Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Resolusi Yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2021

Resolusi Yang Harus Kamu Lakukan Pada Tahun 2021 - hostze.net
Resolusi Yang Harus Kamu Lakukan Pada Tahun 2021

Resolusi Yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2021 - Kita sering mendengar kata resolusi setiap akhir tahun atau menjelang pergantian tahun. Kata kata ini biasanya digunakan untuk sesuatu yang ingin dicapai oleh seseorang, lalu sebenarnya apa itu arti kata resolusi?


Pengertian Resolusi

Menurut KBBI, resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Secara singkat, resolusi adalah membuat kembali keinginan atau cita-cita yang dituangkan dalam rencana baik tertulis maupun tidak tertulis.

Setelah memahami apa arti dari kata resolusi, maka sebaiknya kita buat daftar keinginan atau cita-cita yang ingin kita capai di tahun 2021.


Langkah Untuk Melakukan Resolusi

Buat Daftar keinginan atau Cita-Cita

Karena keinginan atau cita-cita setiap orang berbeda, baik kuantitas atau kualitas. Maka buatlah sesuai dengan kemampuan diri kalian. Lebih baik dibuat secara visual dan tertulis.

Take Action

Lakukan tindakan terkait cara apa saja yang akan kamu  gunakan untuk mencapai keinginan yang kalian tulis.

Evaluasi Bulanan

Evaluasi bulanan kita gunakan untuk mengukur, jadi kita bisa tau sejauh mana pencapaian yang sudah kita dapatkan.

Improvement

Tingkatkan apa yang sudah kalian capai, lalu tingkatkan secara terus menerus sampai akhir 2021. Agar hasilnya semakin memuaskan.

Jangan lupa, setelah semua itu kamu lakukan, kamu harus konsisten dengan apa yang kamu tulis. dengan begitu keinginan atau apa yang kamu cita-citakan akan semakin mudah tercapai. Resolusi juga bukan dilihat dari banyak atau tidaknya, tapi kira-kira terukur tidaknya keinginan yang kita tulis. Cukup 1-5 asalkan terukur dan konsisten pasti akan tercapai. berikut ada beberapa inspirasi yang bisa kamu gunakan untuk resolusi di tahun 2021 ini.


Resolusi di Tahun 2021

Berhenti Menunda Pekerjaan

Hambatan terbesar yang membuat kebanyakan orang tidak dapat mencapai tujuan mereka adalah keinginan untuk bersantai dan melakukan sesuatu yang menyenangkan daripada bekerja keras.

Untuk menghindari menunda-nunda pekerjaan, kamu bisa mulai untuk mencatat segala kegiatan kamu dan buatlah tenggat waktu yang realistis untuk menyelesaikan setiap kegiatan yang ada di daftar itu. Jangan lupa untuk menjaga diri kita dalam mentalitas yang positif. Pikirkan tentang cara ampuh dalam memotivasi diri sendiri untuk terus membuat kemajuan.

Tidur Lebih Cepat dan Lebih Berkualitas

Kurang tidur dapat membuat kamu jadi sering cemas, mudah marah, dan tidak fokus di keesokan harinya. Sebaliknya, tidur malam lebih cepat sekitar jam 10 sampai 11 malam dapat memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat lebih baik dan terhindar dari risiko gangguan kecemasan atau sikap mudah marah.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa tidur lebih cepat. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mematikan gadget atau tidak menonton apapun satu jam sebelum tidur. Gunakan satu jam ini untuk relaksasi di tempat tidur tanpa ada distraksi apa pun.

Raih Tubuh Ideal

Siapa yang ingin berat badannya berkurang di tahun yang baru? Biasanya para cewek menuliskan hal ini sebagai resolusi mereka. Daripada obsesi pada badan kurus, mending wujudkan badan yang lebih sehat aja!

Caranya dengan rutin berolahraga dan perbaiki pola makan. Kalau pergi ke gym terasa mahal, cobalah berlari mengelilingi komplek rumah atau terapkan gerakan yoga yang tutorialnya bisa kamu lihat dari internet.

