Cara Menghilangkan dan Menghapus Virus Win32 Sality

Cara Menghilangkan dan Menghapus Virus Win32 Sality - Pernahkah anda Terkena Virus Win32 Sality Yah virus yang sangat menjengkelkan karena dapat merusak program dan menginfeksi progam anda, Sality atau Win32 Sality virus ini menyerang file berextensi exe dan scr. Virus ini ternyata juga membuat Autorun untuk menyebarkan dirinya kesemua media penyimpanan. Dalam perkembangannya virus ini juga mampu mendownload program sendiri kemudian melakukan instal otomatis tanpa diketahui si pengguna.Sality ini pertama kali ditemukan pada sistem operasi windows tahun 2003. Selain menyebar melalui media penyimpanan, sality ini menyebar baik lewat jaringan, web maupun proxy. Nah, bagaimana jika virus sality ini telah menjangkit komputer anda. Sality ini merupakan sebuah malware yang jika telah menyerang komputer korban, maka otomatis sality ini akan mendisable antivirus anda seperti AVG dan norton. Ketika anda berselancar ke situs situs antivirus seperti AVG atau Norton seolah olah anda tidak menemukan halaman yang anda cari.

Cara  Mengatasinya Virus Win32 Sality :
Untuk mencegah virus ini menyebar segera matikan koneksi internet, dan cabut flashdisk.

Solusi Mengatasi Virus Sality win32Sality.
Anda dapat menghapus secara bersih virus sality dengan bantuan software berikut ini dan ikuti langkah - langkahnya :
  1. Dengan menggunakan program Sality Killer.
  2. Cari program antivirus andalan anda, pastikan antivirus anda sudah di upadate database yang paling update karena untuk pengenalan virus varian baru.
  3. Dengan Menggunakan program Sality Reg_keys untuk mengembalikan registry yang telah rusak.
Setelah semua peralatan tersedia, langkah selanjutnya yaitu Hapus atau uninstall antivirus jika sebelumnya sudah ada. ini penting agar antivirus baru yang akan kita install tidak akan bentrok. tapi jika anda rasa cukup tidak apa - apa biarkan saja antivirus anda, setelah itu extract file sality_killer.zip.lalu install sality killer yang berupa file.exe. dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Proses ini memang cukup lama terlebih jika komputer / laptop anda mempunyai banyak data. namun harap ditunggu. 
setelah proses yang pertama selesai selanjutnya adalah lakukan instalasi program Antivirus andalan kamu. dan segera lakukan Scanning full. pastikan virus sality sudah bersih. dan anda bisa kembali menginstall program - program yang sebelumnya telah rusak atau hilang akibat virus sality ini.

Agar kita dapat kembali meng akses safeboot, lakukan recovery registry menggunakan toolsSality_regkeys yang sebelumnya sudah kita ambil. lakukan extract pada file tersebut. dan kemudian jalankan file disable_autorun.reg :
  • Windows 2000 jalankan SafeBootWin200.reg file registry
  • Windows XP jalankan SafeBootWinXP.reg file registry
  • Windows 2003 jalankan SafeBootWinServer2003.reg file registry
  • Windows Vista / 2008 jalankan SafebootVista.reg file registry
  • Windows 7/2008 R2 jalankan SafebootWin7.reg file registry
  • Untuk pengguna windows 8, sayang sekali tools ini belum dapat support.
dan setelah semua proses selesai, coba anda restart komputer atau laptop anda.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Cara Menghilangkan dan Menghapus Virus Win32 Sality semoga bermanfaat.
Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.