Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Ini Dia! Tanda-Tanda Kalau Smartphone Kamu Terkena Virus

Ini Dia! Tanda-Tanda Kalau Smartphone Kamu Terkena Virus - Virus Smartphone adalah sejenis virus komputer yang menyebabkan aplikasi ataupun fitur smartphone tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Kecanggihan smartphone hampir mendekati teknologi komputer. Smartphone juga telah menggunakan sistem operasi terbuka sehingga aplikasi buatan pihak ketiga bisa melengkapi kecanggihan dari fungsi standar pabrikan. Sistem operasi terbuka inilah yang akhirnya menjadi celah bagi masuknya program jahat seperti virus, worm, dan juga Trojan horse. Biasanya virus disamarkan dalam bentuk yang menarik seperti game ataupun gambar. Supaya lebih menarik lagi, permainan ataupun gambar tersebut diselipkan kata-kata yang vulgar.

Ini Dia! Tanda-Tanda Kalau Smartphone Kamu Terkena Virus - hostze.net
Ini Dia! Tanda-Tanda Kalau Smartphone Kamu Terkena Virus

Virus pada smartphone tidak kalah berbahayanya dengan virus pada komputer. Ada virus yang bisa mencuri data-data dan foto kamu, virus yang membuat smartphone kamu terus menerus restart, hingga membuat android kamu tidak bisa digunakan lagi. Sering kali masyarakat umum mengartikan kesalahan yang dibuat oleh system android setelah update ataupun dimodifikasi diartikan sebagai virus. Virus yang dianggap dan paling sering terjadi pada android adalah Adware yang pada dasarnya bukan virus tetapi sebuah iklan. Terkadang iklan tersebut tidak ramah bagi pengguna terutama pengiklan pada aplikasi mengiklankan secara brutal kepada pengguna yang memiliki efek sangat merugikan. Sedangkan untuk virus yang lainnya sangat jarang terjadi, karena untuk mengakses suatu fitur pada smartphone memerlukan izin dari pengguna android, bahkan untuk melakukan modifikasi pada system diperlukan akses super user yang berarti smartphone harus dalam keadaan root terlebih dahulu. Berkut adalah penyebab dan sumber dari semua masalah yang sering dianggap virus pada android.

Tanda-Tanda Smartphone Terkena Virus:
  1. Android Terasa Lemot
    Android yang mengalami lag, patah-patah atau lemot saat digunakan bisa juga disebabkan oleh sebuah virus smartphone. sebab, virus menyebabkan proses penggunaan RAM yang begitu banyak kepada suatu program untuk dijalankan sehingga aktifitas tersebut membuat smartphone menjadi lemot.

  2. Kecepatan Internet Lama
    Internet yang tidak stabil atau lama untuk memuat suatu konten pada website ataupun saat anda sedang menggunakan youtube bisa juga disebabkan karena virus. Lebih tepatnya Adware, dimana koneksi internet digunakan secara tidak efisien yaitu internet mendownload konten tidak berguna seperti iklan pada aplikasi yang memiliki sifat adware atau penyalur iklan yang brutal. Selain itu kouta data pemakaian internet anda juga akan lebih cepat habis karena aktifitas penayangan iklan.

  3. HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis
    Penggunaan RAM yang berlebihan yang menyebabkan efek lemot tidak hanya mempengaruhi kinerja pada smartphone. Hal yang lebih buruk bisa terjadi seperti android cepat panas karena penggunaan RAM yang tidak efektif serta ditambah dengan baterai smartphone cepat habis karena akan menggunakan banyak daya untuk menjalankan beberapa aplikasi tetap menyala.

  4. Memori Penuh dan Corrupt
    Memori penuh padahal aplikasi sedikit juga sering dialami oleh banyak orang, hal ini sendiri yang sering ditemukan. Umumnya ternyata sebuah aplikasi menggunakan kelengahan pengguna untuk menekan tombol yang mengizinkan program untuk mengunduh sebuah aplikasi lainnya. Sehingga tanpa disadari penggunaan memori internal penuh dengan aplikasi yang tidak berguna.

  5. Force Close atau Aplikasi Berhenti
    Sebenarnya untuk kasus virus dengan tingkat keparahan yang merusak belum ada, hanya biasanya sumber masalah pada suatu adware yang selalu menginstall aplikasi dari pihak pengiklan tanpa mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat pengguna sehingga menyebabkan crash antara perangkat dengan aplikasi yang menyebabkan aplikasi berhenti atau force close.

  6. Data File Hilang Sendiri
    Biasanya hal ini disebabkan karena sebuah aplikasi pengganggu, aplikasi tersebut adalah virus ataupun sejenis system security. Tidak semua aplikasi antivirus di android berjalan semestinya, terkadang terdapat juga antivirus yang sekadar tipuan dengan mengatakan terdapat adanya virus. Bukannya mendeteksi virus dan menghapus virus yang sebenarnya malah menghapus data penting bagi pengguna yang dianggap junk file oleh aplikasi tersebut semisal foto, musik, video, dokumen, data game dan lain sebagainya.

  7. Bootloop atau Softbrick
    Sama halnya dengan kasus force close tetapi dengan tingkat yang lebih tinggi dari sekadar force close. Dimana perangkat pengguna tidak mampu untuk booting sehingga hanya berputar dan mengulang logo android.

  8. Hardbrick
    Tingkat keparahan yang lebih berbahaya dari bootloop dimana pada posisi hardbrick kemungkinan hardware smartphone pengguna juga menjadi korban karena tidak segera diperbaiki awalnya. Dipaksakan untuk selalu bekerja dengan kondisi perangkat smartphone yang kurang baik hanya akan memperparah keadaan hardware.

Jika smartphone kamu mengalami tanda-tanda seperti yang sudah disebutkan, segera di atasi agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah.

Demikian artikel yang berjudul Ini Dia! Tanda-Tanda Kalau Smartphone Kamu Terkena Virus semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian semua.

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

8 Responses to "Ini Dia! Tanda-Tanda Kalau Smartphone Kamu Terkena Virus"

  1. Wah jngan2 hp sya juga kna virus karena lemot bnget..mkasih infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa jadi, coba cek pemakaian ramnya.

      Terima kasih telah berkunjung ^_^

      Hapus
  2. Kalau modal antivirus saja ampuh ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampuh gan selama antivirusnya terpercaya dan agannya ga macem macem seperti download file yang aneh aneh :D

      Terima kasih sudah berkunjung ^_^

      Hapus
  3. wah, harus sering-sering dicek sekaligus discan nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener gan, harus sering dipantau juga.

      Terima kasih telah berkunjung ^_^

      Hapus
  4. Baru tau saya gan, makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan.

      Terima kasih telah berkunjung ^_^

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish