Penjelasan Lengkap Mengenai Email

Penjelasan Lengkap Mengenai Email - Saat ini ilmu teknologi telah berkembang pesat dan mempengaruhi kehidupan kita di berbagai bidang termasuk dalam hal berkomunikasi. Pada zaman dahulu mengirim surat kepada orang lain dilakukan dengan menulis pada selembar kertas, lalu mengirimnya melalui layanan pos atau yang sejenisnya. Berbeda dengan sekarang, kita bisa mengirim surat dengan mudah dan cepat yaitu dengan menggunakan email.
Penjelasan Lengkap Mengenai Email - hostze.net
Penjelasan Lengkap Mengenai Email

Email atau surat elektronik adalah suatu sarana untuk mengirim dan menerima surat atau pesan dengan format digital melalui jalur jaringan komputer dan internet. Pesan digital atau surat elektronik tersebut dapat dibuat dan dikirim ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer atau laptop dan gadget lainnya, seperti smartphone dan tablet yang terhubung dengan internet.

Dengan Email mengirim pesan atau surat akan lebih menghemat waktu karena hanya memerlukan beberapa menit surat atau pesan kita sampai tujuan dan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti mengirim surat atau pesan biasa (pos). Isi surat atau pesan pada Email dapat kita isi dengan konten gambar atau suara dan vidio. Email tidak hanya digunakan untuk mengirim surat atau pesan saja,tapi juga diperlukan sebagai persyaratan untuk mendaftar Facebook, twitter, blogger dan lain-lain.

Baca Juga:

Apa Itu VPN?
Pengertian dan Manfaat USB On The Go (OTG) 
Penjelasan Enkripsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Email Menurut Para Ahli

  • Happy Chandraleka
    Email adalah suarat yang disampaikan lewat perangkat elektronik yang disebut komputer.

  • Ali Zaki dan Smitdev Community
    Email adalah surat elektronik yang dapat memungkinkan semuar orang bisa saling kirim pesan dengan adanya jaringan internet.

  • Tyas Vanneza
    Email adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.

  • Jasmadi dan E-media Solusindo
    Email yaitu singkatan dari electronic mail. Email merupakan metode kirim pesan secara elektronik dengan internet.

  • Erima Oneta dan Yosep. S
    Email ialah salah satu fasilitas internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Melalui e-mail kita bisa menyusun, mengirim, membaca, membalas serta mengelola pesan secara elektronik, mudah, tepat, cepat serta aman.

  • Darma, Jarot S, Shenia A
    Email yaitu singkatan dari electronic mail, yang memiliki prinsip kurang lebih sama seperti kita berkirim surat, hanya saja melalui internet bukan pos.

  • Jack Popo
    Email merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk berbagi foto lewat internet. Yang dibutuhkan dalam melakukan hal ini yaitu koneksi internet dan sebuah account email yang aktif.

  • Indar Kertarajasa Furqon
    Email adalah singkatan dari electronic mail yang jika diartikan dalam bahasa indonesia berarti surat elektronik. Sesuai dengan namanya, email dipakai untuk melakukan kegiatan surat-menyurat melalui jaringan internet.

Cara Kerja Email

Sebenarnya cara kerja email ini cukup sederhana. Sama seperti ketika kita menulis surat kepada orang lain. Bedanya, dengan email kita bisa mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang ingin kita kirim juga. Berikut cara kerjanya:
Cara Kerja Email
  1. Pertama pemilik email harus membuka emailnya dan kemudian menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
  2. Selanjutnya, pengguna email tersebut memberikan instruksi pada aplikasi email untuk mengirimkan pesan pada alamat email lainnya.
  3. Email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang lokasinya dekat dengan alamat tujuan. Terkadang sebuah email dikirim melalui beberapa email server, tergantung rute yang dilaluinya.
  4. Ketika pesan email terkirim ke alamat penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan di email server hingga si penerima membukanya.
  5. Saat penerima membuka pesan di kotak masuk, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang ada pada email server lalu mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.
  6. Setelah itu, penerima email dapat melihat dan membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.

Fungsi dan Manfaat Email

Berdasarkan penjelasan dari pengertian email di atas, maka dapat disimpulkan bahwa fungsi atau manfaat email secara umum adalah untuk mengirim dan menerima pesan.
  • Mengirim dan Menerima Pesan
    Untuk mengirim dan menerima pesan email di manapun berada saat ada gadget dan jaringan internet merupakan kegunaan email yang paling umum. Pesan tersebut bisa dikirim ke tujuan dengan waktu yang sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik sudah sampai. Kecepatan pengiriman tersebut tentunya dipengaruhi oleh kecepatan internet, baik dari si pengirim maupun si penerima.

  • Mengirim dan Menerima File
    Selain mengirim pesan, email juga dapat digunakan untuk mengirimkan berbagai macam jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu, baik dalam bentuk foto, audio, video, teks, dan lain-lain. File tersebut biasanya ditambahkan dalam lampiran (attachment).

  • Sebagai Identitas Diri
    Email juga dapat digunakan sebagai identitas diri kita di internet, di mana orang lain bisa menghubungi kita dengan menggunakan alamat email yang kita miliki. Di berbagai aspek, penggunaan email bagi setiap orang sudah menjadi hal yang wajib. Email seringkali dijadikan syarat mutlak untuk proses aktivasi berbagai macam layanan digital, sebagai contoh untuk aktivasi layanan berlangganan surat, aktivasi smartphone dan yang lainnya.

  • Email Untuk Mendaftar di Berbagai Situs
    Saat ini bagi sebagian besar website, memerlukan email penggunanya supaya dapat melakukan aktivitas di website tersebut. Misalnya situs media sosial, situs e-commerce, situs forum, game online dan berbagai macam layanan yang lain yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftarkan email yang dimilikinya. Hal itu dikarenakan beberapa layanan website tersebut memerlukan verifikasi dari penggunanya, dan ini hanya dapat dilakukan apabila pengguna mempunyai alamat email yang valid.

  • Email Untuk Media Pemasaran
    Pemasaran online saat ini banyak dilakukan dengan memanfaatkan email. Dan sebagian besar pebisnis online melakukan pemasaran melalui email untuk meningkatkan penjualan. Pemasaran melalui email merupakan salah satu pemasaran online yang paling tua. Dan hingga saat ini email marketing masih termasuk jenis pemasaran online yang sangat efektif.

Jenis-Jenis Email

Mengacu pada pengertian email di atas, email dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu POP mail, Webmail, dan forward mail. Berikut penjelasan ketiganya:
  1. POP Mail
    POP mail (Post Office Protocol) adalah jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

  2. Webmail
    Webmail adalah email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya maka ia harus membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

  3. Forward Mail
    Forward mail adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email.
Demikian artikel yang berjudul Penjelasan Lengkap Mengenai Email semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.