Pengertiaan HDD, SSD dan SSHD ? kelebihan dan kekuranganya Lengkap

Pengertiaan HDD, SSD dan SSHD ? kelebihan dan kekuranganya Lengkap - Sering kita mendengar kata hardisk atau yang di singkat HDD , yah media penyimpanan umum yang biasa di gunakan di komputer laptop , Apakah anda sudah mengetahuinya apa sih Pengertiaan HDD, SSD dan SSHD kali ini hostze akan membahas apa aja perbedaan antara HDD, SSD dan SSHD, ok langsung aja di simak di bawah ini.

Banyak varian perangkat penyimpanan (storage), baik yang digunakan pada PC, Gadget atau Console Game. Bahkan TV tipe tertentu juga menggunakan storage HDD didalamnya.
kali ini kita akan membahas 3 tipe penyimpanan yang sering digunakan pada PC & Laptop, yaitu HDD, SSD dan SSHD.

1.  HDD (Hard Disk Drive) merupakan perangkat penyimpanan paling umum, generasi lama serta menggunakan teknologi yang tidak berubah sejak puluhan tahun lalu. HDD berbasis platter (piringan) berputar untuk menyimpan data, karena itu cukup beresiko saat bekerja karena komponen-komponennya bergerak.

2.  SSD (Solid State Drive) merupakan merupakan perangkat penyimpanan generasi baru, berbasis teknologi flash memory untuk menyimpan data. Karena menggunakan Flash, SSD tidak memiliki komponen bergerak. SSD sudah banyak digunakan oleh perangkat Notebook High-End dan Server.

3.  SSHD (Solid State Hybrid Drive) merupakan penyimpanan hybrid yang menyatukan fungsi HDD dan SSD didalam satu perangkat penyimpanan. Pada dasarnya SSHD berbasis platter (piringan), tapi juga menyertakan flash memory agar transfer data menjadi lebih efisien.
Dibawah ini merupakan perbandingan ketiga perangkat dari sisi fungsional sebuah perangkat penyimpanan :

Ukuran
Tanpa komponen yang bergerak, produk SSD adalah opsi penyimpanan tertipis dibanding yg lain. Untuk notebook standar, SSD tersedia dalam tinggi 5 mm dan 7 mm. Sedangkan ketebalan hard standar mencapai 7 mm dan 9,5 mm. SSHD diperkenalkan dengan ukuran 9 mm, kemudian ukuran 7 mm dan 5 mm mulai tahun 2013.

Kapasitas
HDD merupakan penyimpanan dengan kapasitas paling besar saat ini. Teknologi platter HDD bersifat massal hingga membuat harga komponen utamanya cukup murah. HDD juga memiliki perbandingan kapasitas dan harga yang paling masuk akal. SSHD menawarkan titik kapasitas maksimum dengan titik harga terjangkau, sedangkan SSD hanya terjangkau dengan kapasitas yang lebih rendah. Karena berbasis flash, SSD berkapasitas tinggi sangat mahal.

Kecepatan
SSD memiliki performa tertinggi kinerja saat booting, baca/tulis (R/W) serta mendukung multitasking. SSHD bisa memberikan performa yang hampir seperti SSD untuk booting, akses, load data. Tapi HDD tetap memberikan performa yang memadai untuk sebagian besar PC sampai saat ini.

Harga
Harga SSD cukup terjangkau jika kapasitas masih dalam kisaran 32 GB hingga 64 GB. Diatas itu SSD berkapasitas tinggi sangat mahal, khususnya saat diukur berdasarkan biaya per gigabyte. HDD menyediakan biaya terendah per gigabyte. SSHD menyediakan biaya per gigabyte yang sedikit lebih tinggi dibandingkan HDD.

Daya tahan baterai
Secara umum, penyimpanan tidak akan memengaruhi daya tahan baterai di komputer laptop lebih dari 10%. Pada Notebook, Processor dan LCD adalah dua perangkat yang sangat memboroskan baterai. SSD memiliki daya yang paling efisien dibanding yg lain, sedangkan SSHD memiliki daya yang paling efisien nomer dua karena dapat melakukan putaran platter lebih sedikit dibandingkan HDD.

Keandalan
Tingkat kegagalan (failure) teknologi SSD, HDD, dan SSHD memiliki peringkat yang sama.  Tapi SSHD memiliki sedikit keunggulan karena menggunakan bagian SSD serta HDD yang lebih efisien, dibandingkan jika SSD dan HDD terpisah.

Ketahanan
SSD merupakan perangkat yang paling awet dan reliabel dibanding yg lain. Tanpa komponen yang bergerak, SSD dapat bertahan dari benturan, terjatuh, dan suhu ektrim yang lebih tinggi.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Pengertiaan HDD, SSD dan SSHD ? kelebihan dan kekuranganya Lengkap semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertiaan HDD, SSD dan SSHD ? kelebihan dan kekuranganya Lengkap"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish