5 Tips Mudah untuk Jualan Makanan

5 Tips Mudah untuk Jualan Makanan - hostze.net
5 Tips Mudah untuk Jualan Makanan

5 Tips Mudah untuk Jualan Makanan - Berbisnis bisa mencakup hal apa saja termasuk kuliner. Bidang tersebut semakin marak sebab bisa melakukan banyak inovasi dan variasi sehingga pembeli tidak mudah bosan dan tertarik mencobanya. Namun, sebelum berjualan pastikan untuk mengetahui tips jualan makanan.



5 Tips Mudah untuk Jualan Makanan

Ketika hendak berjualan tentu membutuhkan tips serta strategi tertentu. Tak terkecuali dalam bidang kuliner. Beberapa poin-poin sebaiknya Anda ketahui dan terapkan agar usaha berjalan lancar serta minim kerugian. Berikut informasi mengenai hal tersebut:

1. Pilih Menu Makanan Kekinian atau Dibutuhkan Konsumen

Memilih menu makanan tentu menjadi langkah awal untuk memulai usaha kuliner. Tentukan berdasarkan target pasar Anda pula sehingga bisa mendapatkan jenis bahkan lokasi pembukaan kedai atau warung sesuai dengan tujuan utamanya.

Anda bisa melakukan variasi pada berbagai jenis makanan baik kekinian maupun sesuai kebutuhan masyarakat seperti misalnya katering sehat untuk orang dengan penyakit diabetes dan seterusnya. Pemilihan menu dan pasar yang tepat akan menarik semakin banyak untung.

2. Tentukan Target Pasar Anda

Menentukan target pasar ini bersamaan dengan memilih menunya. Jika ingin menjual makanan bertema rumahan maka sasaran utamanya adalah keluarga atau orang-orang berumur di atas 30 tahun. Lakukan riset mengenai hal tersebut agar mendapatkan yang sesuai.

Pemilihan target market yang tepat juga mempengaruhi cara serta alat berpromosi. Apabila menargetkan pada anak-anak muda maka bisa menggunakan sosial media sedangkan jika target adalah orang berumur dapat memanfaatkan iklan televisi atau koran.

3. Cari Lokasi Strategis

Lokasi merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan usaha jualan makanan Anda. Jika berhasil menemukan tempat yang strategis tentu bisa mendatangkan pelanggan dengan mudah. Namun, apabila tidak maka bisa melakukan berbagai inovasi sebagai daya tarik.

Anda juga bisa menggunakan banner atau neon box yang unik untuk menarik minat pembeli. Sediakan tempat yang nyaman dengan tata ruang tidak berdesakan serta lampu berpencahayaan cukup. Selain itu, perhatikan pula aliran udara usahakan tidak pengap.

4. Bekerja Sama dengan Supplier

Untuk menghemat waktu, Anda bisa bekerja sama dengan supplier untuk mencari, menyediakan, dan mengantarkan bahan baku masakan. Bisa menghubungi secara langsung melalui telepon bahkan aplikasi chatting atau dengan bertemu dulu untuk membuat janji.

Pastikan untuk memilih supplier yang memberikan barang serta layanan yang memuaskan seperti misal pengiriman tepat waktu, kualitas bahan masih segar serta layak masak, dan lain sebagainya. diskusikan hal-hal tersebut sebelum memutuskan untuk bekerja sama.

5. Layani Pelanggan dengan Ramah

Jika ingin mendapatkan hati para konsumen pastikan Anda melayani dengan baik dan ramah. Berikan senyum ikhlas bukan terpaksa ketikan mencari menu dan pembayaran di kasir. Jika memang menghadapi kritik maka bersikaplah tenang dan tidak gegabah dalam menanggapi.

Jika melayani konsumen melalui aplikasi chatting maka pastikan membalas pesan dengan bahasa yang sopan serta gunakan kata sapaan yang tepat. Hindari penggunaan singkatan untuk menunjukkan profesionalitas Anda dalam berjualan makanan.

Memiliki usaha di bidang kuliner tentu ada beberapa tantangan sehingga harus memiliki setidaknya rancangan bisnis agar bisa mengurangi resiko kerugian. Namun, dibalik itu semua tentu saja Anda bisa mendulang keuntungan tak terduga sebelumnya.

Demikian artikel mengenai 5 Tips Mudah untuk Jualan Makanan baik versi kekinian maupun sesuai kemampuan Anda dalam memasak. Jenis apapun pilihan kulinernya pastikan untuk menyajikan dengan menarik serta menjaga kebersihan saat memasak dan penyajiannya.

Angga Permana
Angga Permana Spesialis Web Desain dari tahun 2013 sebagai Front End specialist, Desain Grafis dan system/network technician.