Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Membuat Filter Instagram Menggunakan Spark AR

Membuat Filter Instagram Menggunakan Spark AR - hostze.net
Membuat Filter Instagram Menggunakan Spark AR


Mengenal Augmented Reality Lewat Spark AR - Beberapa dari kamu pasti sudah mendengar yang namanya Augmented Reality atau bahkan pernah memakai teknologi itu. Tanpa kamu sadari teknologi ini sudah sering kita temui dikehidupan sehari hari loh. Faktanya kamu sering memakai filter make up ke wajah kamu lewat instagram, itu lah yang dimaksud teknologi Augmented Reality. Sudah cukup familier kan dengan filter wajah yang tertanam di Instagram? Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai Teknologi Augmented Reality yang tertanam pada aplikasi Instagram.



Apa itu Augmented Reality?

AR atau Augmented Reality merupakan teknologi yang memungkinkan kita melakukan penggabungan secara real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented Reality memperbolehkan user melihat object 2D atau 3D yang diproyeksikan oleh gadget/device ke dunia nyata. Gimana? sudah ada sedikit gambaran?



Gini deh, Singkatnya Augmented Reality itu teknologi yang mampu menyisipkan sebuah informasi kedalam dunia maya/digital dan menampilkannya ke dunia nyata secara real-time dengan bantuan seperti kamera HP, Webcam Laptop/Komputer, atau bahkan kacamata khusus.

Kacamata khusus ini merupakan hasil besutan mesin pencari raksasa alias Google. Google AR merupakan hasil kerja sama antara Google dengan North. Keahlian North dipercaya dapat membantu Google dalam pengembangan hardware dan teknologi AR pada masa mendatang.

Spark AR Pada Instagram

Spark AR merupakan aplikasi yang memberikan pengalaman Augmented Reality. para kreator Spark AR terdiri dari berbagai latar belakang jenis pekerjaan, mulai dari sekadar memiliki hobi desain hingga animator dan desainer grafis profesional. Seperti yang telah dijelaskan, Instagram memakai teknologi AR dari Spark AR. Teknologi tersebut telah ditanam pada Instagram semenjak pembaruan fitur filter Augmented Reality. Tak hanya itu, dengan Spark AR kita bisa loh membuat efek filter kita sendiri dengan Spark AR Studios.

Spark AR HUB

Keunggulan utama dari Spark AR ini kamu bisa mempublikasikan hasil karya filter kamu ke Spark AR Hub loh, dengan begitu teman teman, keluarga, atau kerabat anda bahkan orang asing bisa menggunakan filter yang kamu buat untuk mereka kreasikan di instastory mereka.

Cara Download dan Install AR Studios

Step 1: Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Spark AR Studio di situs resminya di sini.



Ada dua opsi sistem operasi yang tersedia: Windows dan MacOS. Unduh dan instal sesuai dengan sistem operasi perangkat yang kamu gunakan. Setelah menginstal aplikasi, langkah selanjutnya adalah membuat filter. Namun sebelum itu, Kamu perlu melakukan beberapa hal agar bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat filter. Masuk ke aplikasi Spark AR Studio menggunakan akun Facebook yang terhubung ke akun Instagram di ponsel.

Step 2: Siapkan Objek & Nyalakan Fitur Face Tracker


Pada langkah kedua, Kamu perlu menyiapkan objek berupa gambar tema dalam format PNG atau jenis lain yang mendukung gambar tanpa latar atau topeng tanpa latar belakang (seperti stiker). Setelah menyelesaikan kedua hal tersebut, Kamu dapat membuka aplikasi Spark AR Studio di PC atau laptop kamu. Untuk memulai proyek, klik tombol "Create Project". Kemudian klik "Insert" dan kamu akan menemukan objek baru bernama Face Tracker di bagian "Scene". Klik kanan pada objek baru, pilih "Add", lalu "Face Mesh" untuk menambahkan model 3D yang akan merespons ekspresi wajah yang dilacak oleh "Face Tracker".

Step 3: Tambahkan ke FaceMesh & Cari Menu Material


Pada langkah selanjutnya, Kamu dapat menambahkan material dalam format gambar PNG yang telah disiapkan pada langkah sebelumnya. Kemudian tambahkan gambar ke "Face Mesh". Untuk melakukan ini, klik bagian faceMesh0 yang muncul di bagian "Scene" dan beralik ke bagian "Inspector". Di bagian tersebut, cari menu "Material" dan klik tombol plus (+) di sebelahnya. Secara otomatis, aset bernama material0 akan muncul di bagian "Aset" di bagian bawah layar.

Step 4: Pilih Face Paint di Shader Type & Klik Choose File di Texture.


Kemudian, klik menu drop-down di sebelah inspector dan ubah "Shader Type" di "Inspector" menjadi "Face Paint". Kemudian klik tombol "Choose File" di sebelah menu "Texture", dan pilih gambar yang sudah disiapkan. Jika tidak terlihat seperti gambar yang kamu inginkan, Kamu dapat menggunakan file explorer yang muncul untuk mengarahkannya ke folder yang sesuai.

Step 5: Export ke Instagram di Device Kamu
Pada langkah terakhir, simpan proyek dengan nama yang diinginkan. Untuk mencoba,  Kamu dapat mengklik tombol "Send" dan memilih "Send to App". Setelah itu, klik tombol "Send" pada bagian "Instagram Camera" dan tunggu prosesnya hingga selesai. Jika berhasil maka akan muncul notifikasi di akun instagram di hp kamu, klik notifikasi yang muncul untuk membuka filter yang berhasil kamu buat, kemudian gunakan filter tersebut untuk membuat story seperti biasa.

Keuntungan dari aplikasi Spark AR Studio adalah Kamu dapat mengunggahnya ke Spark AR Hub untuk dipublikasikan di Instagram. Jika efek baru yang kamu buat memenuhi persyaratan, semua user Instagram bisa memakai filter yang kamu buat loh.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Mengenal Augmented Reality Lewat Spark AR semoga bermanfaat.