Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi - hostze.net
 Pengertian, Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi - Seiring berkembangnya teknologi, kehidupan sehari-hari juga semakin mendapatkan dampaknya. Pekerjaan banyak dipermudah tetapi jika tak dimanfaatkan dengan baik, teknologi justru menimbulkan kerugian. Apalagi bermunculan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan penipuan menggunakan teknologi informasi. Hampir di setiap lini kehidupan, teknologi selalu bersinggungan. Sehingga tentu ada fungsi dan manfaat yang bisa dirasakan oleh tiap orang.

Teknologi informasi itu sendiri makin tahun makin berkembang. Tak heran jika banyak peran manusia yang digantikan oleh robot canggih karena perkembangan teknologi itu pula. Namun, peran tersebut tetaplah lebih maksimal jika manusia yang mengisinya. Memahami apa itu teknologi dan informasi, ada beberapa para ahli yang berpendapat.


Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Menurut Mc. Keown (2001)

Seorang ahli bernama Mc. Keown berpendapat bahwa teknologi informasi ini mengacu pada berbagai macam bentuk teknologi yang digunakan atau bisa menciptakan, mengubah dan menyimpan informasi tersebut dalam semua bentuk yang ada. Pengertian ini cukup diterima oleh masyarakat.

Menurut Brown, DeHayes, Hoffer dan Perkins (2005)

Berbeda halnya dengan pengertian yang dikemukakan oleh Brown, DeHayes, Hoffer dan Perkins. Mereka menyatakan bahwa teknologi dan informasi adalah kombinasi antara komputer yang telah tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak dan bisa memproses ataupun menyimpan teknologi komunikasi informasi dalam melakukan distribusi informasi.

Menurut Kamus Oxford (1995)

Sementara pengertian teknologi informasi jika menurut kamus oxford adalah studi atau peralatan elektronika terutama komputer dalam menyimpan, mendistribusikan informasi apapun serta menganalisanya termasuk kata-kata, bilangan dan juga gambar. Pengertian ini berada pada kamus oxford tahun 1995.

Dari berbagai pengertian menurut para ahli, teknologi informasi adalah berbagai bentuk teknologi yang bisa diterapkan agar bisa diterapkan dalam mengirim sebuah informasi melalui media elektronik.


Fungsi Teknologi Informasi

Ada banyak fungsi dari teknologi informasi seperti capture atau menangkap. Capture disini artinya melakukan atau melaksanakan capture dengan data dan informasi. Kedua adalah storage atau menyimpan. Fungsi yang satu ini adalah menyimpan data ataupun informasi tersebut dalam bentuk media demi kepentingan lain. Misalnya saja zaman dulu menyimpan sebuah informasi dengan disket. Tetapi seiring perkembangan zaman, penyimpanan sekarang ini lebih fleksibel bisa menggunakan smartphone ataupun flashdisk.

Fungsi ketiga adalah processing atau mengolah. Fungsi ini adalah memproses data yang diterima agar bisa menjadi informasi. Dari pengolahan data tersebut bisa berbentuk mengubah data menjadi bentuk lainnya. mengolah juga menganalisis kondisi, menghitung dan juga menggabungkan seluruh informasi dalam bentuk data. Berikutnya adalah fungsi transmission atau transmisi. Fungsi ini berarti mengirim data dan juga informasi dari satu lokasi ke lokasi lain menggunakan jaringan komputer.

Fungsi retrifal berarti mencari kembali. Artinya adalah teknologi informasi berfungsi untuk melakukan penelusuruan dan memperoleh kembali serta menyalin data ataupun informasi yang telah disimpan. Fungsi terakhir adalah generating atau menghasilkan. Teknologi informas berfungsi untuk mengorganisasi data dan informasi dalam bentuk yang lebih bermanfaat.


Manfaat Teknologi Informasi

Dalam kehidupan sehari-hari, teknologi informasi memiliki manfaat yang banyak. Utamanya jika dimanfaatkan sebagai penunjang dalam bidang pendidikan, pekerjaan ataupun aktivitas lainnya. Berikut beberapa manfaatnya seperti dalam bidang hiburan dan periklanan. Teknologi dalam bidang ini digunakan untuk membuat animasi, periklanan dan juga desain grafis agar bisa menjadikan sesuatu lebih menarik.

Sementara manfaat untuk bidang kriminal bisa mempermudah aparat menyelesaikan permasalahan dan mudah dalam mendeteksi pelanggaran yang ada. Berbeda lagi jika digunakan dalam pemerintahan. Teknologi ini bisa diaplikasikan dalam mengolah suata data dan informasi yang ditujukan kepada masyarakat. Sehingga manfaat ini juga bisa meningkatkan hubungan antara pemerintah serta masyarakatnya.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari adanya teknologi informasi ini. Terutama di dalam bidang-bidang penting seperti bidang pemerintah, hiburan dan pertanian. Dengan kecanggihan teknologi yang ada, pemanfaatan ini berdampak besar terhadap banyak sektor yang mendukung dalam kehidupan.

Demikanlah artikel yang berjudul tentang Pengertian, Fungsi dan Manfaat Teknologi Informasi semoga bermanfaat.

Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email