Hati-hati Melakukan Format Pada Hard disk

Hati-hati Melakukan Format Pada Hard disk - Format bukan hal yang asing lagi. Kata yang sering di dengar biasa yang sering di dengar adalah hard disk. Apakah anda tahu tentang kegunaan format ? Format merupakan proses persiapan untuk hard disk atau media penyimpanan lainnya agar bisa digunakan. Proses ini juga termasuk memberikan file sistem pada media tersebut. Adapun bagi orang awam, format berarti jika hard disk masih baru dan akan di install (ulang) windows, atau mungkin karena di harddisk ada virus jadi biar virusnya hilang. Singkat kata, Jika anda merasa komputer/laptop error dan tidak bisa masuk ke windows, kinerja komputer/laptop terasa lambat atau bahkan hang, maka untuk semua problem tersebut anda yakin hanya dapat diatasi dengan cara paling cepat dan mudah yakni melakukan format ulang hard disk anda. Padahal dengan melakukan format ulang belum tentu problem anda akan selesai, banyak faktor penyebab lainnya atau bahkan lebih miris lagi, sebenarnya problem yang anda hadapi dapat diatasi tanpa melakukan format ulang harddisk anda.

Sebaiknya anda jangan terlalu sering melakukan format terhadap hard disk anda, apalagi dengan low level format. Semakin sering hard disk anda di format, semakin besar pula kemungkinan munculnya “bad sector” pada hard disk.
Back up dulu data sebelum di format. Pastikan bahwa data anda aman.
Sebelum diformat, pastikan terlebih dahulu bahwa partisi untuk ukuran / size dari drive-drive yang ada sudah benar. Hal ini untuk memastikan agar anda tidak perlu melakukan format 2 kali hanya karena ukuran drive yang akan dibuat tidak sesuai dengan kehendak anda. Jika belum sesuai, lakukan partisi terlebih dahulu menggunakan program “fdisk” atau tool lain seperti PartitionMagic.

Sebelum format dilakukan, biasanya tool atau program format akan memastikan bahwa anda akan melakukan format. Pastikan bahwa drive yang akan anda format adalah benar.
Jika anda melakukan format harddisk anda hanya karena terserang virus, salah setting windows, registry yang kacau, komputer lambat, dan lainnya yang hanya berkaitan dengan perangkat lunak (software), maka sebaiknya anda melakukan quick format, jangan melakukan full format apalagi low level format.karena jika anda lakukan full format dan Low level jika terjadi masalah pada harddisk anda (ada bad sector).
Ketika format sedang berlangsung, berdoalah agar listrik tidak mati, karena jika itu terjadi akan terjadi bad sector pada hard disk anda.

Demikialah artikel yang berjudul tentang Hati-hati Melakukan Format Pada Hard disk semoga bermanfaat.
Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.