Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Awas! Ketahui 2 Hal Ini Sebelum Membeli PSU Untuk Komputer Anda

Awas! Ketahui 2 Hal Ini Sebelum Membeli PSU Untuk Komputer Anda - hostze.net
Awas! Ketahui 2 Hal Ini Sebelum Membeli PSU Untuk Komputer Anda

Awas! Ketahui 2 Hal Ini Sebelum Membeli PSU Untuk Komputer Anda - Hampir semua orang tidak tahu bahwa Powersupply/PSU merupakan salah satu perangkat yang sangat penting didalam komputer. Kebanyakan mereka membeli tanpa tahu kualitas PSU yang dipakai hanya karena harganya yang sangat murah. Maka dari itu hostze akan membahas hal ini agar kalian semua terhindar dari kesalahan yang cukup fatal. 



Power Supply Wajib Bersertifikasi 80+!

Sertifikasi 80 Plus merupakan sebuah program sertifikasi yang mempunya tujuan untuk mengoptimalkan efisiensi daya dari sebuah produk PSU. Sertifikasi ini pertama kali diluncurkan di tahun 2004 oleh Ecos Consulting. Sertifikasi ini diberikan pada produk-produk yang mampu memiliki efisiensi daya 80% atau lebih pada load (beban komputer) 20%, 50%, dan 100%.

Sebenernya effisiensi daya 80+ pada PSU itu apa sih?

Standar 80+ adalah angka efisiensi pada unit PSU, yang berarti efisiensi penggunaan PSU setinggi 80%. PSU bekerja seperti konverter, yaitu dengan mengubah arus AC besar yang disediakan oleh PLN menjadi arus DC kecil yang dibutuhkan oleh komputer atau server.

Secara hukum fisika mengatakan, mustahil jika arus transformasi tersebut dapat terjadi dalam tingkat  efisiensi hingga 100%, Karena PSU membuang beberapa watt listrik yang kemudian diubah menjadi panas.

Intel memang yang pertama menetapkan standar untuk spesifikasi ATX, tetapi hanya pada kinerja 60% dengan beban 50%. Ini berarti sekitar 40% listrik terbuang percuma, dan Anda masih harus membayar tagihan bulanan untuk energi yang terbuang itu.

Tier Power Supply 80+!

PSU standar 80+ terbagi dalam beberapa level yaitu bronze, silver, gold, platinum dan titanium. Secara khusus, PSU kelas platinum dan titanium 80+ yang biasanya dipasang pada server perusahaan memberikan efisiensi 94% hingga 96%. Anda dapat membandingkannya pada tabel di bawah ini.

Gambar 80 Plus Certification 115V, Sumber Gambar: clearesult.com

Gambar 80 Plus Certification 230V, Sumber Gambar: clearesult.com


Anda dapat melihat dari tabel di bawah, bahwa jika Anda tidak menggunakan PSU 80 Plus (dan memutuskan untuk membeli yang termurah) dan misalkan PC Anda membutuhkan daya 250W untuk bekerja pada beban 50%, PSU akan menarik daya 416W.



Jangan lupa, seperti yang saya katakan sebelumnya, Anda masih harus membayar 166W yang terbuang itu.

Kesimpulan

Ada 2 Manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki powersupply bersertifikasi 80+!
  • Menghemat Biaya Listrik Bulanan.
  • Mencegah Komputer Menjadi Rusak.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Awas! Ketahui 2 Hal Ini Sebelum Membeli PSU Untuk Komputer Anda semoga bermanfaat.