Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

√ Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Bagi Pemula (Dijamin Berhasil!)

Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Bagi Pemula - hostze.net
Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Bagi Pemula

Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Bagi Pemula - Salah satu usaha yang banyak diminati oleh masyarakat terutama di desa adalah toko kelontong. Usaha ini cukup menjanjikan mengingat toko kelontong menjual berbagai macam kebutuhan pokok yang pasti dibutuhkan oleh tiap orang. Sayangnya jika tak dikelola dengan baik, toko kelontong hanya bisa bertahan beberapa waktu lamanya dan bukannya memberi untung tetapi merugi. Lalu bagaimana cara memulai usaha toko kelontong?

Ada beberapa hal dasar yang harus dikuasai dulu untuk memulai usaha tersebut. Hal ini perlu dipertimbangkan karena berpengaruh pada perkembangan usaha yang Anda jalani nanti. Selain menyiapkan budget sebagai modal, Anda juga perlu mencari lokasi yang tepat, mencari bahan baku yang murah dan mempelajari pembukuan yang baik.



Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan Saat Membuka Toko Kelontong

Modal Usaha

Besar kecilnya modal tentu berperan penting dalam memulai usaha. Apabila Anda sudah memiliki tabungan, tak ada salahnya untuk menggunakan uang tabungan dalam berbisnis. Sebab jika memilih mengambil kredit atau pinjaman dari bank dikhawatirkan terjadi kendala di waktu yang akan datang. Usaha pertama tidak selalu mulus dan banyak hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Kalaupun modal yang dimiliki dirasa belum cukup, Anda bisa mengambil pinjaman tetapi dengan bunga yang rendah.

Memilih Tempat Kulakan yang Murah

Yang tak kalah penting dari modal adalah memilih tempat kulakan yang tepat. Membeli sembako dan barang-barang pokok lainnya dalam jumlah banyak tentu akan mendapat potongan harga jika Anda membelinya di tempat kulak yang tepat. Biasanya tempat ini memang dikhususkan untuk orang-orang yang membeli secara grosir. Dalam memilih tempat kulakan jangan lupa untuk mempertimbangkan kualitas dari barang-barang yang mereka jual apakah bagus atau tidak. Hal ini akan berpengaruh pada konsumen Anda nantinya.

Pembukuan

Setelah memiliki modal usaha, tempat kulakan yang terpercaya, pelajari bagaimana pembukuan dilakukan. Untuk urusan toko dan lokasi bisa Anda pertimbangkan dengan mudah seperti memilih tempat yang strategis, menghias atau menata toko semenarik mungkin. Berbeda dengan pembukuan yang harus dipelajari secara cermat. Pembukuan umumnya berisi tentang dana masuk dan keluar selama Anda mengelola usaha tersebut. Dalam pembukuan yang baik bisa diketahi apaah Anda mendapat keuntungan atau kerugian dari usaha toko kelontong.


Daftar Barang yang Harus Ada di Toko Kelontong

Sembako

Sembilan bahan pokok atau yang disebut dengan sembako adalah daftar barang yang harus ada di toko kelontong Anda. Daftar barang yang bisa Anda sediakan adalah beras, jagung, kedelai, gula, minyak goreng, bawang merah, telur ayam, daging ayam dan daging sapi. Tetapi untuk daging-dagingan memang tidak semua toko kelontong menyediakan. Dengan persediaan sembako di toko Anda, pembeli akan mudah melakukan transaksi karena barang tersebut adalah kebutuhan pokok.

Minuman

Menjual minuman seperti teh sachet, kopi sachet dan susu merupakan pilihan tepat. Masukkan beberapa pilihan ini ke dalam daftar barang yang harus ada di toko Anda. Sediakan air mineral untuk dijual karena menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari. Anda bisa menjual air mineral dalam berbagai bentuk seperti botol, gelas hingga ukuran galon.

Obat-obatan

Obat-obatan biasanya menjadi pertolongan pertama ketika seseorang sakit kepala, flu ataupun demam. Anda bisa meletakkan obat-obatan seperti minyak kayu putih, obat penurun demam, koyo ataupun obat pusing di toko Anda. Karena obat-obatan ini juga dibutuhkan hampir tiap orang saat berada di kondisi darurat.

Toko kelontong bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Tak sedikit dari mereka yang berhasil mengembangkan toko kelontong menjadi sentra perbelanjaan sembako untuk lingkungan sekitarnya. Agar lebih menarik lagi, Anda bisa menambah daftar barang yang harus ada seperti gas LPG, peralatan rumah tangga hingga ATK atau alat tulis kantor.

Demikanlah artikel yang berjudul tentang Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Bagi Pemula semoga bermanfaat.

Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.
Template Blogger Terbaik Rekomendasi
Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Berlangganan via Email