebuah tim yang terdiri dari 4 orang, nantinya jika kalian telah membuat tim tersebut, maka para pemain akan melakukan sebuah tugas untuk melakukan perburuan dan bertarung melawan monster.

    Dalam permainan ini, para pemain juga akan menemukan beberapa jenis senjata yang akan kalian gunakan, yaitu Gauntlets, Warblade, Longbow, Staff, Broadsword, Dual Swords dan Pike. Bahkan, dalam penggunaan senjata yang terdiri dari 7 macam jenis tersebut akan memiliki keterampilannya masing-masing, jadi setiap penggunaan senjata yang kalian pilih akan berpengaruh untuk melawan atau berburu monster.

    Keterangan :
    Developer 
    : Longcheng
    Ukuran : 2 GB
    Versi Game 
    : 1.1.800 Update 16 April 2019
    Kalian bisa mengunduh gamenya di Google Playstore
Nah itu tadi adalah list game RPG terbaik, menurut kamu mana di antara 10 list di atas yang paling terbaik komen di bawah ini.

Demikian artikel yang berjudul 10 Game RPG Terbaik Hingga Kini Yang Bikin Kamu Ketagihan! semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.