Apa itu Heartbleed ?

Apa itu Heartbleed ? - Marak di bicarakan tentang Heartbleed , Heartbleed adalah bug yang memanfaatkan kelemahan di OpenSSL. Dinamakan Heartbleed karena bug ini memanfaatkan fasilitas heartbeat yang ada di OpenSSL , apa sih SSL itu , SSL adalah standar keamanan yang akan mengenkripsi teks (seperti username dan password) yang kamu kirim via browser. Contohnya ketika kamu buka www.facebook.com dan memasukkan username dan password kamu, semua teks itu akan diacak dulu. Jadi jika ada hacker yang mencoba menyabot koneksi dari komputer kamu ke server Facebook cuma akan mendapatkan teks yang diacak dan sulit dibaca.

SSL
Nah OpenSSL adalah salah satu teknik SSL tersebut. Dinamakan “open” karena memang bersifat open source. Siapa saja bisa menyumbang fitur tambahan di OpenSSL ini. Dan karena open source, OpenSSL banyak digunakan di web server yang membutuhkan proses login.
Karena Heartbleed merupakan bug di ekstensi Heartbeat, maka bug ini muncul ketika Heartbeat di implementasikan di OpenSSL. Ekstensi Heartbeat dibuat oleh Dr. Robin Seggelmann pada tahun 2011. Ekstensi ini kemudian direview oleh Dr. Stephen N. Henson (salah satu dari empat core developer OpenSSL) yang ternyata gagal menyadari adanya bug di ekstensi tersebut. Heartbeat pun akhirnya dijadikan sebagai ekstensi OpenSSL yang aktif secara default dan mulai diadopsi oleh banyak pengelola website sejak dirilisnya OpenSSL versi 1.0.1 pada 14 Maret 2012.

Apakah situs yang sering di kunjungi saya terkena Heartbleed ?
Coba cek di situs LastPass ini. LastPass akan melihat engine di balik situs tersebut. Jika menggunakan Apache atau Nginx, dua database engine yang menggunakan OpenSSL, situs tersebut dinyatakan rentan (meskipun belum tentu sudah dibobol). Kamu juga bisa melihat ke artikel Mashable ini yang mendaftar situs populer yang telah atau belum menambal kelemahan Heartbleed ini.

ADA BEBERAPA ORANG YANG SALAH MENYEBUTKAN HEARTBLEED

  • Ada yang bilang Heartbleed itu virus: Salah. Heartbleed bukanlah virus. Dia adalah bug di ekstensi Heartbeat OpenSSL versi 1.0.1 sampai 1.0.1f
  • Ada yang bilang juga Segera update antivirus biar kebal Heartbleed: Salah. Update antivirus tidak akan berpengaruh terhadap kebal atau tidaknya PC terhadap Heartbleed. Sekali lagi Heartbleed bukanlah virus dan dia tidak menyebar atau menginfeksi PC kita.
  • Jika situs yang kamu gunakan belum kebal terhadap Heartbleed, segera ganti password kamu: Salah. Ganti password kamu setelah situs tersebut di patch dan kebal terhadap Heartbleed. Mengganti password sebelum situs tersebut kebal terhadap Heartbleed sama artinya dengan memberikan kesempatan kepada sang attacker untuk mencuri detail password baru kamu.
Demikianlah artikel yang berjudul tentang Apa itu Heartbleed ? Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Heartbleed ?"

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas
= > Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]