Kenapa Musim Salju tidak ada di indonesia ?

Kenapa Salju tidak ada di indonesia ? - Mungkin tidak asing lagi mendengar dengan kata salju yang musim yang satu ini tidak ada di indonesia kenapa ? sebelum membahas lebih lanjut,  bagaimana terjadinya salju ?
Salju (dari bahasa Arab ثلج) adalah air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan. Salju terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara atas (lihat atmosfer, biosfer, iklim, meteorologi, cuaca) jatuh ke bumi sebagai kepingan empuk, putih, dan seperti kristal lembut kepingan salju, pakis seperti kristal es, kelompok dari kesemuanya).
Pada suhu tertentu (disebut titik beku, 0° Celsius, 32° Fahrenheit), salju biasa meleleh dan hilang. Proses saat salju/es berubah secara langsung ke dalam uap air tanpa mencair terlebih dulu disebut menyublim. Proses lawannya disebut pengendapan.
Saat salju membeku, sering kali menjadi pecahan kecil yang disebut "kepingan salju". Salju merupakan prasyarat buat kegiatan olah raga musim dingin seperti ski dan kereta luncur).

Di dunia, salju biasa terjadi pada negeri beriklim subtropis dan sedang. Namun, ada juga daerah tropis yang bersalju, yakni di Pegunungan Jayawijaya dan Barisan Sudirman di Papua, Indonesia. WIKIPEDIA

Indonesia itu terletak di garis khatulistiwa atau ekuator. Secara astronomis, wilayah Indonesia berada antara 6 derajat Lintang Utara - 11 derajat Lintang Selatan dan 95 derajat Bujur Timur - 141 Bujur Timur. Karena pengaruh letak lintangnya itu, Indonesia beriklim tropis.
Karena letak lintangnya itulah, posisi wilayah Indonesia berada di antara 2 samudera (Pasifik dan Hindia) dan 2 benua (Asia dan Australia). Asal kamu tahu saja, kedua samudera dan benua itu memiliki iklim yang berlainan sehingga secara rutin mempengaruhi keadaan cuaca dan iklim di Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa.
Hujan
Musim Hujan.


Salju yang indah
Perpaduan antara letak astronomis dengan letak geografis Indonesia menimbulkan kondisi:
* Matahari bersinar terus menerus sepanjang tahun
* Penguapan tinggi, sehingga kelebamban udara juga tinggi
* Memiliki curah hujan yang relatif tinggi
* Memiliki wilayah hutan hujan tropis yang cukup lebat
* Memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau sebagai akibat dari pergerakan angin monsun.
Kemarau

Musim Kemarau. 
musim di Indonesia juga dipengaruhi oleh adanya gerak semu matahari. Dan gerak semu matahari ini terjadi karena pengaruh rotasi bumi dalam berevolusi (mengelilingi matahari).
Jadi, di Indonesia memang tidak ada musim salju, hanya saja, kalau kamu mau melihat salju, bisa ke Pegunungan Jayawijaya di Papua. 

Demikianlah artikel yang berjudul tentang Kenapa Salju tidak ada di indonesia ?  Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Kenapa Musim Salju tidak ada di indonesia ?"

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish