Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Selesai Tugas Akhir kurang dari 1 Bulan, Emang Bisa?

Selesai Tugas Akhir kurang dari 1 Bulan, Emang Bisa? - hostze.net
Selesai Tugas Akhir kurang dari 1 Bulan, Emang Bisa?



Tugas akhir adalah tantangan berbagai jenjang tingkat akhir dalam Pendidikan, dari mulai SMA sampai dengan kuliah S3, tugas akhir yang memiliki berbagai
nama samaran seperti skripsi, thesis, disertasi dan lain sebagainya kerap menjadi penentu kelanjutan jenjang daripada para akademisi. Kemudian, pasti timbul pertanyaan dari sahabat hostze berapa lama sih pengerjaan Tugas Akhir itu sendiri? Sahabat hostze percaya gak kalau Tugas Akhir bisa selesai dalam satu bulan?

  1. 1.      Referensi

Referensi atau Daftar Pustaka menjadi salahsatu penunjang pembuatan Tugas Akhir, nah.. kalau sahabat hostze bingung referensi apa yang harus sahabat hostze baca, maka utamakan bacan-bacaan tentang cara pembuatan karya ilmiah, referensi Tugas Akhir dari kakak kelas/kakak tingkat, Tugas Akhir mereka atau bahkan sahabat hostze juga bisa menonton tayangan YouTube tentang minat yang sahabat hostze mau kerjakan di Tugas Akhir nanti.

  1. 2.      Konsep

Kemudian, konsep juga merupakan salah satu unsur penting dalam pembuatan Tugas Akhir. Diusahakan se-dini mungkin sahabat hostze mengetahui konsep apa yang mau sahabat hostze tarik untuk Tugas Akhir nanti yah seminimalnya satu semester menjelang semester akhir atau tingkat akhir. Kalau sahabat hostze selama ini tidak tau bagaimana cara membuat konsep, sementara sahabat hostze sudah masuk tingkat akhir. Jangan khawatir. Semua bisa dikonsepkan dari SEKARANG. Duh, gimana caranya ya?

Relax. Jangan terburu-buru is a must, sahabat hostze bisa mulai dengan memikirkan minat sahabat hostze atau mungkin sesuatu yang ‘mudah’ namun tidak disepelekan pada jurusan/bidang sahabat hostze. Mulai membuat peta konsep berdasarkan referensi yang sudah sahabat hostze dapatkan atau mungkin bisa juga dicari referensinya sekarang. Mesin pencari sudah begitu luas dan mudah digunakan, tunggu apa lagi ‘kan?

 

  1. 3.      Jangan Takut Menghubungi Pembimbing

Sopan santun tidak boleh membuat sahabat hostze takut saat menghubungi pembimbing, normalnya sahabat hostze bisa menghubungi beliau pada jam kerja atau pada jam-jam tertentu yang sudah diaturkan oleh beliau. Jangan pernah sungkan untuk mengajak mereka berdiskusi terkait ide, gagasan, atau konsep yang sahabat hostze ingin berikan. Jangan juga mudah menyerah dengan setumpuk revisian yang tak kunjung selesai. Bicaralah dengan terbuka, diskusikan dan mintalah saran dari Pembimbing demi lancarnya Tugas Akhir sahabat hostze.

 

  1. 4.      Disiplin Waktu

Sahabat hostze tidak harus selalu 24jam didepan gadget untuk menyelesaikan Tugas Akhir, sahabat hostze juga bisa santai, main game, makan siang dan malam. Bahkan membucin. Kok begitu? Ya.. karena Sahabat hostze harus tetap waras dan sehat Ketika mengerjakan Tugas Akhir. Berikanlah deadline perbab atau perpoin pembahasan agar sahabat hostze tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Tepat waktu dan belajarlah disiplin pada deadline yang telah sahabat hostze tentukan sendiri. Jangan malah terjebak dan larut pada Tugas Akhir. Sesuaikanlah dengan waktu istirahat sahabat hostze.

 

  1. 5.      Waras

Nah…inilah yang merupakan tulang daripada Tugas Akhir, mengapa waras? Sebab apabila sahabat hostze sakit dan stress maka sahabat hostze tidak bisa menyelesaikan Tugas Akhir secara tepat waktu karena sibuk dengan rasa sakit dan stress yang dialami sendiri. Maka, jangan pernah lupa untuk istirahat, olahraga, serta makan-makanan sehat ya.

 

Dengan demikian, jika ke-5 tips itu bisa sahabat hostze lakukan dan terapkan. Kami sangat yakin dan positive thinking bahwa Tugas Akhir sahabat hotsze bisa selesai minimal dalam waktu Satu Bulan!