10 Tips Optimalkan Mac Anda

10 Tips Optimalkan Mac Anda - Mungkin Mac anda akhir- akhir ini sering merasakan  mac anda terasa lambat anda bisa mencoba tips - tips di bawah ini yang akan membuat kinerja mac anda meningkat bagaimanakah caranya silahkan di simak di bawah ini.
10 Tips Optimalkan Mac Anda


Optimalkan Mac Anda dengan 10 Tips berikut ini :

1. Bersihkan data Desktop

Dengan adanya data di desktop anda seperti folder-folder atau file di desktop, maka secara langsung akan menambah beban komputer dan memperlambat kinerja komputer. Anda bisa menggunakan sebuah folder bernama “Archive” dan simpanlah semua data dan folder ke folder Archive tersebut.

2. Hapus Aplikasi yang tidak perlu

Aplikasi yang sudah terinstall di komputer Anda. yang sudah tidak pernah dipakai dalam 2 bulan terakhir. Anda bisa Uninstall aplikasi tersebut dengan App Cleaner untuk memastikan tidak ada data tersisa.

3. Startup Item, Perlambat Startup

Faktor utama dalam startup yang lambat adalah banyaknya Aplikasi yang membuat startup di komputer. Anda bisa Periksa startup item dengan pergi ke System Preferences->Accounts->Login Items dan hapus dari tampilan aplikasi yang tidak diinginkan dijalankan ketika startup. Batasi penggunaan aplikasi yang berjalan di latar belakang saat komputer anda menyala anda bisa batasi di bawah 6 untuk performa yang lebih optimal.

4. Langsingkan Aplikasi

Maksud dari kata di atas adalah setiap aplikasi OS X biasanya terdiri dari dua arsitektur kode untuk akomodasi OS versi lama. Jadi sebenarnya aplikasinya hanya membutuhkan salah satu kode. Untuk membuang kode yang tidak dibutuhkan tersebut, gunakan xSlimmer.

5. Pilih Satu Bahasa

Pada umumnya aplikasi OS X juga disertai beberapa bahasa. Bahasa tersebut merupakan opsi pada tampilan aplikasi atau saat proses instalasi. Apabila Anda tidak menggunakan bahasa Jerman atau Jepang. Gunakan Monolingual untuk membuang data bahasa lumayan besar tersebut.

6. Batasi Penggunaan Widgets

Tidak mengaktifkan Dashboard karena setiap widgets yang akan dipasang akan mengambil resource memory komputer. walaupun kadang kala widgets dapat mempermudah proses alur kerja. Anda bisa membatasi penggunaan widget atau matikan Dashboard apabila tidak membutuhkannya.

7. Activity Monitor

Anda tidak perlu aplikasi untuk monitor RAM, Memory dan lain-lain. Cukup dengan Activity Monitor, Anda dapat memonitor semua proses di atas. Ketahui proses mana yang secara default berjalan di komputer dan periksa proses mana yang membuang-buang resource memory Anda.

8. Nyalakan hanya Yang Dibutuhkan

Tidak semua fitur dan aplikasi di OS X perlu Anda jalankan setiap pemakaian. Matikan transalasi bahasa, matikan bluetooth, bahkan matikan koneksi internet apabila memang tidak digunakan. Hal demikian juga berlaku untuk aplikasi yang dijalankan. Yang sifatnya memperindah tetapi tidak dibutuhkan hanya memeperlambat kinerja komputer.

9. Bersihkan Harddisk

Coba anda lihat data yang sudah disimpan di Hardisk anda. Ada berapa dari data tersebut masih benar-benar dibutuhkan. Apabila tidak dibutuhkan sebaiknya dihapus atau mungkin disimpan di external harddisk. Sisakan ruang untuk komputer Anda sehingga proses index dari Spotlight juga tidak berat.

10. Update dan Maintenance

Pastikan Selalu aplikasi yang Anda pakai adalah versi terbaru dengan App Fresh. Anda bisa menggunakan Onyx untuk maintenance setiap 1-2 bulan untuk performa yang lebih baik.

Demikianlah artikel yang berjudul tentang 10 Tips Optimalkan Mac Anda semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Optimalkan Mac Anda"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish