Figma, Aplikasi Alternatif Adobe XD

Figma, Aplikasi Alternatif Adobe XD - hostze.net
Figma, Aplikasi Alternatif Adobe XD

Figma, Aplikasi Alternatif Adobe XD - Figma adalah aplikasi desain berbasis cloud dan alat prototyping untuk proyek digital. Figma dibuat untuk dapat membantu para penggunanya agar bisa berkolaborasi dalam proyek dan bekerja dalam bentuk tim sekaligus di mana saja. Alat ini sangat mirip dengan opsi prototyping lainnya seperti Sketch, Adobe XD dan lainnya, yang menjadi pembeda utamanya adalah kemampuan untuk bekerja dalam bentuk tim proyek.



Apa Itu Figma?

Figma adalah salah satu design tool yang biasanya digunakan untuk membuat tampilan aplikasi mobile, desktop, website dan lain-lain. Figma  bisa digunakan di sistem operasi windows, linux ataupun mac dengan terhubung ke internet. Umumnya Figma banyak digunakan oleh seseorang yang bekerja dibidang UI/UX, web design dan bidang lainnya yang sejenis. 

Selain mempunyai kelengkapan fitur layaknya Adobe XD, Figma memiliki keunggulan yaitu untuk pekerjaan yang sama dapat dikerjakan oleh lebih dari satu orang secara bersama-sama walaupun ditempat yang berbeda. Hal tersebut bisa dikatakan kerja kelompok dan karena kemampuan aplikasi figma tersebut lah yang membuat aplikasi ini menjadi pilihan banyak UI/UX designer untuk membuat prototype website atau aplikasi dengan waktu yang cepat dan efektif.

 Figma didukung oleh komunitas desainer dan pengembang yang kuat yang berbagi plugin untuk meningkatkan fungsionalitas dan mempercepat alur kerja. Siapa pun dapat berkontribusi dan berbagi. Figma juga digunakan oleh beberapa merek besar termasuk Slack, Twitter, Zoom, Dropbox, dan Walgreens. Nama-nama itu saja menunjukkan bahwa alat ini cukup kuat untuk memberi daya pada hampir semua proyek.

Fungsi Figma

 Figma adalah alat atau tool yang solid dan dengan paket gratis yang tersedia, yang bisa dicoba bagi siapa saja yang bekerja di ruang digital. Ini termasuk dalam kemampuannya untuk membantu para desainer dan penggunanya dalam kemudahan pemasaran produk atau desain mereka kepada klien dan calon pemberi kerja. Secara umum, Figma paling dihargai dan digunakan oleh mereka yang bekerja dalam tim yang lebih kolaboratif dan aktif.

Menampilkan keunggulan banyak fitur, alat desain dan prototipe proyek sejenis tidak memiliki fitur kunci serta kemampuan seperti Figma sehingga Figma menjadi pilihan utama jika dibandingkan dengan yang lain. Fitur- fitur Figma terbukti dapat menghemat waktu desainer dan membuat proyek serta kerja sama dalam bentuk tim berjalan lebih lancar.

Fitur Unggulan

Salah satu fitur yang paling ditonjolkan oleh Figma adalah kemudahan kolaborasi dengan sesama anggota tim seperti yang sudah disinggung di atas. kelebihan terbesar dari aplikasi yang satu ini adalah memungkinkan kolaborasi langsung dari para desainer secara real time. Jadi, dengan kata lain setiap desainer bisa langsung bekerja dan membuat perubahan pada desain yang sedang dikerjakan secara bersama-sama. Karena berbasis cloud, maka hasil pekerjaan akan secara langsung tersimpan secara online. Berikut ini beberapa fitur unggulan lain dari Figma :

Kemudahan Dalam Membuat Desain

Fitur desain dari Figma memiliki banyak kelebihan karena dibuat sangat modern. Pengguna akan menemukan modern pen tool yang bisa digunakan untuk menggambar ke segala arah dengan Vector Networks.

Selain itu, kemudahan saat mengatur tata letak juga menjadi fitur unggulan dari aplikasi ini. Bahkan, pengguna juga bisa menentukan plugin yang ingin digunakan misalnya untuk mengatur stok foto hingga ikon.

Membuat Prototype

Meskipun kini sudah ada banyak aplikasi untuk membuat desain produk, tetapi Figma masih menjadi salah satu yang paling populer. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur membuat prototype yang cukup canggih.

Figma memungkinkan desainer untuk merancang desain, membuat prototype, membagikannya, hingga menerima feedback secara mudah. Jadi, tidak perlu berganti-ganti tools dalam merancang suatu desain.

Hasil edit pada desain akan langsung muncul dalam prototype yang dibuat. Kemudian, hasilnya pun bisa langsung dibagikan kepada anggota tim lainnya. Orang lain juga bisa memberikan feedback dengan menambahkan komentar di dalam prototype.

Design Systems

Fitur unggulan selanjutnya dari Figma adalah kemudahan dalam mengatur design systems-nya. Jadi, pengguna akan lebih mudah dalam mencari dan mengakses seluruh aset yang telah dimiliki.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pengguna mengelola siapa saja yang bisa melihat, mengedit, dan berkontribusi ke library penyimpanan aset. Menariknya, setiap pembaruan yang dilakukan oleh anggota tim juga akan dipublikasikan sehingga lebih mudah untuk melacaknya.

Harga dan Paket Pengguna Figma

Figma memiliki paket gratis dan berbayar, tergantung pada volume atau banyaknya pekerjaan yang akan Anda lakukan, serta fitur kolaborasi premium. Berikut detail harga lengkap Figma :

Starter

Paket untuk pemula ini rupanya dibebaskan dari biaya atau gratis. Pengguna yang memilih menggunakan paket ini akan mendapatkan dua editor dan tiga proyek dengan riwayat versi 30 hari, serta penyimpanan cloud tanpa batas.

Professional

 Paket yang ditujukan untuk profesional ini dikenai harga sebesar 15 dolar Amerika atau sekitar Rp219.000 per bulannya. Pengguna paket Profesional ini akan mendapatkan banyak keuntungan termasuk proyek tidak terbatas, versi tidak terbatas, file kustom dan izin pengguna, proyek pribadi khusus undangan, dan perpustakaan tim yang dapat dibagikan.

Organization

Dengan membayar sebesar 45 dolar Amerika atau sekitar Rp658.000 per bulan, pengguna yang memilih paket ini akan mendapatkan fitur terlengkap. Sebagai paket tertinggi dari semuanya, pengguna paket ini berhak dalam banyak kemudahan termasuk semuanya dalam sistem desain profesional plus seluruh organisasi, tim terpusat, plugin pribadi, administrasi plugin, font bersama, sistem masuk tunggal, dan juga keuntungan keamanan tingkat lanjut.

Selain 3 jenis paket di atas, Figma juga menawarkan potongan harga untuk pembayaran tahunan versus bulanan, potongan harga dan keuntungan tersendiri bagi para penggunanya dalam kategori siswa.

Demikian artikel yang berjudul tentang Figma, Aplikasi Alternatif Adobe XD semoga bermanfaat.