5 Cara Mudah Menganalisis Peluang Usaha Anda

5 Cara Mudah Menganalisis Peluang Usaha Anda - hostze.net
5 Cara Mudah Menganalisis Peluang Usaha Anda


5 Cara Mudah Menganalisis Peluang Usaha Anda - Sebelum memulai berbisnis ada baiknya Anda melakukan beberapa pertimbangan. Hal ini bertujuan agar bisa menjalankan bisnis sesuai rencana serta mendapatkan keuntungan secara maksimal. Maka dari itu, ada baiknya untuk menganalisis peluang usaha terlebih dahulu.


Cara Mudah Menganalisis Peluang Usaha

Sebelum terjun di dunia bisnis, ada baiknya untuk melakukan analisis pada berbagai hal. Beberapa di antaranya ialah lokasi, jenis usaha, harga, dan masih banyak lagi. Berikut informasi mengenai cara mudah menganalisis peluang agar menghasilkan keuntungan:

1. Membuat List Peluang Usaha

Cara pertama untuk melakukan sebuah usaha ialah dengan menganalisisnya terlebih dahulu. Tuliskan beberapa daftar bisnis yang ada di benak Anda secara jelas seperti misalnya usaha ayam geprek, berjualan baju anak usia 0 hingga 6 tahun, dan seterusnya.

Setelah menuliskan daftar peluang usaha yang mungkin akan Anda lakukan, pilah sesuai dengan minat terbesar. Hal ini bertujuan agar lebih bersemangat dan juga fokus untuk mengembangkan dan memperbesar satu bisnis terlebih dahulu hingga sukses.

2. Melakukan Analisis SWOT

Salah satu teknik analisis yang cocok untuk usaha ialah SWOT. Singkatan dari Strengths (Kekuatan/kelebihan), Weaknesses (kelemahan/kekurangan), Opportunities (peluang), dan Threats (hambatan/masalah). Cara ini merupakan yang termudah untuk dilakukan.

Teknik analisis SWOT ini bisa dimulai dengan pertanyaan 5W+1H yaitu what, why, when, where, who, dan juga how. Masukkan jawaban ke masing-masing opsi SWOT di atas dalam membantu menentukan peluang usaha terbesar dan terbaik untuk dicoba.

3. Melakukan Percobaan

Jika sudah menemukan satu usaha yang sekiranya akan memberikan peluang keuntungan tinggi, maka mulailah mencoba membuat atau memulainya. Seperti misalnya apabila berminat berjualan makanan bisa membuat tester atau percobaan terlebih dahulu dalam jumlah sedikit.

Setelah berhasil membuat percobaan, tanyakanlah kepada beberapa teman atau kerabat yang Anda percaya opininya mengenai hasil tersebut. Pastikan untuk meminta review jujur dan membangun supaya bisa melakukan pengembangan dan perbaikan ke arah lebih baik.

4. Menerima Kritik dan Saran

Salah satu faktor penting dalam menganalisis peluang usaha ialah dengan mau menerima kritik dan saran dari hasil percobaan. Hal ini sangat penting mengingat opini dari orang lain yang kompeten tentu bisa membangun serta mengembangkan usaha jadi lebih baik.

Pastikan hanya memerhatikan kritik dan saran yang membangun saja supaya tidak menghabiskan banyak waktu untuk mendengarkan opini menjatuhkan. Berikan jawaban dan tanggapan secara sopan untuk menghormatinya dan sebagai rasa terima kasih. 

5. Memperhitungkan Modal dan Biaya Produksi

Sering kali Anda melupakan bagian terpenting dari sebuah usaha yaitu perhitungan modal dan biaya produksi. Lakukan penelitian dengan melakukan pencarian dari harga termurah dengan memperhitungkan ongkos perjalanan, pengemasan, pembuatan, dan juga pengiriman.

Pastikan harga yang Anda pasang sudah mencakup semua termasuk keuntungan sehingga tidak hanya lelah berbisnis tanpa ada perhitungan. Jika Ingin sukses serta untung besar dalam berbisnis maka lakukan analisis mengenai bagian ini dengan serius dan hati-hati.

Dalam memulai bisnis sebaiknya Anda melakukan analisis peluang usaha terlebih dahulu agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal serta menekan kerugian seminimal mungkin. Selain itu, perencanaan yang bagus, matang, serat terarah juga akan menambah profit usaha.


Demikian artikel singkat mengenai 5 Cara Mudah Menganalisis Peluang Usaha Dengan Mudah. Semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang berminat memulai bisnis baik sendiri maupun kerja sama. Lakukan analisis dengan sungguh-sungguh agar hasilnya tidak mengecewakan. 

Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.