Langkah - Langkah Cara Instalasi dan Konfigurasi DHCP Server di Debian 8 Lengkap

Langkah - Langkah Cara Instalasi dan Konfigurasi DHCP Server di Debian 8 Lengkap - hostze.net
Cara Instalasi dan Konfigurasi DHCP Server di Debian 8


Langkah - Langkah Cara Instalasi dan Konfigurasi DHCP Server di Debian 8 Lengkap - Sudah lama mimin tidak update, kali ini mimin akan membagikan langkah - langkah cara mengkonfigurasi DHCP Server menggunakan OS Debian 8 di Virtual Box. Apa itu DHCP Server? DHCP(Dynamic Host Configuration Protocol) adalah Server yang digunakan untuk memberikan pengalamatan IP secara otomatis dari Server ke Client. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara mengkonfigurasi DHCP Server ini, Langkah - langkahnya cukup mudah, bisa anda simak di bawah ini:


Alat-alat yang di butuhkan :

  1. ISO Debian 8 DVD 1 [Klik Disini]
  2. ISO Debian 8 DVD 2 [Klik Disini]
  3. ISO Debian 8 DVD 3 [Klik Disini]
  4. Oracle VM VirtualBox [Klik Disini]
Website Resmi Debian : https://www.debian.org/
Website Resmi Oracle VM VirtualBox : https://www.virtualbox.org/

Langkah - Langkah Cara Konfigurasi DHCP Server di Debian 8 Lengkap :

  1. Install Virtual Box Terlebih dahulu
  2. Buka Virtual Boxnya
  3. Install Debian 8 di Virtual Box [Tutorial]
  4. Jalankan Mesin Virtual Debian anda
  5. Lalu masukan user dan password debian anda
  6. Ketikkan perintah "su" (untuk mendapatkan akses root) dan login menggunakan password root anda
  7.  Masukkan DVD ISO Debian 8 yang DVD 2 , lalu ketikkan perintah "apt-cdrom add"
  8. Lalu akan muncul seperti ini
  9. Ketikkan perintah "apt-get install isc-dhcp-server" (pastikan anda sudah mematikan koneksi data maupun wifi).
  10. Setelah itu atur IP pada interface yang akan di jadikan DHCP Server, dengan mengetikkan perintah "nano /etc/network/intefaces". lalu tambahkan script di bawah ini.
  11. Jika sudah ditambahkan save dengan menekan tombol "ctrl + o"(bersamaan) lalu enter dan keluar dengan menekan tombol "ctrl + x"(bersamaan)
  12. Restart Network anda dengan perintah "service networking restart"
  13. Setelah itu konfigurasikan DHCP server anda, dengan mengetikkan perintah "nano /etc/dhcp/dhcpd.conf" cari kata "a sli" dengan menekan tombol "ctrl + w"(bersamaan). hapus tanda pagar dari baris subnet sampai penutup kurung kurawal ( } ). bisa anda lihat di gambar.

  14. Jika sudah ditambahkan save dengan menekan tombol "ctrl + o"(bersamaan) lalu enter dan keluar dengan menekan tombol "ctrl + x"(bersamaan)
  15. Lalu restart DHCP anda dengan mengetikkan perintah "service isc-dhcp-server restart". Jika sudah cek network di komputer anda(client) apakah sudah mendapatkan IP otomatis dari DHCP servernya atau belum.
  16. IPnya sudah berhasil di dapatkan, Selesai

Notes :

Jika DHCP tidak berhasil didapatkan restart terus DHCP Server anda dan network, hingga IP berhasil di dapatkan otomatis. Opsi Kedua jika DHCP tidak berhasil didapatkan, maka restart lah sistem operasi kamu. Opsi ketiga jika DHCP tidak berhasil didapatkan, adalah dengan mengganti Adapter Host Onlynya. [Tutorial] Pastikan Adapter jaringan adalah Host Only Adapter/Hanya Host bukan NAT. 

 

Demikianlah Artikel yang berjudul Langkah - Langkah Cara Instalasi dan Konfigurasi DHCP Server di Debian 8 Lengkap semoga bermanfaat.
Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.