Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

√ 3 Cara Menghapus URL Website di Google Search Lengkap

3 Cara Menghapus URL Pada Halaman Website Yang Sudah Terindex di google search Lengkap - hostze.net
3 Cara Menghapus URL Website Yang Sudah Terindex di Google Search

3 Cara Menghapus URL Website di Google Search Lengkap - Ketika kita sudah terlanjur mem posting dan sudah terindex oleh mesin pencarian google padahal ada url atau judul yang salah dan sudah terlanjur mengindekskan url atau halaman website Kamu.



Gunakan Google Search Console

Cara ini yang paling mudah untuk menghapus URL milik situs web yang kalian miliki menggunakan Google Search Console, sebelum itu pastikan website kalian terverifikasi, jika belum kalian harus memverifikasi website kalian terlebih dahulu di Google Search Console.

Google Search Console alat yang sangat membantu sekali , dalam mengelola tampilan dan kinerja situs Kamu di penelusuran.

Berikut cara menghapus URL menggunakan Google Search Console:

  1. Kunjungi Google Search Console.

    Dashboard Google Search Console - hostze.net
    Dashboard Google Search Console 

  2. Di menu sebelah kiri Cari Index -> lalu klik Penghapusan.
  3. Klik Tombol Merah sebelah kanan lalu pilih Permintaan baru.

    Menu Penghapusan Pada Google Search Console  - hostze.net
    Fitur Penghapusan Pada Google Search Console 

  4. Lalu masukan link yang ingin kalian hapus di Pencarian Google, lalu pilih Hapus URL ini saja.

    From Link untuk penghapusan - hostze.net
    From Link untuk penghapusan

  5. Klik Kirim Permintaan.

    Konfirmasi hapus URL - hostze.net
    Konfirmasi hapus URL

  6. Kamu akan melihat statusnya dengan tanda Memproses Permintaan.

    Deskripsi Proses di Google Search Console - hostze.net
    Deskripsi Proses di Google Search Console

Ini akan menghapus URL dari pencarian Google selama sekitar 90 hari. Ini juga akan menghapus URL dari cache Google.

URL Kamu akan ditampilkan sebagai “Menunggu keputusan” untuk dihapus, Kamu dapat dengan mudah membatalkan permintaan Kamu dengan mengklik “Batal”.

Ingatlah bahwa metode ini hanya sementara! Jika URL masih aktif di situs Kamu setelah 90 hari, Google mungkin akan menambahkannya kembali ke indeks dan mulai menampilkannya lagi di hasil pencarian.


Gunakan tag meta noindex

Menggunakan Tag meta noindex adalah cara yang paling umum digunakan untuk menghapus URL dari hasil penelusuran google, atau untuk mencegahnya diindeks saat awal.

Ini salah satu kode kecil di bagian kepala HTML situs Kamu. cara ini akan memberitahu Google dan mesin pencari lainnya untuk tidak menampilkan halaman dalam pencarian.

<meta name = “robots” content = “noindex” />

Terkadang dikatakan “noindex, ikuti”, bukan hanya “noindex” – keduanya akan memiliki efek yang sama.

Kalian dapat menambahkan kode ini secara manual ke situs web Kamu jika Kamu memiliki akses untuk mengedit kode HTML, Untuk kalian yang menggunakan sistem manajemen konten seperti WordPress, Pasanglah plugin SEO, yang memberikan opsi untuk setiap posting dan halaman noindex. 

Seluruh situs Noindex di WordPress Ini berguna saat Kamu memiliki situs baru dan tidak ingin siapa pun melihatnya. Tetapi jangan menggunakannya di situs aktif kecuali Kamu ingin kehilangan semua lalu lintas penelusuran Kamu.


Hapus URL

Jika URL yang ingin kalian hapus tidak memiliki tujuan apa pun, Kamu dapat langsung menghapusnya dari situs Kamu.

Ini akan adanya pemberitahuan kesalahan 404 (Not Found) atau 410 (Gone).

404 Eror

Googlebot akan segera mencoba merayapi URL lagi dan menghapusnya dari indeks ketika melihat adanya kesalahan 404 atau 410.

Jika halaman yang ingin Kamu hapus mungkin memiliki traffic stabil atau link masuk yang memberikan nilai SEO.

Dalam kasus SEO yang saya pernah saya alami, mungkin lebih baik untuk menggunakan pengalihan 301 untuk mengarahkan pengguna dan bot mesin telusur ke laman yang terkait erat.

Kamu dapat membuat pengalihan 301 di WordPress dengan plugin Redirection gratis, Untuk Blogger bisa menggunakan pengalihan khusus yang tersedia di menu setelan.

Jangan pernah mengandalkan robots.txt

Robots.txt adalah file yang terletak di domain root kalian salah satu contoh (example.com/robots.txt) yang memberi tahu robot mesin telusur tentang apa yang tidak dapat mereka akses.

Misalnya, Kamu dapat menggunakannya untuk menginstruksikan Googlebot agar benar-benar menjauh dari situs Kamu menggunakan larang semua.

Namun, tidak selalu merupakan ide yang baik untuk mengandalkan robots.txt untuk memblokir URL agar tidak muncul di hasil pencarian google.

Jika seseorang menautkan ke sebuah URL, tetapi diblokir oleh robots.txt, maka URL tersebut mungkin masih muncul di pencarian Google.

Alih-alih menampilkan deskripsi, pesan penelusuran akan mengatakan, “Deskripsi untuk hasil ini tidak tersedia karena robots.txt situs ini”. Namun halaman tersebut tetap akan diindeks.

Jika ini terjadi, lebih baik izinkan Google merayapi URL, tetapi gunakan tag noindex untuk menjauhkannya dari hasil penelusuran google.


Catatan

Lebih berhati-hatilah menggunakan robots.txt dan Meta tag noindex, jangan sampai website kalian tidak terindex dengan benar yang akan berdampak pada SEO dan Penelusuran di mesin pencarian, bertanyalah pada orang yang ahli sebelum kalian mencobanya.


Demikianlah artikel yang berjudul tentang 3 Cara Menghapus URL Website di Google Search Lengkap semoga bermanfaat.

Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email