Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Siap Siap! RAM DDR5 Akan Segera Meluncur Dalam Waktu Dekat!

Siap Siap! RAM DDR5 Akan Segera Meluncur Dalam Waktu Dekat! - hostze.net
Siap Siap! RAM DDR5 Akan Segera Meluncur Dalam Waktu Dekat!


Siap Siap! RAM DDR5 Akan Segera Meluncur Dalam Waktu Dekat! - Setelah kehadiran RTX 3000 Series, kini kita dikejutkan kembali dengan kehadiran RAM DDR5. Teknologi memang melaju dengan sangat cepat perkembangannya. Diprediksi bahwa RAM DDR5 Akan muncul ditahun ini, jadi siapkan budget kamu supaya kamu bisa langsung mencicipi RAM model terbaru itu. Sebelum kita mengulas tentang RAM DDR5, mari kita lihat penjelasan singkat tentang Pengertian, Fungsi, dan Generasi pada Ram komputer.



Apa itu RAM?

RAM (Random Access Memory) Merupakan salah satu hardware penting yang ada didalam komputer sebagai tempat penyimpanan data sementara dan menjalankan berbagai instruksi program. RAM sendiri merupakan memori bertipe "Volatile". Memori volatile adalah memori yang membutuhkan arus listrik untuk menyimpan data. Saat daya dimatikan, semua data akan terhapus. Jadi data tersebut hanya bersifat sementara.

Fungsi RAM

Fungsi dari RAM adalah untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer. jadi Semakin besar RAM yang dimiliki, maka akan semakin cepat sebuah komputer dalam memprosesnya. Kerja RAM dapat dilihat di task manajer di dalam system komputer. 

Generasi RAM

RAM ditemukan pertama kali oleh seseorang elektrikal engineering amerika yang bernama Robert Dennard. Setelah prototype RAM pertama yang dibuat oleh Robert Dennard berhasil, Intel mulai memproduksi RAM yang pertama kalinya untuk massal pada tahun 1968. Sebenarnya RAM telah lebih dahulu hadir sebelum adanya penemuan PC pada tahun 1981. Saat itulah setelah komputer PC diciptakan, RAM juga mulai berkembang. Adapun beberapa pendahulu RAM tipe DDR yaitu:
  1. DRAM (Dynamic Random Access Memory) diciptakan oleh IBM pada tahun 1970.
  2. FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM) diciptakan pada tahun 1987.
  3. EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory).
  4. SD RAM (Synchoronous Dynamic RAM) diciptakan pada tahun 1996.
  5. RD RAM (Rambus DRAM).
  6. DDR SDRAM (double data rate synchoronous RAM) diciptakan pada tahun 1999.
  7. DDR2 SDRAM, pengembangan dari DDR SDRAM, mulai muncul pada tahun 2005
  8. DDR3 SDRAM, pengembangan dari DDR2 SDRAM, mulai muncul pada tahun 2007.
Jenis RAM DDR4 sendiri juga dirilis pada tahun 2014. Kecepatan standarnya adalah 1600 Mhz 2400 Mhz, dan kecepatan maksimalnya adalah 3.2Gbps (3200Mhz). Namun dalam keadaan normal, RAM DDR4 berjalan pada frekuensi 2133 Mhz, dan maksimumnya ukuran setiap chip RAM adalah 64GB. Tidak hanya itu, RAM jenis DDR4 ini juga dapat melebihi kecepatan standar (2133Mhz) dengan melakukan overclocking / melebihi limitnya.Pada saat ini banyak produsen motherboard yang menyediakan fungsi overclocking yang aman untuk RAM, sekalipun overclocking itu sendiri memiliki persaingan. Untuk mendapatkan kecepatan frekuensi RAM tertinggi dan paling stabil.

Speed Tertinggi RAM DDR4

Dilansir dari salah satu website konsultasi komputer "pcgamer" RAM DDR4 dengan frekuensi tertinggi mencapai 6GHZ/ 6016MHZ, diraih oleh overclockers professional, yang menggunakan RAM G.Skill 1X8 GB Trident Royale dengan Kombinasi motherboard MSI Z390l Gaming Edge dan Processor Intel Core i9 9900K. 

Penampakan dan Spesifikasi RAM DDR5


Sumber: news.skhynix.com

SK Hynix, produsen RAM asal Korea Selatan di bawah SK Group, memperlihatkan tampilan RAM DDR5 untuk pertama kalinya. Menurut informasi yang dikutip dari "TheVerge" diketahui bahwa RAM DDR5 produksi SK Hynix akan mulai dijual pada kuartal ketiga (Q3) tahun 2021. Pasalnya, mereka memperkirakan tahun depan sistem komputer sudah mendukung penggunaan RAM DDR5.
Sumber: news.skhynix.com

SK Hynix juga mengklaim bahwa RAM-nya mampu menyediakan raw bandwidth hingga 5.6GHZ . Meski tidak memberikan bandwidth 6.4GHZ yang dijanjikan, diketahui performa RAM-nya 1,8 kali lipat RAM DDR4. Tidak hanya itu, diketahui bahwa RAM DDR5 miliknya mengonsumsi daya yang lebih sedikit, hanya 1.1V yang diklaimnya memungkinkan RAM tersebut dapat menghemat 20% daya.

Tidak hanya SK Hynix, Produsen RAM TeamGroup juga berencana untuk merilis RAM DDR5 16GB kelas konsumen pada 4800MHz, yang merupakan peningkatan besar dari apa yang telah kita lihat pada kebanyakan RAM DDR4. Meskipun Corsair menyediakan kit DDR4 16GB 5.000MHz, harganya sangat mahal disekitar $1.000.


Sumber: news.skhynix.com

Dibandingkan dengan 1.2v pada DDR4, tegangan operasinya 1.1v, yang dapat mengurangi konsumsi daya hingga 10%. TeamGroup juga mengklaim bahwa kinerja dapat ditingkatkan hingga "1,6 kali." Tidak seperti DDR4, ia mendukung ECC pada chip RAM itu sendiri dikatakan dapat mengurangi biaya RAM ECC dan meningkatkan stabilitas sistem. TeamGroup juga membuat versi SODIMM DDR5 nya untuk laptop.


Sumber: news.skhynix.com

Dan TeamGroup juga berencana untuk merilis RAM DDR5 pada Q3 tahun 2021.

Dilansir dari pcgamescn Sudah dipastikan bahwa CPU Rocket Lake-S generasi ke-11 dari Intel tidak akan mendukung DDR5 karena prosesor yang akan datang dapat digunakan pada chipset Z490 dan soket LGA 1200 yang sama dengan generasi ke-10. Dan hal yang sama berlaku untuk tim merah, karena dukungan DDR5 kemungkinan akan tiba bersamaan dengan jajaran prosesor AMD Zen 4, yang tidak akan datang hingga 2022.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Siap Siap! RAM DDR5 Akan Segera Meluncur Dalam Waktu Dekat! semoga bermanfaat.