Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Ini Dia! Penyebab Smartphone Kamu Jadi Lemot

Ini Dia! Penyebab Smartphone Kamu Jadi Lemot - Ketika kamu membeli sebuah smartphone keluaran terbaru dengan spesifikasi yang terbaru pula, tentunya ada perasaan sedikit bangga karena dengan pede nya kamu berasumsi bahwa smartphone yang baru saja kamu beli tidak akan memiliki masalah dengan kelemotan proses nya. Tetapi setelah kamu bersama smartphone mu itu selama 6 bulan sampai 1 tahunan, kamu merasakan smartphone mu mulai terasa lemot. Mulai dari touchscreen yang jadi kurang responsif, rebooting (restart) yang terlalu lama memakan waktu, aplikasi yang berjalan memerlukan waktu yang lama untuk dibuka, dan lain-lain.
Ini Dia! Penyebab Smartphone Kamu Jadi Lemot - hostze.net
Ini Dia! Penyebab Smartphone Kamu Jadi Lemot

Lemot nya smartphone kamu itu biasa disebut dengan lag. Bahkan, ketika smartphone mu lag secara terus-menerus biasanya smartphone mu akan restart secara tiba-tiba loohhh.... Gejala yang paling parah nya handphone mu akan mengalami yang namanya bootloop. Apa itu bootloop? bootloop adalah suatu kondisi dimana smartphone mu akan restart secara terus-menerus tanpa bisa menampilkan home screen mu. Tentunya semua itu pasti bisa diatasi. Kalian mungkin sering mendengar atau membaca pepatah "Lebih baik mencegah, daripada mengobati". Karena serius, benerin smartphone bootloop di tukang service itu mahal banget teman-teman. Apalagi kalian yang memiliki iphone. Nah, maka dari itu, kalian bisa menyimak penyebab masalah nya di bawah ini.


Baca Juga:


   Cara Unfollow Instagram Secara Massal Lengkap
   Ini Dia, Antivirus Terbaik Untuk Flashdisk

Penyebab-Penyebab Smartphone Kamu Jadi Lemot:

  1. Pemakaian Aplikasi Launcher Eksternal

    Aplikasi Launcher Eksternal
    Penyebab yang pertama adalah pemakaian launcher eksternal. Apa itu launcher eksternal? Launcher eksternal adalah launcher yang kamu install melalui play store, atau google. Alias launcher yang bukan launcher bawaan smartphone mu. Secara tampilan launcher eksternal ini memang menambah daya seni dari sebuah home screen smartphone. Tetapi tentu ada efek sampingnya. Yaitu pemakaian RAM kamu menjadi 2 kali lipat karena cara kerja launcher eksternal ini memakan RAM di latar belakang. Bayangkan saja jika kamu mempunyai handphone dengan RAM 3 GB, lalu kamu memasang Nova Launcher dari play store, lalu ketika kamu melihat pemakaian RAM kamu ternyata Nova Launcher ini memakan hampir setengah RAM di handphone kamu. Belum lagi ditambah social media, dan aplikasi lain.
  2. Pemakaian Keyboard Eksternal
    Keyboard Eksternal
    Penyebab yang ke 2 adalah pemakaian keyboard eksternal. Ketika kamu pertama kali membeli handphone baru, keyboard default yang terpasang di handphone mu pasti google keyboard (Android). Namun ada kala nya kamu jenuh dengan tampilan google keyboard yang itu-itu saja, lalu kamu mencoba untuk mendownload aplikasi keyboard dari play store. Balik lagi ke tampilan, dengan aplikasi keyboard eksternal mungkin kamu bisa mengganti tema keyboard nya, atau kamu bisa membuat nya jadi transparan, bahkan kamu bisa mengganti nada tap di keyboard kamu dengan suara yang kamu suka. Tapi kamu harus tau, pemakaian keyboard eksternal ini juga tidak beda jauh boros nya dengan aplikasi launcher eksternal. Mungkin kamu akan menyukai nya diawal pemakaian, tapi semakin lama kamu akan merasakan smartphone mu menjadi lemot. Ke bayang kan kalau kamu memakai ke dua aplikasi tersebut? akan jadi se lemot apa handphone mu?
  3. Cache yang menumpuk
    Cache
    Cache merupakan sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone kamu. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi. Walaupun terdengar tidak terlalu buruk, cache ini tetap saja memakai penyimpanan internal kita loh.. Seiring berjalan nya waktu, seiring seberapa sering nya kamu membuka suatu aplikasi, maka cache yang dihasilkan juga akan semakin banyak. Lalu apa yang harus kamu lakukan? yang harus kamu lakukan adalah pembersihan cache secara berkala. Jadi apa bila kamu merasa smartphone mu terasa mulai lemot, mungkin saja cache mu sudah menumpuk tuh. Bersihin gih! tapi bersihin nya secara manual yaa..
  4. Pemakaian Cleaner Dan Booster
    Aplikasi Booster - Technected

    Selanjutnya adalah pemakaian aplikasi booster dan aplikasi cleaner. Pemakaian aplikasi semacam ini sama saja dengan pemakaian keyboard eksternal di atas. tetapi pemakaian RAM pada aplikasi semacam ini lebih sedikit. Kamu kira notifikasi "anda memiliki blaa blaa blaa sampah, bersihkan sekarang" itu datang nya dari mana? tentu saja dari latar belakang! karena aplikasi sejenis ini juga memakai RAM di latar belakang. jadi saran saya apabila kamu mau speed up smartphone mu atau membersihkan cache mu, lakukan saja secara manual. Atau lakukan lah restart perangkat.
  5. Sisa Memori Internal Yang Tinggal Sedikit

    Di handphone kamu tentu banyak sekali file-file. misal nya foto, video, musik, file sekolah, file makalah tugas, game, dan yang lain-lain. Sehingga secara tidak sadar sisa memori internal mu tinggal sedikit. Sisa memori internal ini ternyata berpengaruh loh pada kelancaran saat menggunakan smartphone. Karena pada saat kamu membuka aplikasi, cache nya akan terus menumpuk. Dan ketika sudah menumpuk dan sisa memori internal mu tinggal sedikit, perangkat akan kesusahan memanggil kembali cache yang sudah tersimpan. Akibatnya ketika kamu membuka aplikasi, aplikasi nya akan lama untuk dibuka. Saran saya coba kamu bersihkan cache handphone mu, lalu lakukanlah backup data-data handphone mu ke laptop, pc, atau kartu SD kamu.
  6. Device Yang Overheat
    Overheat - Tatacliq

    Apa itu Overheat? Overheat adalah keadaan dimana smartphone kamu mengeluarkan panas yang berlebih dari suhu normal. Biasa terjadi pada saat kamu menggunakan smartphone secara terus-menerus atau pada saat kamu bermain game non stop. Overheat ini bisa mengakibatkan handphone kamu hang atau istilah nya stuck sesaat. Nah, kalau sudah ada tanda-tanda seperti itu, sebaiknya kamu berhenti menggunakan smarphone mu terlebih dahulu. Kasian handphone mu kepanasan. Tunggu sampai handphone mu menjadi adem dan kembali ke suhu normal. Dampak yang dihasilkan dari overheat secara terus menerus selain hang adalah layar yang burn-in, baterai handphone yang menggembung, bootloop, dan lain-lain.
Nah, jadi itu tadi adalah ke 6 penyebab smatphone kamu menjadi lemot. Semoga dengan tulisan ini, kamu bisa mengambil pilihan yang bijak yaaa... Jangan sampai kamu terlalu membebani handphone mu hanya untuk multi tasking atau bermain game terus-terusan. Karena tidak baik juga untuk hardware device nya.

Demikian artikel Ini Dia! Penyebab Smartphone Kamu Jadi Lemot Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian yang membaca nya. Terimakasih^^

Subscribe to receive free email updates:

Related Post:

2 Responses to "Ini Dia! Penyebab Smartphone Kamu Jadi Lemot"

  1. rata2 hape keluaran sekarang sudah 3/32GB gan jadi sudah ngga lemot..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lemot atau tidaknya sebuah device tergantung dari user nya gan.. jadi sebesar apapun spek, kalau user nya mengunakan banyak aplikasi yg berjalan di latar belakang pasti sesekali akan terasa lemot.

      Terimakasih sudah berkunjung^^

      Hapus

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish