3 Cara Agar FTP Server Kamu Berfungsi Kembali di Debian

3 Cara Agar FTP Server Kamu Berfungsi Kembali di Debian - Hi Sobat Hotsze, kali ini mimin akan membagikan cara agar FTP Server kamu bisa berfungsi kembali. FTP Server ini adalah paket server yang digunakan untuk Sharing File dari PC satu ke PC yang lain. Dalam postingan ini mimin akan membahas di paket Proftpd yah.
Pastinya kalian kalian pernah mendapati error saat merestart ftp kalian, tapi jangan khawatir disini Saya akan membagikan solusi agar FTP Server Kamu berfungsi kembali. Ok langsung saja simak caranya di bawah ini.

Baca Juga :

  1. Settingan Hosts Kalian tidak sesuai dengan nama hostname
  2. Untuk cara pertama ini, kalian bisa cek apakah nama hosts di konfigurasi "/etc/hosts" kalian sudah sama dengan nama hostname "/etc/hostsname" atau belum, jika belum ubah nama hostsnya lalu sesuaikan.
    (Konfigurasi di /etc/hosts)

    (Konfigurasi di /etc/hostname)
    Nah dapat kita lihat konfigurasi di Hosts dan di Hostname tidak sama, ubah settingan di Hosts sesuai dengan yang di hostname. menjadi seperti ini.
    Cobalah restart ftp kamu, apakah dapat berjalan atau tidak.

  3. Settingan FTP Server kalian terdapat salah penulisan/pengetikkan
  4. Jika terdapat salah penulisan, restart lah ftp kalian. dengan mengetik perintah "service proftpd restart". hiraukan error yang muncul, lalu ketikkan perintah ini "systemctl status proftpd.service -l" lalu lihat lah dimanakah tempat errornya konfigurasi kamu.



    Nah dapat kita lihat disini, Saya mendapati error di line 3 di file konfigurasi "/etc/proftpd/proftpd.conf", ok langsung saja kita cek dengan mengetikkan perintah "nano /etc/proftpd/proftpd.conf". 
    tekan "ctrl + w" lalu tekan lagi "ctrl + t" lalu ketikkan letak line yang error, disini saya isikan 3 karena saya error di line 3.
    Ternyata error saya karena saya tidak sengaja menghapus, tanda pagar(#) di line ke tiga, ok saya tambahkan lagi tanda pagarnya(#).
    Lalu saya save dengan menekan "ctrl + o" setelah itu "Enter", dan keluar dengan menekan "ctrl + x", lalu restart kembali ftp kalian. 

  5. Coba Install ulang paket FTP anda
  6. Cara terakhir adalah dengan menginstall ulang dan menghapus semua konfigurasi FTP kalian, mengapa begitu karena bisa saja paket ftp kamu telah rusak/corrupt, nah dengan meng-install ulang paket FTP Anda, berarti Anda mengganti paket lama dengan paket yang baru(fresh). Cara uninstall dan menghapus seluruh file konfigurasi, dengan mengetikkan perintah "apt-get purge proftpd" lalu install kembali dengan mengetikkan "apt-get install proftpd"
Demikian artikel yang berjudul 3 Cara Agar FTP Server Kamu Berfungsi Kembali di Debian semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kalian. Silahkan komen jika kalian masih mendapati error di FTP Server kalian, semoga saja mimin dapat membantu kalian. ^_^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Agar FTP Server Kamu Berfungsi Kembali di Debian"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish