Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Apa Itu Linux?

Apa Itu Linux? - Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software), serta sebagai jurik untuk program komputer. Tanpa adanya sistem operasi, maka pengguna tidak akan bisa membuka ataupun menjalankan sebuah program, Kecuali booting. Kalian pasti sudah mengenal apa itu sistem operasi. Ketika kalian membaca artikel ini, kalian juga pasti menggunakan sebuah device yang sudah terpasang sistem operasi.


Apa Itu Linux? - hostze.net


Sistem operasi diperkenalkan pada tahun 1945 yang biasa kita sebut sebagai awal perkemabangan sistem komputasi mekanik yang biasa dipakai pada alat elektronik seperti jam. Pada tahun tersebut memang belum ada sistem operasi yang saat ini sedang kamu gunakan. Sistem operasi pada tahun tersebut masih berupa sistem komputer yang diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung. Semakin berkembang nya waktu dan semakin berkembangnya kecanggihan sebuah komputer, sistem operasi pun juga semakin banyak dan bermacam-macam.

Pada tahun 2019 ini jumlah sistem operasi juga semakin banyak. Mau itu sebuah sistem operasi yang benar-benar baru, ataupun sistem operasi "Anakan" yang berasal dari vendor sistem operasi yang sudah terkenal. Macam-macam Sistem Operasi diantaranya: Ms. Dos, Windows, Android, iOS, MAC OS, Symbian OS, dan Linux.

Nah, yang akan admin bahas kali ini adalah sebuah Sistem Operasi yang bernama "Linux". Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Linux?
Maskot Linux - Wikipedia
Linux awalnya adalah sebuah kernel UNIX yang ditulis dan dibuat oleh seorang murid ilmu komputer berkebangsaan Finlandia bernama Linus Torvald pada tahun 1991. Linus awalnya hanya menulis kernel UNIX tersebut hanya untuk komputer miliknya sendiri. Dengan menggunakan Bahasa "C" dan di kompresi dengan menggunakan GNU C Compiler, Linus membuat OS Linux tanpa mengutip kode kernel UNIX, kernel UNIX hanya dijadikannya sebagai inspirasi oleh Linus. Kernel yang berhasil dibuat oleh Linus akhirnya di publish (di sebar luaskan) untuk kalangan luas dan bisa mengembangkan nya secara 'Free'. Itulah mengapa Sistem Operasi ini disebut Sistem Operasi Opensource, yaitu sistem operasi yang pengembangannya tidak dikoordinasi oleh seorang individu atau sebuah lembaga tertentu. Dan karena fitur Opensource inilah Linux jadi berkembang dengan sangat cepat. Contohnya saja Android, yang di dasari dari Sistem Operasi Linux.

Macam-macam Distro Linux

Karena Linux ini adalah sebuah sistem operasi yang opensource, perkembangan linux merupakan salah satu yang tercepat dibanding sistem operasi yang lainnya. Banyak developer atau community opensource yang membantu mengembangkan sistem operasi ini. Nah, komunitas yang membantu mendistribusikan linux ini biasa disebut juga Distro Linux. ada banyak macam Distro Linux yang ada sampai sekarang.
  1. Red Hat = Salah satu distro linux yang dikembangkan oleh perusahaan Red Hat inc. Pada tahun 2003, Red Hat mengganti namanya menjadi Red Hat Enterprise Linux khusus untuk perusahaan. itulah kenapa, Red Hat kini menjadi berbayar.
  2. CentOS = Kepanjangan dari Community Enterprise Operating System, salah satu distro linux yang dikembangkan oleh The CentOS Project. Sistem operasi ini dibuat menggunakan kode sumber yang berasal dari Red Hat. Itulah kenapa tampilan pada CentOS ini sangat mirip dengan Red Hat.
  3. Fedora = Salah satu distro linux yang dikembangkan karena disponsori dan didukung oleh Red Hat namun dibuat oleh tim khusus bernama Fedora Project. Bahkan nama Fedora ini diambil dari salah satu karakter dalam logo Red Hat itu sendiri.
  4. OpenSUSE = openSUSE Project selaku pihak pengembang menciptakan sistem operasi ini dengan tujuan agar penggunaan Linux dapat lebih maju dengan kinerjanya yang stabil dan ramah pengguna.
  5. Debian = Distro yang lumayan terkenal dikalangan Distro linux yang lain karena Security System nya yang bagus. Ada yang unik dari proses penamaan Debian ini yaitu sang pencetus dan pengembang yang bernama Ian Murdock mengaku penamaan Debian adalah kombinasi dari namanya dan nama mantan kekasihnya.
  6. Ubuntu = Ubuntu merupakan suatu sistem operasi yang berbasiskan pada Debian dan dikembangkan oleh suatu perusahaan dari Afrika Selatan yang bernama Canonical ltd. Oleh pengembangnya, Ubuntu memang sengaja dibuat untuk kepentingan umum. itulah kenapa tampilan Ubuntu ini sangat user friendly.
  7. Mint = Distro linux yang satu ini cukup unik karena Linux ini berbasiskan pada Distro Linux Debian dan Ubuntu. Biasa disebut dengan Linux Mint
Ada banyak sekali Distro Linux yang lain. Yang admin sebutkan diatas adalah 7 Distro linux yang sudah dikenal oleh orang banyak. Ada juga Distro Linux dari Indonesia lohhh.. yaitu XentaOS. Tapi sampai saat ini belum ada lagi update terbaru dari developernya.

Kelebihan Dan Kekurangan Linux 

Kelebihan:
  1. GRATIS bila dibandingkan dengan Sistem Operasi lain seperti Windows atau MacOS
  2. Sistem operasi yang memiliki code 32 bit jadi dapat berjalan dengan baik
  3. Memiliki tingkat keamanan yang tidak kalah dengan sistem operasi close source
  4. Tampilan grafik yang bagus dan user friendly
  5. Mudah untuk melakukan modifikasi terhadap source code
  6. Software bawaan sudah terinstall dan dapat digunakan dengan mudah
  7. Cocok untuk kamu yang suka utak-atik sistem operasi komputer
  8. Cocok untuk dijadikan Sistem Operasi komputer server
  9. Spesifikasi hardware yang dibutuhkan tidak terlalu besar
  10. Penggunaan OS Linux akan mencegah user dari pembajakan hak cipta

Kekurangan:
  1. Apabila terjadi masalah dengan OS nya, susah untuk diatasinya
  2. Dukungan dari software-software popular yang kurang
  3. Kalah saing dengan Sistem Operasi lainnya, sehingga terlihat underrated
  4. Adaptasi yang cukup sulit untuk pengguna baru opensource
Nah, itulah tadi sedikit yang admin bahas tentang Linux. Sebuah Sistem Operasi yang sebenarnya bagus, tapi kurang populer di Indonesia ini. Semoga kalian para pembaca tertarik dengan menggunakan sistem operasi opensource yang satu ini. Karena daripada memakai yang bajakan, lebih baik memakai yang gratis bukan?

Demikian Artikel yang berjudul Apa Itu Linux? admin buat. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi kalian yang membacanya. Terimakasih^^

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

8 Responses to "Apa Itu Linux?"

  1. ane paling nyaman pakai ubuntu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi gan.. sama. User friendly banget UI nya.
      Thanks udah mampir^^

      Hapus
  2. Nice info gan,, jdi penasaran buat nyobain OS linux

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain aja gan.. linux free kok. Jadi gak usah pasang crack sana-sini 😄

      Thanks sudah berkunjung^^

      Hapus
  3. Minta tipsnya mengoerasikan linux donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya mengoperasi kan linux tidak jauh berbeda dengan di windows. Untuk aplikasi pengolah data, angka dan presentasi yang biasa di windows menggunakan microsoft office, kalau di linux ada yg namanya Libre office gan.. untuk browser, ketika saya install ubuntu langsung ada browser bawaan nya yaitu mozilla firefox

      Terimakasih sudah berkunjung^^

      Hapus
  4. Balasan
    1. Cobain gan.. nagih.
      Terimakasih sudah berkunjung^^

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish