Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Cara Cepat Menjadi Kaya Di Toram Online!

Cara Cepat Menjadi Kaya Di Toram Online! - RPG atau yang biasa dikenal dengan Role Playing Game adalah sebuah permainan yang para pemainnya memainkan peran para tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Salah satu genre game yang tidak akan ada matinya. Seiring berjalannya waktu, genre game di dalam RPG ini pun semakin berkembang pula. Ada MMORPG, JRPG, ARPG, CRPG, Dan lain-lain. Toram Online adalah salah satunya.
Cara Cepat Menjadi Kaya Di Toram Online! - hostze.net
Cara Cepat Menjadi Kaya Di Toram Online!

Toram Online adalah sebuah game bergenre MMORPG (Massive Multiplayer Online Role-Playing Game) yang dibuat oleh developer Asobimo. Toram Online adalah game lanjutan alias spin-off dari pendahulunya yaitu Iruna Online. Yang saya suka dari game ini adalah, game ini 100% Freedom. Alias, kalian bisa jadi apa dan siapa saja di dunia Toram Online ini. Kalian bisa jadi Pedagang, Pandai Besi, Alkimia, Atau sekedar adventurer biasa. Salah satu unsur terpenting dalam game ini adalah Spina.


Toram Online
Tetapi biasanya pemain-pemain baru akan sedikit kesulitan untuk mendapatkan spina (Nama mata uang nya) di dalam game ini. Karena game ini benar-benar No clue dan semua nya harus dijelajahi oleh pemain itu sendiri. Nah, maka dari itu saya kali ini akan memberikan tips dan cara bagaimana kalian para pemain baru bisa mendapatkan spina yang lebih banyak daripada main quest.

Baca Juga:

Cara Cepat Menjadi Kaya Di Toram Online!
  1. BERDAGANG !

    Papan Market
    Yap, tentu saja jika kalian ingin mendapatkan banyak spina, kalian harus bisa berdagang. Mulai dari berdagang equipment, item material, ataupun item usable seperti revita (Penambah darah). Karena artikel ini ditujukan untuk pemain yang baru memulai, maka akan saya jelaskan sedikit bagaimana caranya berdagang di game Toram Online ini. Kalian bisa berdagang di dalam game ini dengan 2 macam metode:

    * Melalui Market Board = Papan penjualan yang biasanya terletak di save point seperti sofya, el scaro, einklang, atau hora diomeda. Jika kalian berjualan melalui papan ini, kalian akan dikenakan pajak. Jadi semisal kalian menjual 1 stack item, kalian akan dikenakan pajak sebesar 500 spina. begitu pula seterusnya. Semakin besar harga jual, semakin besar pula pajak nya.

    * Melalui Fitur Trade = Fitur trade ini awalnya ditujukan untuk tukar barang sesama player, tetapi ada pula player yang menggunakan fitur ini untuk berjualan. Tentunya berjualan dengan alat tukar mata uang spina ya.. bukan menggunakan uang asli. Karena metode berdagang ini tidak menempatkan barang kamu di market, otomatis kamu harus bisa mencari customer atau pelanggan kamu sendiri. Tapi sebelumnya kalian harus hati-hati karena banyak sekali pemain yang sudah terkena scam karena bertransaksi menggunakan metode ini. Alangkah baiknya jika kalian memiliki Mid-man (Penengah) agar transaksi berjalan aman

    Job apa yang biasa digunakan untuk berdagang?

    Dalam game Toram Online sebenarnya tidak ada keterikatan job seperti di game mmorpg lainnya. Di game ini kalian bebas memadu padankan skill dan juga equipment yang ingin kalian gunakan. Sebenarnya hal ini bukanlah urusan job, tetapi "item apa yang ingin kalian jual". Apabila kalian ingin menjual item yang di jatuhkan oleh mob (monster kecil) maka kalian perlu job dengan skill area effect dan juga status LUK drop item yang tinggi. LUK sendiri adalah status tambahan yang bisa kalian dapatkan setelah kalian berhasil mencapai level 40.

    * Mage LUK=Job ini biasa disebut juga Mage farm. Yaitu job mage yang memang dikhususkan untuk farming monster-monster kecil dengan drop item yang bisa dibilang lumayan harga jualnya. Status dari job ini biasanya full LUK dan juga INT. Skill yang biasa digunakan banyak player adalah combo Impact-Storm-Mp Charge. ada 2 tipe player dalam menggunakan job Mage LUK ini yaitu yang menggunakan Staff dan yang menggunakan Magic Device. Kalian bisa menggunakan Magic Device apabila ingin area skill storm kalian luas (Tetapi damage kecil) dan kalian bisa menggunakan Staff apabila ingin damage kalian besar (Tetapi area skill kecil).

    * Helberd LUK = Job ini terbilang baru di game ini karena jarang ada yang menggunakannya. Tetapi saya sarankan apabila kalian mengincar drop item dari monster dengan level besar karena job yang satu ini memadukan status STR dan juga LUK.

    Item apa saja yang biasa di jual?

    Papan Market
    Ada banyak sekali item yang bisa kalian jual di dalam game ini. Mulai dari item mob biasa, sampai dengan equipment dengan tempaan kelas tinggi dengan tambahan crysta. Tapi apabila kalian yang baru saja memulai, alangkah baiknya kalau kalian memulai dengan yang mudah terlebih dahulu. Berikut adalah daftar item yang bisa kalian jual:

    1. Kacang Pahit - Shell mask

    Harga Kacang Pahit
    Yang pertama adalah Kacang pahit. Item ini bisa kalian dapatkan dari mob Shell mask yang ada di gunung nisel. Kenapa item ini dijual? karena Kacang pahit adalah salah satu syarat side quest NPC di kota sofya dengan reward exp yang lumayan besar.

    Side Quest Kelezatan Rahasia
    Nah, Kacang pahit ini biasa dibeli oleh para Sultan-sultan untuk menaikkan level character nya yang masih rendah. Per tanggal 19 Juli 2019 harga kacang pahit berkisar diantara 4000-6000 spina. saya sarankan jangan jual dibawah harga pasaran hanya karena ingin cepat laku. Karena itu bisa merusak harga pasar.

    2. Sayap Burung - Beak

    Harga Sayap Burung
    Yang ke 2 adalah Sayap Burung. Nah, item ini yang biasanya menjadi kesukaan para pemain baru untuk mendapatkan spina. Karena dirasa mudah, dan juga cepat laku. Kalian bisa mendapatkan drop item Sayap burung dari mob Beak yang ada di Kastil runtuh. Item ini banyak juga dicari pembeli karena item ini digunakan untuk crafting equipment "Adventure's garb". Per tanggal 19 Juli 2019 harga Sayap burung berkisar antara 5000-7000 spina. saya sarankan jangan jual dibawah harga pasaran hanya karena ingin cepat laku. Karena itu bisa merusak harga pasar.

    3. Nektar - Pova

    Ngarai Lonogo - Pova
    Selanjutnya ada item yang bernama Nektar yang bisa kalian dapatkan dari mob bernama Pova yang ada di Ngarai Lonogo, Tempat ini biasa ramai sekali oleh para farmer. Karena item Nektar ini selain harga nya yang lumayan, item ini juga sangat diperlukan. Nektar biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat Revita (Item penyembuh HP). Per tanggal 19 Agustus 2019 harga Nektar berkisar antara 11000-13000 spina. saya sarankan jangan jual dibawah harga pasaran hanya karena ingin cepat laku. Karena itu bisa merusak harga pasar.

    4. Bijih Besi - Ruined Rat

    Kanal Bawah Sofya - Ruined Rat
    Di list yang ke-4 ada Bijih besi. Kalian bisa mendapatkan item ini dari mob yang bernama Ruined Rat yang berada di Kanal bawah sofya. Sebelum kalian bisa memasuki map ini, kalian harus membunuh boss yang bernama Gespenst terlebih dahulu. Bijih baja juga merupakan salah satu item farm favorit player karena selain mudah dan gampang di dapat, harga item ini juga lumayan. Bijih baja biasa digunakan untuk menempa perlengkapan. Jadi, item ini bisa dibilang cukup penting. Harga kisaran dari bijih besi ini per tanggal 18 Juli 2019 adalah 22000-26000 spina. Tetapi semenjak update hari ini tanggal 19 Juli 2019 harga nya meningkat.

    Harga Bijih Besi 19 Juli 2019
    Saya tidak tahu apakah harga nya akan stabil seperti itu atau tidak, karena setiap hari harga di market selalu berubah-ubah. saya sarankan jangan jual dibawah harga pasaran hanya karena ingin cepat laku. Karena itu bisa merusak harga pasar.

    5. Kristal Teror - Nightmare Roar

    Makam Ratu Kuno Area 3 - Nightmare Roar
    List yang terakhir ada Nightmare Crystal (Kristal Teror) yang bisa kalian dapatkan dari mob Nightmare Roar di Makam Ratu Kuno Area 3. Item ini adalah mid-level farming jadi akan sedikit susah apabila char Mage Farm kamu masih level rendah. Karena Nigjhtmare roar ini agak susah dibunuh apabila status INT kalian rendah. Nightmare Crystal ini biasa dibeli untuk leveling. Yap, item yang 1 ini adalah syarat menyelesaikan side quest Lefina yang ada di kota sofya dengan imbalan exp 300.000 exp. Lumayan besar yaaa... jadi karena hal itulah Nightmare Crystal ini banyak dicari oleh pemain lain.

    Side Quest Harga Diri Puteri - Lefina
    Kamu harus menyelesaikan Main Quest Bab 3 terlebih dahulu untuk membuka side quest ini dan setidaknya kamu harus level 50 atau lebih. Per tanggal 18 Juli 2019 harga Nightmare Crystal berkisar antara 13000-16000 spina. saya sarankan jangan jual dibawah harga pasaran hanya karena ingin cepat laku. Karena itu bisa merusak harga pasar.
  2. Menjadi Seorang Re-Seller!

