Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) Menurut Para Ahli

Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) Menurut Para Ahli - hostze.net
Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) Menurut Para Ahli

Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) Menurut Para Ahli - Bagi kalian yang sedang ingin belajar memulai sebuah bisnis. Alangkah baiknya jika kalian mempelajari pengertian ERP menurut para ahli. Sehingga wawasan yang kalian dapatkan semakin luas. Enterprise Resource Planning atau yang biasa disingkat dengan ERP merupakan suatu hal yang sangat penting dan dijadikan sebagai investasi yang besar bagi sebuah perusahaan. Secara umum, ERP merupakan sebuah sistem informasi milik perusahaan yang digunakan untuk melakukan koordinasi antar sumber daya, informasi dan juga aktivitas yang sedang dibutuhkan pada seluruh proses bisnis.



Pengertian ERP Menurut Para Ahli

Di bawah ini merupakan pengertian ERP menurut para ahli:

Daniel E. O'Leary (2000) 

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan sebuah sistem berbasiskan komputer yang di desain untuk memproses transaksi-transaksi perusahaan dan memfasilitasi perencanaan yang terintegrasi dan real time, produksi, dan respon konsumen.

Hau dan Kuzic (2010) 

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan multi-modul, solusi untuk aplikasi pengemasan bisnis yang dapat memungkinkan suatu organisasi untuk mengintegrasikan proses bisnis dan kinerja perusahaan, mendistribusikan data umum, mengelola sumber daya serta menyediakan akses informasi secara aktual.

O'Brien (2005:699)

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan software lintas yang memiliki fungsi terpadu untuk merekayasa ulang proses manufaktur, distribusi, keuangan, sumber daya manusia, serta proses bisnis lainnya dari suatu perusahaan guna memperbaiki efisiensi, kelincahan, dan profitabilitasnya.

Ellen Monk (2001:153)

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan sebuah sistem yang membantu untuk mengatur proses bisnis. Misalnya seperti marketing, produksi, pembelian, dan keuangan dalam suatu kesatuan yang saling terintegrasi.

James A. Hall (2011:31)

ERP adalah suatu model sistem informasi yang dapat memungkinkan organisasi untuk melakukan otomatisasi dan mengintegrasikan seluruh proses bisnis utama.

Azhar Susanto (2004:20)

ERP adalah sebuah paket software terintegrasi yang diciptakan untuk mengintegrasikan secara lengkap untuk semua data yang terhubung dengan sistem informasi perusahaan.

Iwan Kurniawan Widjaya (2012:2)

ERP merupakan sebuah aplikasi terintegrasi yang membentuk kerangka untuk mengubah serta membantu proses pembangunan landasan sistem informasi pada suatu organisasi, baik itu terimplementasi dalam skala besar maupun bertahap.


Manfaat ERP bagi Perusahaan

Ada beberapa keuntungan dan juga manfaat yang dimiliki oleh ERP, yaitu sebagai berikut:

1. Kualitas dan Efisiensi

ERP dapat menciptakan kerangka kerja yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan dan juga meningkatkan proses bisnis yang terdapat pada internal perusahaan dan nantinya perusahaan akan meningkat secara signifikan.

2. Pengambilan Keputusan

ERP bisa membuat pemberian laporan ataupun informasi yang penting menjadi lebih cepat. Oleh karena itu, hal ini dapat digunakan manajer sebagai pengambil keputusan yang tepat dan baik.

3. Mengurangi Biaya

Apabila suatu perusahaan menggunakan ERP, salah satu manfaat yang diperoleh adalah biaya perusahaan berkurang. Terutama biaya yang terdapat pada transaksi pengolahan biaya perangkat keras, perangkat lunak, dan Staff IT Support.

4. Enterprise Agility

Melalui ERP struktur perusahaan, tanggung jawab manajerial, serta peran kerja menjadi lebih fleksibel. Hal ini dapat membuat perusahaan memanfaatkan peluang bisnis yang baru secara maksimal.


Karakteristik ERP

  1. Paket software yang di desain untuk lingkungan pelanggan pengguna server, baik itu secara tradisional maupun berbasis jaringan
  2. Penggabungan proses bisnis.
  3. Melakukan proses untuk sebagian besar transaksi yang ada di perusahaan.
  4. Penggunaan database yang dimiliki perusahaan secara tipikal yang hanya dapat menyimpan setiap data hanya sekali saja.
  5. Memiliki kemungkinan untuk mengakses data dengan cara real time.
  6. Memiliki kemungkinan untuk memadukan proses transaksi dan kegiatan perencanaan.
  7. Adanya dukungan terhadap sistem multimata uang dan bahasa, yang sangat diperlukan oleh perusahaan multinasional.
  8. Adanya kemungkinan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan khusus perusahaan.
  9. Memiliki kemampuan dalam menyesuaikan tanpa memogramnya kembali.

Saat ini teknologi berkembang sangat cepat dan ERP kini juga mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Mulai banyak perusahaan menggunakan ERP dengan memanfaatkan teknologi Could Computing (Cloud ERP) serta mengimplementasikan Smart City pada bagian dalamnya. Multi tenant termasuk salah satu konsep yang bisa digunakan pada Cloud Computing. Setiap perusahaan yang menggunakan ERP, mereka memiliki instance basis data sendiri. Oleh karena itu, keamanan data dan juga integrasi data terjamin.

Itulah ulasan mengenai Pengertian ERP (Enterprise Resource Planning) Menurut Para Ahli, manfaat dan karakteristik ERP. Semoga apa yang kami sampaikan dapat Anda pahami dan bermanfaat. Terima kasih.

Muhamad Najib
Muhamad Najib Hanya seorang manusia yang ingin tahu segala hal.