Melakukan Perubahan

Perubahan adalah sesuatu yang berat untuk dijalani saat pertama kali. Misalkan, kamu punya kebiasaan datang telat ke kantor dan ini telah terjadi berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Mulai tahun ini, buang kebiasaan buruk itu. Dan mulai sekarang juga untuk membiasakan diri tepat waktu. Bukan, hanya berangkat ke kantor, tapi kamu juga bisa menerapkannya ke berbagai hal di kehidupan. Percayalah, dengan membuang kebiasaan buruk satu per satu, kamu akan merasakan kenikmatan hidup yang tak terduga.

Membaca Lebih Banyak Buku

Ada pepatah mengatakan bahwa “buku adalah jendela dunia.” Mengapa dibilang demikian? Karena dengan buku, kamu bisa ‘membuka’ cara berpikirmu menjadi lebih luas lagi dan menyadari bahwa dunia itu sebegitu besarnya. Semakin banyak yang kamu ketahui, maka saat itulah kamu akan lebih terbuka akan berbagai macam kemungkinan dalam menjalani kehidupan.

Lunasi Hutang

Jika kamu ingin melunasi utang tahun ini, pertimbangkan untuk membaca buku Anna Newell Jones berjudul The Spender's Guide to Debt Free Living. Ia menjelaskan bahwa salah satu hal yang membantunya keluar dari utang adalah melakukan 'puasa belanja' selama setahun.

Meskipun mungkin terasa menakutkan untuk berpuasa dari semua pengeluaran tambahan selama satu tahun penuh, pikirkan untuk melakukannya untuk waktu yang lebih singkat seperti satu bulan. Bisa jadi puasa dari take-out kamu selama sebulan dan hanya memasak di rumah.

Kamu mungkin akan terkejut dengan apa yang kamu simpan. Atau puasa dari minuman kopi yang mahal. Lihatlah anggaran kamu dan lihat area non-esensial mana yang tampaknya memakan sebagian besar gaji kamu setiap bulan dan menjadi kreatif tentang apa yang mungkin kamu hasilkan dari 'puasa belanja'.

Fokus Menabung dan Investasi

Kondisi keuangan yang sehat adalah di mana kamu memiliki jumlah tabungan yang lebih banyak dibandingkan pengeluaranmu. Dengan tabungan yang terkontrol, kamu akan siap ‘menyambut’ cerahnya masa depan. Selain menabung di bank konvensional, kamu juga bisa memulai investasi di tempat yang terjamin dan terpercaya, seperti contohnya reksa dana.

Belajar bahasa Asing

Ada berapa banyak bahasa yang ada di dunia ini? Penelitian menyebutkan bahwa ada sekitar 7.000 bahasa yang digunakan orang di seluruh dunia. Di Indonesia saja, diketahui ada sekitar 742 bahasa berbeda. Coba kamu berpikir, apakah di seluruh hidupmu kamu hanya akan menguasai bahasa asal dan satu bahasa tambahan saja? Sangat disayangkan, bukan?

Menggeluti Hobi Baru

Bekerja hampir seminggu penuh dan rutinitas yang jenuh, hanya akan membuat kamu dekat dengan stres. Salah satu cara menghindarinya, yaitu dengan memiliki hobi. Hobi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan antara dunia kerja dan kehidupan yang sesungguhnya.

Maka dari itu, pilihlah hobi lebih dari satu yang bisa menjauhkanmu dari perasaan stres dan me-refresh pikiranmu, agar lebih siap lagi menghadapi tanggung jawab pekerjaan. Kamu bisa memilih hobi berolahraga seperti bermain sepak bola atau bola basket, melukis, naik gunung, bermain game, hingga traveling.

Banyak Minum Air

Banyak dari kita tidak minum air yang dibutuhkan setiap hari. Mungkin kamu mengganti cangkir kopi kedua dengan satu atau dua gelas air. Selanjutnya, minum air dari botol yang sangat besar untuk menampung semua kebutuhan air harian kamu. Tingkatkan resolusi kamu dengan mencoba beberapa tambahan sehat seperti lemon atau jeruk nipis segar, buah, atau mentimun.


Demikianlah artikel yang berjudul tentang Resolusi Yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2021 semoga bermanfaat.

Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email