    Re-Sell Item
    Cara yang ke dua untuk menjadi cepat kaya di game Toram Online adalah dengan menjadi seorang Re-Seller. Yap, siapa bilang seorang Re-Seller cuma ada di dunia nyata? Di dunia game ini juga ada kok. Apabila kalian ingin menjadi seorang Re-Seller, tentu saja kalian membutuhkan sebuah modal. entah itu dengan cara berdagang seperti yang sudah saya jelaskan, ataupun modal spina dari menyelesaikan Main Quest. Cara ini terbilang cukup unik karena kerjaan kalain setiap hari hanyalah memantau papan. Se-simple itu. Karena kalian adalah seorang Re-Seller, kalian harus sering memantau papan dan melihat jika ada sebuah barang yang di jual "Terlalu murah". Lalu kalian bisa menjual barang itu kembali dengan harga pasaran. Saya sering melakukan cara ini apabila melihat equipment yang bagus, tapi dijual dengan harga murah. Entah itu sengaja dijual murah ataupun penjual sebelumnya yang salah memasukkan harga. Kamu harus memiliki kesabaran dan ketelitian yang ekstra jika ingin menjadi seorang Re-Seller.

    Jual Lebih Mahal
    Seperti yang tertera di gambar 1, saya menemukan sebuah equipment yang dijual dengan harga 21000. Equipment kosongan dengan potensi tempa 65pt. Tentu saja langsung saya beli, dan saya jual kembali dengan harga 35000 spina (Harga pasaran pedang fluck kosongan). Walaupun terbilang lama dan harus punya kesabaran ekstra, keuntungan menjadi seorang Re-Seller ini lumayan juga lohhh......
  3. Membunuh Metal Stinger

    Gurun Akaku - Metal Stinger
    Pada tanggal 19 Juli 2019 Asobimo telah melakukan update pada Game Toram Online. Sebagai perayaan Ulang Tahun Toram Online yang ke-4 tahun, ada banyak sekali fitur yang ditambahkan oleh asobimo pada update kali ini. Beberapa fitur baru diantara nya adalah: Last Whisper, Last Mood Message, Ekspresi Merangkak, Dan Fitur Quest Tumpuk. Nah, yang akan kita bahas adalah fitur Quest Tumpuk. Fitur ini adalah fitur baru yang dihadirkan di Game Toram Online yang memungkinkan kita sebagai Player untuk menumpuk quest. istilah mudah nya adalah kita hanya perlu mengambil quest 1 kali saja lalu kita bisa langsung melaporkan banyak quest yang sudah kita selesaikan. Lalu apa hubungannya dengan Miniboss Metal Stinger?

    NPC Quest Ravagne - El Scaro
    Salah satu side quest di El Scaro tepatnya pada NPC bernama Ravagne, ada sebuah misi yang berjudul "Kesalahan Pemabuk" yang mengharuskan kita membunuh Metal Stinger di Gurun Akaku. Sebenarnya Reward dari side quest ini tidak banyak. bahkan bisa dibilang kecil. Tetapi karena pada update kali ini ada fitur Quest Tumpuk, banyak player yang menggunakannya sebagai lahan mencari spina. Reward dari quest ini adalah Revita III, 3000 spina dan juga exp. Nah, dengan adanya Quest Tumpuk pada update ini, kalian hanya harus melakukan pengambilan quest satu kali saja, lalu kalian bisa membunuh 100 Metal Stinger (Maksimal nya 100), dan kalian bisa langsung melaporkan 100 quest nya secara bersamaan. jadi total reward yang akan kalian dapatkan adalah 3000 spina x 100 Metal stinger = 300.000 Spina dan juga exp sebesar 3.000.000 exp. Jadi kalian bisa mencari spina sembari melakukan leveling.

    Banyak player yang mengkhawatirkan terjadinya inflasi pada game apabila quest ini terus diadakan. Tetapi semua kebijakan kembali lagi pada pihak developer yaitu Asobimo. Beruntunglah kalian yang masih sempat membaca Cara yang terakhir ini sebelum quest nya di nerf atau fitur quest tumpuk nya yang di tutup ^^

Bagaimana dengan cara yang sudah dijelaskan? apakah kamu sebagai pemain baru tertarik untuk mencoba nya? Yang terpenting adalah jaga komunitas game nya, karena kalau komunitas nya sudah rusak, game nya juga ikutan jadi rusak.

Demikian artikel yang berjudul Cara Cepat Kaya Di Toram Online! Semoga dapat menambah wawasan dan juga memberikan manfaat bagi kamu yang baru saja mulai bermain game Toram Online ini. Apabila ada kritik, saran, dan request kalian bisa langsung tuliskan di kolom komentar. Terimakasih ^^

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "Cara Cepat Menjadi Kaya Di Toram Online!"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish