Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019

15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019 - Setelah sebelumnya kita membahas tentang Pengertian Dari Linux, hari ini mimin berkesempatan untuk menulis artikel tentang 15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019, sedikit penjelasan bagi yang belum mengetahui apa itu Linux, Linux adalah sistem operasi yang open source dan sangat pesat perkembangannya.
15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019 - hostze.net
15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019

Ngomong-ngomongin linux, apakah kalian tahu apa itu distro linux? Distro linux adalah linux yang dikembangkan dan di distribusikan oleh para developer maupun komunitas. Ok tanpa perlu basa-basi lagi langsung saja disimak tulisan di bawah ini tentang 15 distro linux terbaik di tahun 2019.

Macam - Macam Distro Linux

  1. Red Hat
  2. Salah satu distro linux yang dikembangkan oleh perusahaan Red Hat inc. Pada tahun 2003, Red Hat mengganti namanya menjadi Red Hat Enterprise Linux khusus untuk perusahaan. itulah kenapa, Red Hat kini menjadi berbayar.

  3. Manjaro
  4. Manjaro adalah salah satu distro linux yang berbasis dari arch linux, dan menggunakan tampilan desktop XFCE. Walaupun namanya tak familiar distro linux yang bernama manjaro ini menduduki peringkat ke-2 di distrowatch.

  5. CentOS
  6. Kepanjangan dari Community Enterprise Operating System, salah satu distro linux yang dikembangkan oleh The CentOS Project. Sistem operasi ini dibuat menggunakan kode sumber yang berasal dari Red Hat. Itulah kenapa tampilan pada CentOS ini sangat mirip dengan Red Hat.

    OS yang sangat banyak di pakai untuk keperluan server ini telah menduduki urutan ke-14 pada tahun 2019 ini di Distrowatch.

  7. Fedora
  8. Salah satu distro linux yang dikembangkan karena disponsori dan didukung oleh Red Hat namun dibuat oleh tim khusus bernama Fedora Project. Bahkan nama Fedora ini diambil dari salah satu karakter dalam logo Red Hat itu sendiri.

  9. OpenSUSE
  10. OpenSUSE Project selaku pihak pengembang menciptakan sistem operasi ini dengan tujuan agar penggunaan Linux dapat lebih maju dengan kinerjanya yang stabil dan ramah pengguna.

  11. Ubuntu
  12. Ubuntu merupakan suatu sistem operasi yang berbasiskan pada Debian dan dikembangkan oleh suatu perusahaan dari Afrika Selatan yang bernama Canonical ltd. Oleh pengembangnya, Ubuntu memang sengaja dibuat untuk kepentingan umum. itulah kenapa tampilan Ubuntu ini sangat user friendly.

  13. Debian
  14. Distro yang lumayan terkenal dikalangan Distro linux yang lain karena Security System nya yang bagus. Ada yang unik dari proses penamaan Debian ini yaitu sang pencetus dan pengembang yang bernama Ian Murdock mengaku penamaan Debian adalah kombinasi dari namanya dan nama mantan kekasihnya.

  15. Linux Mint
  16. Linux Mint adalah salah satu distro linux yang memiliki tampilan elegant dan ringan untuk dipakai, itu terbukti dengan kedudukannya di peringkat ke-3 di distrowatch. Dengan memiliki komunitas yang besar, linux mint di gandang menjadi distro linux pengganti sempurna sistem operasi Windows.

  17. BlankOn
  18. BlankOn adalah salah satu dari banyak distro linux yang dikembangkan oleh tim BlankOn Indonesia. OS BlankOn 1 menggunakan basis dari Fedora, basis Ubuntu untuk BlankOn 2, dll.

    Tak hanya itu penamaan dari OS BlankOn ini cukup menarik, yaitu seperti BlankOn 1 yang memiliki nama kode yaitu Bianglala, dan BlankOn 2 yang memiliki nama kode Konde. Tak hanya 2 bersi diatas BlankOn juga telah merilis beberapa versinya mulai dari BlankOn 1 sampai dengan BlankOn 11 hingga saat artikel ini ditulis.

  19. ElementaryOS
  20. Berikut ini ada distro linux ElementaryOS yang menduduki peringkat ke-4 di DistroWatch, ElementaryOS memiliki tampilan yang sangat elegan dan indah untuk dipandang, tak hanya itu kinerja dari OS ini sendiri terbilang sangat bagus, bisa dilihat dari kedudukannya di posisi ke-4 di distrowatch. ElementaryOS ini menggunakan basis Ubuntu, dan juga menggunakan tampilan desktop Pantheon yang berbasis GNOME.

  21. SteamOS
  22. OS yang di buat Valve ini adalah OS Linux yang memiliki keunggulan di fungsi gamingnya, karena Steam OS dilengkapi dengan tweak kernel Linux tambahan untuk memastikan bahwa seseorang mendapatkan kinerja gaming yang lebih baik dibandingkan dengan distro lainnya.

    Steam OS yang berfokus untuk game ini, telah dilengkapi dengan tampilan desktop GNOME dan telah menjadi pilihan utama oleh para player game yang ingin merasakan performa game yang lebih baik lewat distro linux yang satu ini.

  23. Kali Linux
  24. Distro linux yang satu ini pastilah sudah banyak yang mengenal, siapa yang tak kenal dengan distro yang memiliki puluhan bahkan ratusan tools berguna yang digunakan untuk menganalisis kerentanan, serangan di jaringan baik nirkabel maupun kabel, aplikasi web, eksploitasi, alat forensik, web gathering, dll.

    Kali Linux ini menggunakan basis dari Debian, dan sudah tersedia Raspberry Pi, Android dengan menggunakan Kali NetHunter, Chromebook, dll. Kali Linux ini menduduki urutan ke-18 di DistroWatch.

  25. UberMix
  26. Distro linux yang satu ini berfokus untuk edukasi, cocok untuk anak-anak hingga remaja. Distro ini juga memiliki keunggulan loh dalam proses penginstalasiannya yang cepat yaitu 5 menit. Distro linux ini digadang menjadi distro yang paling cocok untuk edukasi anak-anak.

  27. TailsOS
  28. TailsOS adalah salah satu distro linux yang mengutamakan privasi dan keamanan anda. OS ini menjaga agar kita aman ketika sedang berselancar di internet dan tanpa meninggalkan jejak(web tracking). Distro linux yang satu ini menggunakan basis Debian.

    OS ini juga bisa loh dipakai secara langsung(Live Boot) di komputer kamu menggunakan DVD, atau USB Bootable(ISO). Dengan memaksa koneksi internet kamu berjalan melalui jaringan tor, kamu dipastikan tidak akan meninggalkan jejak di komputer kamu, dan juga os ini sudah dilengkapi dengan tools kriptografi yang membantu pengamanan kamu dalam mengirim suatu data melalui internet.

  29. PhoenixOS
  30. Phoenix OS adalah sistem operasi yang berbasis pada Android-x86. Phoenix OS menggabungkan interface dari sistem Android pada perangkat mobile dengan tampilan desktop PC.

Nah itu tadi 15 list distro linux terbaik di tahun 2019 ini, menurut kalian mana nih distro linux terbaik untuk posisi paling teratasnya? Tulis jawaban kamu di kolom komentar yah.

Demikian artikel yang berjudul 15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019 semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

0 Response to "15 Distro Linux Terbaik di Tahun 2019"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish